-->

Pengertian Kabel Fiber Optik : Fungsi, Jenis, dan Karakteristiknya

Konten [Tampil]
Pengertian Kabel Fiber Optik : Fungsi, Jenis, dan Karakteristiknya

Pengertian Kabel Fiber Optik : Fungsi, Jenis, dan Karakteristiknya - Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang materi Kabel Fiber Optik. Untuk anda yang datang diblog ini sangat tepat, karena saya akan menjelaskan materi ini secara lengkap dan ringkas.

Yuk simak dengan seksama, apa itu Optical Fiber ?, berikut penjelasannya.


Pengertian Kabel Fiber Optik

Kabel Fiber Optik (Optical Fiber) adalah suatu kabel yang berguna mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengalirkannya dari satu ke titik yang lain. 

Bahan pokok dari kabel jenis Fiber Optik ini ialah dari serat plastik dan kaca yang sangat halus, bahkan lebih halus dari rambut manusia. Beda dengan kabel lain yang memakai bahan dari tembaga.


Fungsi Kabel Fiber Optik

Pada umumnya fungsi dari kabel Fiber Optik sama seperti kabel yang lain, yaitu menghubungkan antar komputer atau user satu sama lain serta dalam lingkup network tertentu.

Yang membedakannya adalah kecepatan akses yang sangat cepat serta mampu mengirim data lebih cepat. 

Untuk kecepatan transfer data hingga sekitar GB per detik. Selain kabel jenis ini juga tidak terpengaruhi ancaman elektromagnetik sehingga stabil dalam pemakaiannnya.

Jenis-Jenis Kabel Fiber Optik

Kabel Fiber Optik umumnya terdiri dari dua jenis yaitu Single-mode fibers dan Multi-mode fibers, berikut penjelasanya.

1. Single mode Fiber (SMF)

Single-mFiber Mode Tunggal ialah suatu serat optik yang banyak dipakai untuk mentransfer jarak yang lebih jauh. 

Fiber Mode Tunggal ini mempunyai inti kecil yang berdiameter 9 mikron dan mentransfer sinar laser inframerah yang memiliki panjang gelombang 1.300 nanometer sampai 1.550 nanometer. 


2. Multi mode Fiber (MMF)

Multi mode Fiber adalah suatu serat optik yang dibuat khusus untuk mentransfer lebih banyak sinar cahaya dalam waktu bersama-sama dengan masing-masing pada sudut pantulan yang sedikit berbeda didalam inti serat optik itu. 

Multi mode Fiber ini pada banyak digunakan untuk mentransfer data pada estimasi jarak yang relatif dekat. 

Multi mode Fiber mempunyai inti yang lebih besar dengan ukuran diameter sekitar 62,5 mikron serta mentransfer cahaya inframerah yang panjang gelombangnya kira-kira 850 nanometer sampai 1.300 nanometer dari LED.

Karakteristik Kabel Fiber Optik

Adapun ciri-ciri atau Karakteristik dari kabal Fiber Optik secara umum dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
  • Bagian dalam kabel jaringan fiber optik terdiri dari inti yang terbut dari serat kaca dan diselubungi oleh beberapa lapisan yang bersifat sebagai pelindung.
  • Konektor yang biasa dipakai untuk kabel jaringan fiber optik ialah konektor ST, namun baru-baru ini ada konektor lain bermunculan sebagai pasangan kabel jaringan fiber optik yakni konektor SC.
  • Kecepatan pengiriman data yang dapat dilakukan kabel fiber optik berada di angka 100 Mbps ke atas (bahkan sampai 1 GB).
  • Biaya rata-rata pernode cukup mahal.
  • Diameter kabel fiber optik dan dan ukuran konektornya relatif kecil sehingga memudahkan dalam proses instalasi.
  • Panjang kabel jaringan fiber optik sangat panjang yakni mencapai 2 km (mengalahkan kabel jaringan yang lain, seperti Coaxial dan Twisted Pair).

Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

Adapun kelebihan dan kekurangan dari kabel fiber optik, antara lain :
  • Kabel jaringan fiber optik bisa bekerja dengan kecepatan yang sangat tinggi dalam membawa info atau data, bahkan juga lebih tinggi dibandingkan kabel jaringan Coaxial atau kabel Twisted Pair. Kecepatan transfer data-nya bahkan bisa mencapai 1000 mbps.
  • Bandwith kabel jaringan fiber optik tidak perlu dikuatirkan kembali karena sanggup membawa beberapa paket dengan kapasitas besar (dapat tembus 1 GB per detik).
  • Harga kabel jaringan fiber optik masih sangat mahal, terlebih bila dibanding dengan kabel jaringan yang lain seperti kabel UTP yang terkenal murmer.
  • Pada proses instalasi kabel jaringa fiber optik dibutuhkan sejumlah alat khusus berbentuk perangkat electronic untuk yang saat ini memang masih begitu mahal. Akhirnya tidak semua orang dapat atau ingin menggunakan kabel ini sebagai media pendukung dalam instalasi sebuah jaringan komputer.
  • Selengkapnya cek disini.

Kesimpulan

Jadi Kabel Fiber Optik (Optical Fiber) adalah suatu kabel yang berguna mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengalirkannya dari satu ke titik yang lain. 

Itulah tadi Pengertian Kabel Fiber Optik : Fungsi, Jenis, dan Karakteristiknya. Apabila ada penjelasan maupun penulisan kata yang kurang tepat mohon dimaafkan. Jika ada pertanyaan baik saran maupun kritik anda bisa berkomentar dibawah ini.

Selamat membaca dan belajar...

0 Response to "Pengertian Kabel Fiber Optik : Fungsi, Jenis, dan Karakteristiknya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close