-->

Cara Install App Inventor Offline di Windows

Konten [Tampil]
Cara Install App Inventor Offline di Windows

Cara Install App Inventor Offline di Windows - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang pemasangan aplikasi APP Inventor 2 offline dengan mudah di windows 7, 8, dan 10. Jadi tutorial yang saya berikan ini, sebelumnya sudah saya coba dan berhasil. Jika anda seorang pelajar, artikel ini cocok dijadikan bahan referensi tugas yang diberikan oleh guru anda.

Sebelum melanjutkan ke panduannya, saya akan menjelaskan dahulu apa itu app inventor.


Pengertian App Inventor

App Inventor adalah software open source yang awalnya dikembangkan oleh Google dan sekarang dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology. App Inventor memungkinkan user baru untuk memprogram komputer untuk membuat aplikasi bagi operasi sistem Android.

Fungsi dari program App Inventor adalah untuk membikin aplikasi files yang berupa blok-blok.

Cara Install App Inventor Offline dengan Mudah

Berikut ini tutorial yang saya rangkum untuk memasang aplikasi app inventor ke windows 32 bit maupun 64 bit, antara lain :

Langkah 1: Download App Inventor

Langkah pertama yang anda lakukan adalah mengunduh terlebih dahulu filesnya. Nanti anda akan mengunduh 2 file berbeda yang pertama app inventor dan starternya.

Langkah 2: Instalasi MIT App Inventor

Jika sudah selesai mendownload langkah selanjutnya adalah dengan mengektrask kedua file tersebut. Jika sudah silahkan buka file dengan klik run pada setup MIT App Inventor. Kemudian instalasi sesuai default saja. Jika sudah selesai menginstall anda melangkah ke tutorial selanjutya.

Langkah 3: Instalasi App Inventor Starter

Kemudian buka lagi file yang bernama App Inventor Starter, dan klik sampai terinstall. Untuk instalasi sesuai default saja. Jika sudah selesai menginstall anda melangkah ke tutorial selanjutya.

Langkah 4: Membuka App Inventor di Browser

Jika semuanya sudah selesai anda lakukan, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi tersebut. Bagaimana caranya ? yuk simak tutorial cara menjalankan aplikasi app inventor 2 offline dibawah ini.
  1. Buka Local Disk C.
  2. Kemudian cari folder AI2U dan buka.
  3. Nanti akan muncul banyak file. File pertama yang anda buka adalah "buildserver", kemudian tunggu sampai selesai.
  4. Setelah itu baru buka "startAI", dan tunggu sampai proses selesai.
  5. Jika sudah selesai silahkan membuka browser dan buka alamat http://localhost:8888/ dan enter.
  6. Kemudian silahkan anda login ke app inventor.
  7. Selesai dan selamat membuat aplikasi.

Penutup

Jadi App Inventor adalah software open source yang awalnya dikembangkan oleh Google dan sekarang dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology. Fungsi dari program App Inventor adalah untuk membikin aplikasi files yang berupa blok-blok.

Demikian Cara Install App Inventor Offline di Windows, bagaimana pendapat kalian tentang tutorial diatas. Apakah berhasil ataupun sebaliknya ?

Jika ada tutorial yang kurang jelas tentang hal diatas, anda bisa berkomentar dibawah ini.

Selamat membaca dan praktek.

2 Responses to "Cara Install App Inventor Offline di Windows"

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel