-->

Cara Basmi Rayap Secara Alami dan Mudah

Konten [Tampil]
Cara Basmi Rayap Secara Alami dan Mudah

Cara Basmi Rayap Secara Alami dan Mudah - Musim hujan sudah datang lagi, dan masalah yang sering muncul ketika musim hujan adalah kemunculan rayap pada area rumah dengan material kayu. Kemunculan serangga perusak tersebut memang sering bikin kesal, yah. Untuk pernah mengalami masalah dengan rayap pasti tahu betul kalau serangga ini sanggup merusak bagian rumah dengan material kayu dalam waktu yang cepat. Hal ini tentunya bisa sangat merugikan. Cara basmi rayap juga jadi hal yang susah-susah gampang.

Munculnya rayap merusak material kayu, sehingga material yang mahal ini menjadi mudah lapuk dengan cepat. Banyak cara basmi rayap yang mudah, tetapi sebaiknya memilih cara yang alami untuk basmi rayap. Cara alami tentunya memberikan efek resiko kesehatan yang lebih rendah, loh jadi lebih aman untuk para penghuni rumah. Kemunculan rayap pada area tempat tinggal harus diatasi dengan cara yang akurat. 


Cara Basmi Rayap Secara Alami dan Mudah

Silakan simak cara basmi rayap secara alami dan mudah pada area rumah dengan material kayu serta furnitur kayu. 


1. Larutan garam dapur

Solusi basmi rayap secara alami dan mudah salah satunya adalah dengan menggunakan garam. Caranya cukup cairkan satu gelas garam dapur dengan dua gelas air bersih, lalu semprotkan larutan garam dapur tersebut pada material kayu, dan lakukan pengulangan untuk penyemprotan, yah. Penyemprotan berkala dengan larutan garam dapur akan membuat rayap mati. 


2. Air cucian beras

Coba gunakan air cucian beras untuk basmi rayap secara alami dan mudah. Gunakan air ini lalu semprotkan ke bagian rumah berbahan kayu yang terserang rayap. Solusi sederhana ini harus dilakukan berulang kali, jadi lakukan secara berkala yah agar serangga tersebut tidak kembali muncul.


3. Rutin menjemur furniture berbahan kayu

Rayap suka dengan area yang lembab, umumnya rayap menempati area-area yang gelap dan jauh dari sinar matahari. Agar rayap hilang dan tidak muncul lagi, rutinlah menjemur furniture berbahan kayu di bawah sinar matahari. Atau bisa juga memindahkan furnitur kayu ke area yang paling banyak mendapatkan cahaya matahari atau yang dekat ke ventilasi udara. Pastikan rumah juga punya ventilasi udara yang banyak, karena rayap akan mati dan hilang dengan cepat apabila tempat tinggal punya pertukaran udara yang baik.


4. Menggunakan kapur barus

Terdapat kandungan naphthalene di dalam kapur barus, senyawa naphthalene efektif mengusir rayap di area berbahan kayu. Selain itu, kapur barus juga bisa untuk menghalau serangga kecil yang ada di rumah. Bau khas naphthalene yang ada pada kapur barus tidak disukai rayap. Nah, coba tempatkan kapur barus pada wadah piring berukuran kecil, kemudian cukup diletakan di sudut-sudut rumah atau furniture berbahan kayu. 


5. Air tembakau

Langkah basmi rayap secara alami dan mudah lainnya adalah memakai air tembakau. Air tembakau efektif usir rayap dalam waktu cepat. 

Caranya cukup gunakan dua sendok makan atau sekitar satu genggam  tembakau yang telah dijemur, kemudian rendam di dalam satu liter air bersih selama kurang lebih tiga jam, pastikan air berubah menjadi kecoklatan dan memiliki aroma tembakau yang kuat, yah. 

Semprotkan air tersebut ke bagian-bagian rumah yang terbuat dari kayu atau furniture kayu. Semprotkan dengan rata kemudian diamkan. Setelah satu jam, lakukan kembali ke area tersebut, penyemprotan ulang dilakukan agar memastikan rayap benar-benar mati.

Nah, di samping lima cara membasmi rayap yang sudah disebutkan di atas, langkah lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan rutin melihat kondisi area tempat tinggal. Sebenarnya kondisi alam yang tropis seperti di Indonesia membuat area tempat tinggal jadi lembab dan rentan terhadap munculnya rayap. Apalagi kalau rumah yang ditinggali memiliki banyak material kayu. 

Apabila cara basmi rayap tersebut telah dilakukan tetapi serangga kecil ini tetap saja muncul di rumah, tidak ada salahnya kok untuk menggunakan layanan profesional Jasa Basmi Rayap, langkah ini untuk memastikan rumah benar-benar bebas rayap. 

0 Response to "Cara Basmi Rayap Secara Alami dan Mudah"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel