-->

6 Jenis dan Definisi Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Konten [Tampil]
6 Jenis dan Definisi Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia


6 Jenis dan Definisi Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia - Tidak ada orang yang mau sakit. Namun, risiko kesehatan dapat terjadi kapan saja dan di mana saja sehingga perlu diantisipasi. Selain menjaga kesehatan tubuh secara umum, Anda juga perlu memiliki perlindungan dari berbagai risiko yang timbul saat Anda sakit dan harus menjalani rangkaian pemeriksaan hingga pengobatan. Salah satunya dengan cara mendaftarkan diri anda dan keluarga ke PFI Mega Life yang merupakan salah satu lembaga pilihan asuransi jiwa di Indonesia.

Asuransi kesehatan berfungsi mencegah Anda membuat pengeluaran dalam jumlah besar saat mendapat musibah sakit. Faktanya, tak sedikit orang yang kewalahan dalam hal keuangan saat tiba-tiba dirinya atau anggota keluarganya menderita sakit. Jangan sampai hal itu terjadi juga pada Anda.

6 Jenis dan Definisi Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia


Asuransi kesehatan terbaik adalah asuransi yang dapat memberikan manfaat perlindungan dari risiko kesehatan secara optimal kepada Anda maupun keluarga. Dengan memiliki asuransi kesehatan keluarga atau asuransi kesehatan terbaik, Anda tidak perlu khawatir pengeluaran rutin akan terganggu saat salah satu anggota keluarga sakit karena biaya berobat akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Apakah Anda sudah melindungi keluarga dengan asuransi kesehatan terbaik? Yuk, kenali definisi, manfaat, dan jenis-jenis asuransi kesehatan yang ada agar Anda tidak salah pilih.


Definisi Asuransi Kesehatan

Dilihat dari definisinya, asuransi kesehatan adalah jenis pertanggungan asuransi yang membayar biaya medis, bedah, atau yang terkait biaya perawatan kesehatan seperti yang disebutkan dalam polis asuransi. Perusahaan asuransi yang menerbitkan polis asuransi kesehatan dapat mengganti biaya tertanggung (pemilik polis) yang timbul karena sakit atau cedera, serta membayar biaya perawatan secara langsung.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam, perusahaan asuransi biasanya menawarkan paket asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap individu. Contohnya, pembayaran premi bisa dilakukan secara bulanan atau tahunan, jumlahnya bisa disesuaikan dengan fasilitas yang dibutuhkan, pembayaran premi dapat dilakukan pemberi kerja atau secara mandiri, dan sebagainya. 


Jenis-jenis Asuransi Kesehatan

Saat ini terdapat berbagai macam produk asuransi kesehatan yang dapat dimiliki masyarakat. Setiap produk memiliki karakteristik berbeda-beda. Yuk, ketahui lebih lanjut apa saja jenis-jenisnya.

1. Berdasarkan kepemilikan badan penyelenggara

  • Asuransi kesehatan yang dikelola dan disediakan pemerintah, seperti BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat. Menurut aturan yang berlaku, setiap perusahaan wajib mengikutsertakan pegawainya dalam program BPJS Kesehatan. Bagi yang tidak berstatus karyawan dapat menjadi peserta mandiri BPJS Kesehatan.
  • Asuransi yang dikelola perusahaan swasta. 

2. Berdasarkan jenis perawatan

  • Asuransi kesehatan rawat inap (inpatient treatment), yaitu membiayai perawatan untuk pasien yang harus menjalani rawat inap atau opname di rumah sakit.
  • Asuransi kesehatan rawat jalan (outpatient treatment), yaitu membiayai perawatan untuk pasien yang tidak harus menjalani rawat inap. Biaya yang termasuk dalam asuransi ini adalah diagnosis medis, pemeriksaan laboratorium, rehabilitasi, dan lain-lain.

3. Berdasarkan yang ditanggung

  • Personal, yaitu perlindungan diberikan kepada Tertanggung individu atau per orangan.
  • Kelompok, yaitu perlindungan diberikan kepada Tertanggung kelompok tertentu, seperti anggota keluarga (asuransi kesehatan keluarga) atau perusahaan.

4. Berdasarkan metode pembayaran

  • Cashless, yaitu jenis asuransi kesehatan yang dapat menanggung biaya perawatan kesehatan cukup dengan kartu. Sebagai pemilik polis, Anda akan mendapatkan kartu asuransi yang dapat digunakan untuk membayar layanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi Anda. Dengan asuransi ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang saat membayar biaya kesehatan.
  • Reimbursement, yaitu jenis asuransi kesehatan yang akan mengganti biaya perawatan kesehatan Anda. Jadi Anda harus membayar sendiri dulu seluruh biaya kesehatan, lalu Anda mengajukan klaim ke perusahaan asuransi. Setelah itu, perusahaan asuransi akan mengganti uang yang Anda keluarkan untuk biaya perawatan.

5. Berdasarkan biaya yang ditanggung

  • Biaya atas rawat inap. Biaya yang dimaksud dalam asuransi kesehatan jenis ini adalah biaya harian kamar rumah sakit, biaya kunjungan dokter umum, dan biaya kunjungan dokter spesialis. Selain itu juga ada biaya lain, seperti biaya perawatan harian intensif, biaya pembedahan, dan biaya lain yang berkaitan dengan rawat inap di rumah sakit.
  • Biaya atas rawat jalan. Biaya yang dimaksud dalam asuransi kesehatan jenis ini adalah biaya pemeriksaan, biaya perawatan jalan, biaya pembedahan pulang hari (tanpa menginap), dan biaya lain yang terkait dengan tindakan rawat jalan.  

6. Biaya atas manfaat khusus

Biaya yang dimaksud dalam asuransi kesehatan ini adalah biaya untuk manfaat tambahan seperti ambulans, biaya laporan medis, biaya alat-alat medis pembantu seperti kursi roda, dan biaya atas manfaat khusus lainnya.


Pentingnya Asuransi di Tengah Pandemi

6 Jenis dan Definisi Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Di tengah pandemi COVID-19, risiko untuk terjangkit penyakit lain masih mengintai. Anda tak boleh lengah dan tidak memberikan perlindungan khusus dari risiko tersebut.

Untungnya, Anda tetap dapat melakukan antisipasi terhadap berbagai risiko kesehatan. Anda hanya perlu memiliki perlindungan berupa asuransi kesehatan untuk melindungi diri maupun keluarga dari risiko kerugian finansial akibat sakit. 

PFI Mega Life adalah perusahaan asuransi yang menyediakan berbagai solusi dan produk asuransi untuk memenuhi kebutuhan perlindungan Anda dan keluarga Anda. Produk asuransi kesehatan terbaik Mega Hospital Investa dari PFI Mega Life menyediakan manfaat asuransi yang lengkap, yaitu santunan harian rawat inap karena sakit atau kecelakaan, santunan rawat inap ICU/ICCU, santunan  meninggal dunia karena sakit dan kecelakaan, dan pengembalian premi (no claim bonus).

Solusi perlindungan yang ditawarkan oleh PFI Mega Life dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Selain dimiliki Anda sebagai pemilik polis asuransi, perlindungan dari Mega Hospital Investa juga dapat dimiliki oleh suami/istri, anak kandung, saudara kandung yang belum menikah, dan orang tua kandung. 

Setiap orang tentu membutuhkan perlindungan dari asuransi kesehatan. Selain melindungi Anda dari risiko kerugian finansial akibat sakit, asuransi kesehatan juga memberikan jaminan kehidupan yang lebih utuh. 

Berbagai manfaat yang Anda dapatkan dari asuransi kesehatan, seperti manfaat rawat inap, manfaat kecelakaan, manfaat penyakit kritis, serta manfaat investasi, dapat membuat hidup Anda terasa lebih utuh. Ini karena dengan memiliki asuransi kesehatan, beban kecemasan dalam hidup Anda akan berkurang.

Jika terjadi peristiwa tak terduga, perusahaan asuransi akan mendukung Anda dan menjauhkan Anda dari kesulitan finansial. Dengan asuransi kesehatan keluarga, misalnya, Anda juga tak perlu cemas bila ada anggota keluarga yang sakit karena biaya pengobatannya akan ditanggung perusahaan asuransi.

Pastinya, memiliki asuransi kesehatan terbaik juga akan membantu Anda dalam mengelola keuangan. Membayar premi secara rutin sama saja dengan menabung demi mendapatkan manfaat yang diharapkan di masa depan atau sepanjang periode asuransi berlaku. Selain itu, asuransi kesehatan juga bisa menjadi bentuk investasi Anda akan masa depan yang lebih damai, nyaman, dan sejahtera. 

Tetaplah waspada di tengah kondisi pandemi yang serba tidak menentu. Bijaksanalah dalam mengalokasikan pengeluaran. Utamakan pengeluaran yang dapat memberikan ketenangan dan langkah-langkah antisipatif terhadap berbagai risiko yang mengintai. Antisipasi risiko kerugian finansial di masa depan dengan memiliki asuransi kesehatan terbaik yang dapat memberikan perlindungan maksimal bagi keluarga Anda.

0 Response to "6 Jenis dan Definisi Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel