Pengertian Jaringan LAN dan Fungsinya

Pengertian Jaringan LAN dan Fungsinya


Pengertian Jaringan LAN dan Fungsinya - Jaringan LAN adalah jenis jaringan dalam komputer yang mencakup area dalam satu gedung atau ruangan yang berdekatan, seperti jaringan dalam satu area perkantoran, lokasi perusahaan, sekolah, mini market dll. Biasanya jaringan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan komputer lainnya. Namun ada juga jaringan LAN yang tidak menggunakan kabel.

Dari segi administrasi pembuatan jaringan LAN ini bisa dilakukan sendiri oleh seorang atau beberapa orang administrator (orang yang bertugas dan bertanggung jawab dan memelihara jaringan supaya tetap berjalan normal).
Pengertian Jaringan LAN dan Fungsinya


Jenis Jenis Jaringan LAN

Menurut jenisnya, jaringan LAN bisa berupa client/server atau peer to peer.

1. Client/server (server based) 

Client/server adalah suatu model jaringan yang memiliki client dan server. Client merupakan komputer yang dilayanani (bisat berupa data atau perangkat keras seperti printer), sedangkan server merupakan komputer yang bertindak sebagai pelayan client. Fungsi server sendiri sebenarnya berupa perangkat lunak yang dijalankan oleh perangkat keras. 

Macam macam server dan fungsinya dapat difahami dibawah ini.
  • File server, berfungsi untuk menangani berkas yang dapat diakses oleh komputer client.
  • Print server, berfungsi untuk pengontrol printer yang bisa digunakan oleh komputer client.
  • Web server, berperan untuk menangani halaman-halaman web yang bisa diakses oleh browser.
  • Mail server, menangani surat elektronik.

2. Peer to peer (workgroup)

Peer to peer adalah model jaringan yang mampu memberikan kedudukan yang sama pada komputer, tidak ada yang bertindak sebagai server atau pun client sehingga tidak ada alat penyimpanan yang bersifat umum. Pada model ini dua komputer bisa berhubungan secara langsung tanpa harus tergantung pada komputer server. Model Peer to peer lebih murah dibanding client/server, tetapi Peer to peer hanya bisa berjalan jika komputernya berjumlah tidak lebih dari 25 unit.

Jenis Peer to peer juga dikenal dengan istilah workgroup. Jenis jaringan ini lumayan sederhana. Pada jenis Peer to peer tidak memerlukan sistem operasi yang dirancang dan disediakan untuk dedicated server. Dedicated server hanya berfungsi sebagai server saja. dan tidak dipakai sebagai client atau workstation. 

Karakteristik dari jaringan peer to peer adalah sebagai berikut.
  • Minimal harus ada satu komputer yang berperan sebagai komputer server (pusat data).
  • Ada komputer workstation (tempat kerja).
  • Sistem operasi ata OS pendukung jaringan seperti Win NT, Netware, Linux, dll.
  • Harus ada alat tambahan Peripheral seperti Network Interface Card (NIC) , HUB, dll.
  • Alat penghubung antarkomputer seperti kabel, konektor, terminator, dll.

Demikian artikel mengenai Pengertian Jaringan LAN dan Fungsinya, semoga bermanfaat. Jangan lupa berkomentar untuk memberikan kritik dan saran untuk blog ini. 

thanks for reading.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url