Pengertian ISP : Fungsi dan Contohnya

Pengertian ISP : Fungsi dan Contohnya


Pengertian ISP : Fungsi dan Contohnya - Agar bisa terhubung dengan internet, kalian harus mempunyai akses dengan cara berlangganan ke penyedia jasa internet yang sering disebut dengan Internet Service Provider (ISP).

Pengertian ISP (Internet Service Provider)

ISP atau Internet Service Provider merupakan perusahaan atau yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada para pelanggan. ISP awal mula nya sangat identik dengan jaringan telepon, sebab awalnya ISP hanya menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Salah satunya yaitu telkomnet instant dari Telkom. 

Namun sekarang, dengan maju teknologi ISP akses internet tidak hanya menggunakan jaringan telepon tapi juga memanfaatkan teknologi seperti fiber optic dan wireless. Teknologi ini harga paling murah, sehingga tidak perlu membangun jaringan kabel, selain murah juga mudah dipindahkan, tidak ada biaya izin, namun hanya tagihan bulanan untuk biaya pulsa telepon.


Fungsi ISP 

Kebanyakan perusahaan telepon menyediakan jasa internet. Kebanyakan dari mereka menyediakan jasa hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting. ISP ini mempunyai jaringan yang baik di indonesia atau luar negeri sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP bisa terhubung ke jaringan internet global. 

Jaringan di sini adalah media transmisi yang dapat mengalirkan data berupa kabel/modem, sewa kabel, dan jalur lebar, radio, maupun VSAT. Pilihan hubungan ISP biasanya menerapkan biaya bulanan kepada pelanggan.

Pada saat menjadi pelanggan sebuah ISP, kalian akan diberikan username sekaligus password yang akan kalian gunakan setiap kali terhubung ke internet. Bagi pelanggan perlu memerhatikan bahwa sebelum kalian memilih ISP sebagai media penghubung, ada baiknya kalian mengetahui tata cara berlangganan ISP. Aturan tersebut adalah aturan yang harus di ikuti oleh pelanggan.


Umumnya masing-masing ISP mempunyai kebijakan-kebijakan tersendiri, namun pada umumnya juga perusahaan ISP tersebut melarang pelanggannya untuk memakai koneksi internet untuk keperluan yang negatif dan melanggar hukum. Lalu bagaimana sebenarnya kerja internet dengan adanya ISP ini?

Untuk mengakses kalian cukup menghubungi ISP (Internet Service Provider) melalui komputer dan modem. Selanjutnya, ISP yang akan mengurus lebih lajut tentang apa-apa yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet sekaligus pembayaran biaya SLJJ (Sambungan Langsung Jarak Jauh). Sebagian besar ISP memerlukan upstream. Apabila ISP yang tidak mempunyai upstream disebut dengan tier1, di mana tier1 hanya mempunyai pelanggan dan interkoneksi.

Contoh Perusahaan ISP yang ada di Indonesia

Dibawah ini adalah contoh perusahaan jasa ISP yang ada di Indonesia.
  • Wasantara.Net, penyedia layanan internet ISP ini adalah provider yang dikelola oleh PT Pos dan Giro Indonesia.
  • Telkom-Net Instan, adalah ISP penyedia layanan internet yang dikelola oleh PT TELKOM. Salah satu kelebihan dari Telkom-Net ini ialah tidak diperlukan pendaftaran berlangganan. Dengan syarat menggunakan telepon rumah dengan TELKOM, sudah bisa langsung terhubung ke internet dengan account dan password standar Telkom-Net Instan.
  • Indosat-Net, Rad-Net, Mega-Net, Cabinet, Cbnnet, Globalnet, Centrin, Bitnet, Globalnet, Idola, Indonet, dll.

Itulah Pengertian ISP : Fungsi dan Contohnya, semoga dengan membaca Pengertian ISP Fungsi dan Contohnya kalian bisa lebih memahami apa itu ISP dan apa fungsi dari ISP.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url