Istilah Istilah Dalam Internet beserta Pengertiannya

Istilah Istilah Dalam Internet beserta Pengertiannya


Istilah Istilah Dalam Internet dan Pengertiannya Lengkap - Bagi kalian yang suka mengakses internet, pasti sudah tahu bahwa dalam internet ada istilah-istilah yang sering digunakan. Istilah internet sangat banyak sehingga mungkin susah untuk di hafal. 

Istilah dalam internet mempunyai arti dan penjelasannya. Nah bagi kalian yang ingin tahu atau ingin tahu banget silahkan baca dengan seksama dan pahami satu persatu dari istilah internet tersebut.

Istilah Istilah Dalam Internet beserta Pengertiannya


Account - Merupakan data tentang diri seseorang atau suatu objek, biasanya minimal terdiri atas username dan password.

Address - Alamat, dalam internet ada dua alamat yang sering muncul, yaitu alamat email seperti ansoriweb123@gmail.com, sedangkan alamat yang kedua adalah alamat web atau sering disebut dengan URL atau United Resource Location.


Attachment - Fasilitas attachment bisa diartikan lampiran, umumnya Attachment ada dalam email. Ketika kalian akan mengirimkan gambar melalui email kalian bisa melampirkan gambar tersebut ke dalam file email kita. Jika gambar terlampirkan, maka akan terkirim bersama email.

Bitmap - Bitmap adalah titik-titik kecil yang diletakkan sangat berdekatan sehingga membentuk gambar hitam putih atau berwarna. Jadi, pada saat memperoleh file gambar mobil.bmp artinya gambar itu terbentuk dari titik-titik yang digabungkan yang akhirnya membentuk gambar mobil.

Bandwitch - Adalah ukuran yang diberikan ISP, seberapa lebar spektrum yang dihantarkan sesuai dengan lebarnya jalur komunikasi, untuk menampung kapasitas data.

Bit per second Disingkat menjadi Bps, huruf B harus ditulis dengan huruf  kapital, ini berfungsi untuk membedakan dengan bits per second. Bytes per second adalah tingkat data bit yang ditransmit dalam komunikasi medium, seperti transfer data melalui kabel, satelit, atau modem.

Broadcast - adalah proses pengiriman data satu arah, broadcast tidak memerlukan respon dari penerimanya. Broadcast terjadi pada proses penyiaran radio dan televisi.

Browser adalah menjelajah internet dengan mengikuti link-link yang ada pada halaman web, atau perintah proses pencarian suatu data atau file. baca juga : Sejarah Perkembangan Internet

Byte adalah Satu byte merupakan sebuah karakter yang dibangun dari tujuh atau delapan bit. Satuan yang pakai untuk menunjukkan kapasitas dalam dunia digital termasuk komputer, besar file, serta ukuran lain, digunakan dalam satuan byte ini. Informasi yang akan dan yang diolah disimpan di dalam suatu memori.

Chat/Chatting artinya percakapan interaktif antar pengguna komputer atau smartphone yang terhubung ke internet. Bentuk interaksi Chat umumnya berupa teks/tulisan, dengan tambahan peralatan tertentu, juga dimungkinkan interaksi dengan suara.

Client atau Klien, adalah komputer yang memanfaatkan sumber daya dalam jaringan yang disediakan oleh komputer server.

Cookies artinya Sebuah informasi tentang klien dari komputer server yang disimpan ke komputer klien.

Connect artinya Menghubungkan komputer ke jaringan internet.

Cracker adalah Aktivitas mencuri dan merusak program lain yang kadang-kadang diikuti dengan menyusupkan program spyware atau mata-mata.

Cryptography merupakan Cara supaya suatu pesan dapat dikirimkan secara aman dengan cara menyandikannya ke dalam kode tertentu.

CSS (Cascading Style Sheet) artinya kumpulan perintah yang dibentuk dari berbagai sumber yang tersusun menurut urutan tertentu sehingga bisa mengatasi konflik style.


Cyber adalah kata awal yang umumnya diikuti kata lain yang menunjukkan bahwa hal tersebut berada di dalam jaringan internet. Contoh seperti cyberwar artinya perang di internet (secara maya), cyberspace artinya dunia internet. Cyberspace adalah istilah untuk dunia maya. Cybercrime adalah istilaha untuk kejahatan di dunia maya/Internet. Cyberlaw merupakan istilah yang merujuk pada hukum yang berlaku di dunia maya.

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah istilah dari Sistem yang digunakan oleh ISP yang secara otomatis memberikan alamat IP baru setiap kali pengguna melakukan login.

Dial Up Networking adalah istilah program yang umumnya langsung terinstal dalam Windows 95, 98, 2000 yang merupakan komunikasi program internet. Istilah Dial up networking digunakan jika komputer tersebut memasuki jaringan internet dengan cara dial up memakai line telepon.

Dial Up adalah istilah dari Jenis komunikasi antara dua komputer dengan memanfaatkan saluran telepon dan modem.

Domain adalah istilah dari sekumpulan komputer dan periferalnya dalam jaringan yang tertata dengan aturan dan prosedur tertentu. Di internet, domain didefinisikan dengan alamat IP.

Domain name server atau disingkat DNS, adalah istilah dari komputer server dalam internet yang dapat menerjemahkan antara nama domain internet (telkom.net.id) dengan alamat numeriknya, seperti 203.134.3.6. Dengan demikian, ketika memasuki internet, kalian tidak perlu mengetikkan alamat numeriknya (contohnya www.pintarkomputer.org).

Download adalah istilah dari menyalin file dari komputer server (situs Internet) ke media penyimpan lokal seperti disket/hardisk/flashdisk di komputer klien. 

Digital Subscriber Line (DSL) adalah istilah dari Suatu teknologi yang mampu menyediakan bandwidth (kecepatan pengiriman data) cukup tinggi ke rumah atau perusahaan melalui media kabel telepon.

E-Commerce/Electronik commerce adalah istilah dari kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas melalui transaksi elektronik dan pertukaran barang, serves, dan informasi elektronik.

E-government adalah istilah dari berbagai kegiatan pemerintah yang dibantu melalui media teknologi informasi dan komunikasi.

E-mail/Electronic mail adalah istilah dari pesan, umumnya berupa tulisan teks yang dikirim dari suatu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.

E-payment/Pembayaran adalah istilah pembayaran dengan menggunakan media elektronik seperti internet

Encryption/Enkripsi, adalah istilah dari menyandikan sebuah pesan agar tidak dapat dibaca jika tidak menggunakan program pembukanya.

Favorite adalah istilah dari daftar file atau alamat web yang disimpan di web browser karena disukai dan akan dikunjungi kembali. Pada Internet Explorer atau Google Crhome atau mozila kita dapat menyimpan daftar situs favorit untuk dikunjungi kembali suatu saat.

HTTP atau Hypertext Transfer Protocol adalah istilah dari salah satu protokol bahasa yang pakai untuk berkomunikasi antar server komputer dalam internet. Protokol mempunyai bahasa yang lain dalam internet, seperti Telnet, News, Gropher, dan FTP.

Link Koneksi terbentuk hypertext, yaitu suatu teks yang apabila diklik akan terhubung ke dokumen di situs lain atau dokumen di situs yang sama. Di World Wide Web (WWW), link umumnya muncul dalam bentuk teks atau gambar yang menonjol dan berbeda warna dari teks tanpa link. Umumnya juga apabila kalian mengarahkan mouse pada teks atau gambar akan menjadi gambar tangan. Artinya tulisan dan gambar tersebut dipasangi link ke dokumen lain.

URL atau Uniform Resource Locator adalah istilah dari Sistem penamaan alamat situs web. Oleh karena itu, URL sering pula dinamakan Alamat Internet. Setiap protokol bahasa (HTTP, Telnet, FTP, dan lain-lain) memiliki sistem penulisan alamat yang berbeda-beda. Contoh URL: https://pintarkomputer.org/2015/03/sejarah-perkembangan-internet-dari-awal-sampai-sekarang/

WWW (World-Wide Web) Disingkat WWW adalah bagian dari protokol bahasa HTTP yang paling populer dalam Internet. Sistem ini awalnya dibangun oleh CERN, sebuah laboratorium fisika di Eropa dan baru diselenggarakan untuk publik pada tahun 1991.

Sekarang, Web atau Internet sudah menjadi sumber data dan informasi yang tidak terbatas yang dapat diakses oleh semua orang dan dimana saja. Di dalam WWW semua dokumen, menu, indeks, dan dll akan ditampilkan kepada kita sebagai objek dalam format HTML yang dapat dilihat dengan memanfaatkan Web Browser.

HTML atau Hypertext Markup Language adalah Bahasa program yang dipakai untuk menulis format dokumen yang bisa diakses dalam Web. Dengan menggunakan HTML setiap dokumen yang dibuat bisa dibaca oleh semua sistem operasi dan  jenis komputer yang ada di dunia.

IRC atau Internet Relay Chat adalah istilah untuk software chatting (mengobrol online), yaitu perangkat lunak yang memungkinkan kalian berkomunikasi secara real time dengan teman yang terhubung ke IRC server seluruh dunia. Agar bisa menggunakan IRC, kalian harus menginstal software IRC, untuk Microsoft windows biasanya adalah mIRC. Software dapat kalian download di www.mirc.com.

Jpeg adalah istilah untuk sebuah tipe file image/gambar yang banyak ditemukan di internet. File dengan format jpg akan berakiran Jpeg, misalnya mobil.Jpeg. Jpeg adalah singkatan dari Joint Photographic Group.

Hosting bisa diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang disewa. Semakin besar hosting semakin besar juga data yang bisa dimasukkan dan ditampilkan dalam situs. Hosting diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte).
Lama penyewaan hosting umumnya dihitung pertahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun luar negeri. Seperti Godaddy, Dapur Hosting, Indowebsite dll. 

Hyperlink (Hypertext Link) Disingkat lagi dengan sebutan link adalah suatu bagian tertentu baik berupa teks maupun gambar dalam suatu dokumen HTML yang mengacu kepada suatu dokumen atau file lain ataupun bagian lain dari dokumen/file yang sama. Sebuah link teks biasanya ditandai dengan teks yang bergaris bawah dan berwarna biru. Namun tanda utama dari link adalah berubahnya pointer mouse menjadi telunjuk tangan bila diletakkan di atas link itu.

Login Proses adalah proses pemasukan user id dan password. Misalnya ketika kalian memasukkan user id dan password pada waktu akan membuka kotak surat email.

Log Out merupakan kebalikan dari login, yaitu proses keluar dari sebuah halaman web.

Offline adalah kondisi di mana koneksi komputer kalian ke intenet dalam kondisi terputus.

Online adalah kebalikan dari offline di mana koneksi komputer kalian ke internet dalam kondisi tersambung.

Shareware adalah istilah dari Suatu program komputer yang dapat kalian download dan kalian gunakan dalam jangka waktu tertentu. Bebas digunakan untuk pengujian dan terkadang selamanya.

Web Browser disingkat Browser adalah program atau perangkat lunak yang dirancang untuk mencari dan menampilkan dokumen web dalam format HTML. Dengan menggunakan browser, kalian bisa mencari dan menelusuri (browse) serta melihat isi dari laman web. Contoh program browser yang paling populer, Seperti Internet Explorer, Google Chrome, Netscape, Opera, Mozilla, dll.

Website atau Situs Web Setiap komputer atau tempat dalam sebuah komputer yang terhubung dengan internet dan menjalankan beberapa fungsi dan proses sebagai server web yang berisi dokumen-dokumen dalam format HTML. Sebuah website memiliki alamat URL atau domain name (nama domain) yang umumnya berakhiran .com .net .org dll; contoh: pintarkomputer.org pintarkomputer.net. pintarkomputer.info

Web Page atau halaman web adalah Sebuah file atau dokumen HTML yang disimpan oleh sebuah server komputer dan merupakan bagian dari kumpulan file dan dokumen yang dimiliki oleh sebuah website.

Mailing List disingkat Milis adalah Daftar dari sejumlah alamat email yang digabungkan menjadi satu alamat email.


Upload adalah istilah untuk mengirim file atau dokumen dari komputer pengguna ke komputer lain melalui jalur internet.

Itulah Istilah Istilah Dalam Internet beserta Pengertiannya Lengkap semoga dengan membaca istilah internet kalian bisa menggunakan nya istilah tersebut ketika sedang berbicara mengenai internet.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url