-->

Pengertian Kabel Fiber Optik : Kelebihan dan Kekurangannya

Konten [Tampil]
Pengertian Kabel Fiber Optik : Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Kabel Fiber Optik : Kelebihan dan Kekurangannya - Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang materi Kabel Fiber Optik. Untuk anda yang datang diblog ini sangat tepat, karena saya akan menjelaskan materi ini secara lengkap dan ringkas.

Yuk simak dengan seksama Kelebihan dan Kekurangan dari Kabel Fiber Optik ?, berikut penjelasannya.


Pengeritan Kabel Fiber Optik

Kabel Fiber Optik (Optical Fiber) adalah suatu kabel yang berguna mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengalirkannya dari satu ke titik yang lain. 

Bahan dasar dari kabel Fiber Optik adalah serat plastik dan kaca yang sangat halus, bahkan lebih halus dari rambut manusia. Beda dengan kabel lain yang memakai bahan dari kuningan, dan sejenisnya. (Selengkapnya baca disini).

Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

Adapun kelebihan dan kekurangan dari Kabel Fiber Optik sebagai berikut.

1. Kelebihan Kabel Fiber Optik

Adapun kelebihan dari kabel fiber optik yang perlu anda tahu sebagai berikut.
  • Kabel jaringan fiber optik bisa bekerja dengan kecepatan yang sangat tinggi dalam membawa info atau data, bahkan juga lebih tinggi dibandingkan kabel jaringan Coaxial atau kabel Twisted Pair. Kecepatan transfer data-nya bahkan bisa mencapai 1000 mbps.
  • Bandwith kabel jaringan fiber optik tidak perlu dikuatirkan kembali karena sanggup membawa beberapa paket dengan kapasitas besar (dapat tembus 1 GB per detik).
  • Kabel jaringan fiber optik bisa mengirimi signal lebih jauh dibandingkan kabel jaringan tipe yang lain, bahkan tanpa membutuhkan piranti penguat signal seperti repeater atau yang lain. Jikapun diperlukan, penguat signal tidak perlu terpasang setiap 5 km seperti kabel-kabel jaringan lainnya, tetapi cukup terpasang tiap 20 km saja.
  • Material yang digunakan untuk membuat kabel jaringan fiber optik mempunyai keunggulan untuk dapat bertahan pada banyak masalah seperti kelembapan udara dan cahaya (panas). Dengan demikian maka bisa diambil kesimpulan jika kabel fiber optik relatif tahan lama karena tidak mudah rusak.
  • Kekuatan kabel jaringan fiber optik yang bertahan lama dan tidak mudah hancur membuat menjadi lebih efektif dibandingkan kabel jaringan yang lain, karena ongkos perawatan jadi semakin murah.
  • Tidak jauh berbeda dengan kabel jaringan STP, kabel jaringan fiber optik kuat pada interferensi elektromagnetik yang dari sekitar kabel.
  • Kabel jaringan fiber optik terbagi dalam bermacam jenis tipe yang bisa jadi pilihan untuk sesuaikan dengan posisi instalasinya. Dimulai dari instalasi dalam gedung, di bawah tanah sampai dalam air, seluruhnya tersedia dengan persyaratan dan karakter yang berbeda.
  • Karena bukan mengirimi signal listrik tetapi gelombang sinar, kabel jaringan fiber optik sanggup menangani permasalahan masalah gelombang frekuensi bahan elektrik. Oleh karena itu kabel jaringan tipe ini amat bagus untuk digunakan pada wilayah yang gelombang frekuensi sangat tinggi.
  • Diameter kabel jaringan fiber optik yang relatif kecil dan tipis, ditambah dengan bobotbya yang enteng membuat proses instalasi kabel fiber optik relatif mudah karena mempunyai sifat fleksibel.
  • Berbeda dengan kabel jaringan yang lain yang mempunyai potensi mengakibatkan terjadinya korsleting atau kebakaran, khusus pada kabel fiber optik hal tersebut tidak muncul karena memakai bahan dasar serat kaca yang aman dan tidak mudah terbakar karena tidak mengalirkan  arus listrik.
  • Berbeda dengan kabel jaringan UTP dan STP yang memunculkan peluang terjadInya penyadapan, ini tidak berlaku pada kabel jaringan fiber optik karena bisa melanjutkan data tanpa distorsi atau masalah.
  • Kabel jaringan fiber optic bisa dengan mudah di-upgrade bahkan juga tanpa perlu mengganti metode kabel yang ada.

2. Kekurangan Kabel Fiber Optik

Adapun kekurangan dari kabel fiber optik yang perlu anda tahu sebagai berikut.
  • Harga kabel jaringan fiber optik masih sangat mahal, terlebih bila dibanding dengan kabel jaringan yang lain seperti kabel UTP yang terkenal murmer.
  • Pada proses instalasi kabel jaringa fiber optik dibutuhkan sejumlah alat khusus berbentuk perangkat electronic untuk yang saat ini memang masih begitu mahal. Akhirnya tidak semua orang dapat atau ingin menggunakan kabel ini sebagai media pendukung dalam instalasi sebuah jaringan komputer.
  • Pada proses pengangkutan signal, karena harus dilaksanakan perubahan signal listrik ke signal optik lebih dulu karena itu kabel jaringan fiber optik menunut tersedianya sumber cahaya yang kuat untuk melaksanakan pensinyalan seperti alat pembangkit listrik eksternal.
  • Bila rusak, perbaikan instalasi kabel jaringan fiber optik yang kompleks membutuhkan tenaga yang ahli di bagian ini.
  • Kabel jaringan fiber optik ditakutkan dapat menyerap hidrogen hingga bisa menyebabkan loss data.
  • Mengingat kabel jaringan fiber optik memakai gelombang sinar untuk mentransmisikan data, karena itu kabel jaringan tipe ini tidak bisa dipasang dalam lajur yang berbelok secara tajam atau menyudut. Jika harus terpaksa berbelok, maka harus dibuat tikungan yang melengkung.

Baca Juga: Pengertian Surveyor : Tugas dan Cara Kerjanya


Kesimpulan

Kabel Fiber Optik (Optical Fiber) adalah suatu kabel yang berguna mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengalirkannya dari satu ke titik yang lain. 

Itulah tadi Pengertian Kabel Fiber Optik : Kelebihan dan Kekurangannya. Apabila ada penjelasan maupun penulisan kata yang kurang tepat mohon dimaafkan. Jika ada pertanyaan baik saran maupun kritik anda bisa berkomentar dibawah ini.

Selamat membaca dan belajar...

0 Response to "Pengertian Kabel Fiber Optik : Kelebihan dan Kekurangannya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close