-->

Mengenal Maksud Dari Torsi Pada Kendaraan

Konten [Tampil]
Mengenal Maksud Dari Torsi Pada Kendaraan


Mengenal Maksud Dari Torsi Pada Kendaraan - Jika anda ingin membeli suatu kendaraan, anda akan diberikan brosur mengenai spesifikasi yang terdapat didalam kendaraan tersebut. Atau anda sebelum membeli sudah mencari tahu tentang spesifikasi kendaraan dari berbagai sumber.

Tentunya anda akan menemukan kata torsi yang mungkin kadang membuat anda bingung atau sudah mengerti.

Namun bagi anda yang belum tau torsi adalah kekuatan yang menyebabkan suatu objek dapat berubah. Sedangkan tenaga merupakan sesuatu kemampuan dari komponen yang melakukan sebuah usaha. Setiap kendaraan memiliki torsi maksimal dan juga tenaga maksimal yang perlu anda perhatikan.


Apa Itu Torsi Pada Kendaraan Bermotor?

Jika kita bicara tentang spesifikasi kendaraan bermotor tentu saja tidak bisa terlepas dari yang namanya torsi. Lalu apa itu sebenarnya torsi? Apa maksud dari torsi di dalam spesifikasi kendaraan tersebut?

Torsi sendiri merupakan gaya dorong yang dihasilkan oleh mesin. Misalnya dari torsi adalah kemampuan kita untuk memutar kunci ring yang tentu saja akan dipengaruhi oleh jarak dan juga panjang gagang kunci yang kita pasang.

Semakin panjang gagang, maka tentu saja akan berdampak tenaga manusia yang diperlukan untuk bisa memutarkan mur akan semakin ringan.

Jika dikonversikan, torsi yang dihasilkan oleh gerakan tangan bisa semakin besar. Nah di dalam mesin mobil ini, pembakaran akan menghasilkan gaya yang mendorong piston, kemudian akan mendorong poros engkol dalam jarak tertentu. Piston dan juga poros engkol inilah yang selanjutnya akan menghasilkan gaya putar atau biasa disebut juga dengan torsi.


Perbedaan Torsi Dengan Tenaga Pada Kendaraan

Banyak yang mengira jika antara torsi dan juga tenaga di kendaraan ini sama saja. Padahal kedua nya jelas-jelas berbeda. Dimana torsi dengan tenaga memiliki pengertian dan juga fungsinya masing-masing.

Biasanya untuk torsi ini berkaitan dengan akselerasi kendaraan yang akan dihasilkan, sementara untuk tenaga di kendara ini berkaitan dengan kecepatan kendaraan yang akan dihasilkan.

Semakin besar tenaga yang dihasilkan oleh kendaraan maka semakin cepat dan tinggi juga kecepatan yang bisa dihasilkan oleh kendaraan tersebut. Oleh sebab itu jika anda membutuhkan kendaraan untuk keperluan niaga dan juga multiguna, anda bisa memilih kendaraan dengan torsi yang besar.

Sementara jika anda membutuhkan mobil untuk balapan, anda bisa memilih kendaraan atau mobil dengan tenaga yang besar karena tenaga ini berkaitan dengan kecepatan maksimal yang bisa dihasilkan oleh suatu kendaran tersebut.


1. Torsi Untuk Akselerasi Mobil, Sedangkan Tenaga Untuk Kecepatan Mobil

Torsi pada kendaraan berguna untuk menggerakkan kendaraan dari posisi diam hingga bergerak. Sedangkan tenaga digunakan untuk kecepatan. Tenaga memiliki peranan penting saat kendaraan bergerak, semakin cepat kendaraan berjalan itu akan membuat tenaga semakin besar.


2. Rumus Pencariannya Juga Berbeda

Pada torsi menggunakan rumus proses dari hasil yang telah dilakukan oleh gaya serta jarak. Sedangkan pada tenaga menggunakan rumus menggunakan hasil dikalikan torsi dengan rpm.


3. Satuan Dari Torsi Dan Tenaga Berbeda

Torsi menggunakan satuan Newton atau kilogram meter. Sedangkan tenaga menggunakan satuan Horse Power atau PS.


4. Besar Torsi Di Setiap Kendaraan Tidak Sama

Setiap kendaraan memiliki besaran torsi serta tenaga yang berbeda tergantung dengan setiap kebutuhan anda, atau tergantung kendaraan yang dipilihnya.


5. Torsi Bisa Dimanipulasi, Tenaga Tidak Bisa

Nilai Torsi dapat diubah dengan menggunakan girboks. Namun tenaga tidak dapat dimanipulasi oleh apapun. Karena kecepatan pada torsi sangat bergantung dari dorongan yang dihasilkan dari sebuah mesin.


6. Torsi Ada Lebih Dulu Baru Tenaga

Karena torsi  mulai bekerja dari sebuah mobil yang masih posisi diam, sehingga akan terjadi sebuah ledakan di ruang pembakaran mesin setelah itu akan menghasilkan gaya yang lalu disalurkan ke roda hingga bergerak.

Setelah itu mobil harus digunakan melaju dengan kencang, dan pada saat ini tenaga yang mengambil peran.


7. Torsi Yang Besar Bisa Menghasilkan Tenaga Yang Besar Juga

Jika anda ingin memiliki kendaraan dengan kecepatan yang tinggi anda harus mencari kendaraan dengan torsi yang besar. Karena torsi ini akan sangat berpengaruh akan berpengaruh pada kecepatan kendaraan yang anda gunakan.


Penutup

Demikian artikel mengenai Mengenal Maksud Dari Torsi Pada Kendaraan, semoga bermanfaat.

Selamat membaca dan belajar...

0 Response to "Mengenal Maksud Dari Torsi Pada Kendaraan"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Read More :

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Read More :