-->

Pengertian CodeIgniter : Kelebihan dan Kekurangannya

Konten [Tampil]
Pengertian CodeIgniter : Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian CodeIgniter : Kelebihan dan Kekurangannya - Dikesempatan yang baik ini saya akan membahas mengenai CodeIgniter atau CI. Jika anda seorang anak IT mungkin tidak asing mendengar kata tersebut. Tetapi untuk anda yang belum paham materi ini, yuk kita belajar CodeIgniter bersama-sama.


Pengertian CodeIgniter

CodeIgniter adalah sebuah kerangka kerja PHP yang bersifat terbuka. CI bersifat gratis alias tidak berbayar serta memiliki fungsi yang sama dengan framework lainnya. 

Fungsi CodeIgniter yaitu untuk memudahkan developer atau programmer dalam membuat suatu aplikasi maupun software berbasis web tanpa harus membuatnya dari awal. CodeIgniter dibangun berbasiskan MVC (Model, View, Controller) yang memisahkan antara interface dan logic aplikasi.

Pengertian MVC

MVC adalah sebuah metode pendekatan yang ditempuh untuk memisahkan aplikasi menjadi tiga bagian, bagian-bagian tersebut antara lain :


1. Model

Model adalah bagian penanganan yang berkaitan dengan manipulasi basis data. Seperti create, read, update atau delete. Semua intruksi yang berkaitan dengan pengolahan basis data diletakkan didalam Model tersebut.

2. View

View adalah bagian yang menangani halaman tampilan yang muncul pada pengguna. Tampilan dari user interface dikumpulkan pada View untuk memisahkannya dengan Controller dan Model sehingga memudahkan web designer dalam melakukan pengembangan tampilan halaman website.


3. Controller

Controller adalah bagian yang mengatur hubungan antara View dan Model. Controller adalah otak dari kinerja aplikasi. Controller terdiri dari fungsi yang bersifat logikal dan operasional. Saat ada data user yang masuk, Controller akan menangani dan memprosesnya untuk kemudian ditampilkan dalam View.

Kelebihan CodeIgniter

Adapun kelebihan CodeIgniter yang perlu anda tahu, antara lain :
  • Berukuran Sangat Kecil. File download yang anda butuhkan jika memakai CI sekitar 2mb saja, bahakan sudah include dokumentasinya.
  • Dokumentasi yang Bagus. Untuk dokumentasi yang disediakan terbilang sangat lengkap, jadi anda tidak perlu khawatir jika error ditengah jalan.
  • Kompitabilitas dengan Hosting. CodeIgniter mampu running dengan baik disemua model hosting, bahkan mendukung database MySQL.
  • Tidak Ada Aturan Coding yang Ketat. Hal ini bisa anda lakukan tanpa memakai Controller, tanpa View, atau tidak memakai Model, atau tidak salah satu keduanya. Namun dengan memakai ketiga komponen tersebut adalah pilihan lebih bijak.
  • Kinerja yang Baik. Codeigniter merupakan salah satu framework yang paling cepat yang ada sekarang ini.
  • Mudah Dipelajari. Disamping dokementasi yang lengkap, ia juga memiliki berbagai forum diskusi disemua grup sosial media. 

Kekurangan CodeIgniter

Adapun kekurangan CodeIgniter yang perlu anda tahu, antara lain :
  • CI tidak cocok untuk pembuatan web dengan skala besar.
  • Library yang sangat terbatas. Hal ini karena sulit untuk mencari plugin tambahan yang terverifikasi secara legal.
  • Belum adanya aplikasi editor khusus untuk CI. Sehingga anda pun akan anda membuat project dan modul-modul secara berpindah folder.

Kesimpulan

Jadi CodeIgniter adalah sebuah kerangka kerja PHP yang bersifat terbuka. CI bersifat gratis alias tidak berbayar serta memiliki fungsi yang sama dengan framework lainnya. Fungsi CodeIgniter yaitu untuk memudahkan developer atau programmer dalam membuat suatu aplikasi maupun software berbasis web tanpa harus membuatnya dari awal.

Demikian artikel mengenai Pengertian CodeIgniter : Kelebihan dan Kekurangannya, semoga bermanfaat.

Jika ada pembahasan yang kurang jelas diartikel diatas, anda bisa berkomentar dibawah ini.

Selamat belajar dan membaca...

0 Response to "Pengertian CodeIgniter : Kelebihan dan Kekurangannya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close