Manfaat Jaringan Komputer dan Penjelasannya

Manfaat Jaringan Komputer dan Penjelasannya


Manfaat Jaringan Komputer dan Penjelasannya - Jaringan komputer atau computer network  atau sering disebut adalah dua buah komputer atau lebih ditujukan untuk melakukan pertukaran data atau untuk melakukan berbagi berbagai perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), dan bisa juga berbagi kekuatan pemrosesan. Lalu apa manfaat jaringan komputer ?.

Pada postingan sebelumnya kalian sudah mempelajari tentang perangkat jaringan komputer, Topologi Jaringan Komputer, Perangkat Keras Jaringan Komputer, Macam macam jaringan komputer, Jenis-jenis kabel jaringan komputer. Bagi kalian yang belum memahami apa itu jaringan komputer, silahkan terlebih dahulu membaca pengertian jaringan komputer. Dan pada kesemparan ini kalian akan sama sama belajar memahami apa manfaat jaringan komputer? Yuk baca lebih lanjut dibawah ini.

Manfaat Jaringan Komputer

Berikut adalah penjelasan tentang manfaat penggunaan jaringan komputer.

a. Berbagi perangkat keras

Manfaar jaringan komputer yang pertama adalah berbagi perangkat keras komputer, Perangkat keras seperti hardisk, printer, CD-ROM, drive, dan bahkan modem bisa di pakai  oleh sejumlah komputer tanpa harus melepas dan memasang kembali. Perangkat cukup kalian pasang pada satu komputer atau dihubungkan ke suatu peralatan khusus namun semua komputer yang ada di jaringan tersebut dapat mengaksesnya, sehingga dengan cara ini kalian dapat menghemat biaya.


b. Berbagi program atau data

Manfaat jaringan komputer yang kedua adalah dapat berbagi data. Program ataupun data dimungkinkan untuk disimpan pada satu komputer yang bertindak sebagai server (komputer pelayan) .Penyimpan data pada server juga memberikan keuntungan antara lain menghindari duplikasi data dan ketidakkonsistenan

c. Mendukung kecepatan berkomunikasi

Dengan adanya jaringan komputer, komunikasi bisa dilakukan dengan lebih cepat. Kalian dapat mengirimkan surat elektronik (email) dengan mudah dan bahkan dapat bercakap-cakap secara langsung melalui teks (chating) ataupun telekonferensi.

d. Memudahkan pengaksesan informasi

Manfaat jaringan komputer selanjutnya adalah dapat memudahkan pengaksesan informasi. Kalian bisa bepergian ke mana saja namun tetap dapat mengakses data dan infromasi yang ada pada komputer server ketika kalian membutuhkannya. Pertumbuhan internet, salah satu implementasi jaringan yang terbesar di dunia, memungkinkan segala data dan informasi yang ada di dunia dapat dengan mudah diperoleh.

e. Pemakaian Bersama atau Resource sharing

Manfaat jaringan komputer adalah dapat menggunakan sumberdaya secara bersama-sama. Kita ambil contoh apa bila kalian berada di 100 Km jauhnya dari suatu data, kalian tidak akan kesulitan dalam menggunakan data tersebut dan seolah olah data tersebut berada di dekat kalian. Hal ini sering diartikan bahwa salah satu manfaat jaringan komputer mengatasi masalah jarak. Penjelasan dan praktek mengenai Resource sharing akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya. :D

f. Reliabilitas tinggi atau reliability

Dengan adanya jaringan komputer kalian akan memperoleh reliabilitas/keandalan yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Sebagai contoh semua file atau data bisa disimpan atau di copy kepada dua komputer, ketiga, atau lebih yang sama sama terkoneksi ke jaringan. Sehingga jika satu mesin rusak maka salinan data dan file di mesin lain bisa digunakan.


g. Menghemat Biaya

Komputer yang berukuran kecil memiliki harga atau kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti komputer jenis mainframe memiliki kecepatan kira-kira sepuluh kali lebih kecepatan PC. Namun harga komputer mainframe seribu kali lebih mahal dari PC. Ketidak seimbanggan rasio harga dan kinerja inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi.

Itulah manfaat jaringan komputer yang bisa saya tulis pada kesempatan ini. Jika ada pertanyaan terkait manfaat jaringan komputer, silahkan berkomentar pada kotak komentar dibawah.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url