-->

Pengertian Novel dan Unsur-unsur di Dalamnya

Konten [Tampil]
Pengertian Novel dan Unsur-unsur di Dalamnya

Pengertian Novel dan Unsur-unsur di Dalamnya - Sebagai karya sastra, novel memiliki para pembaca hampir di setiap kalangan. Dengan berbagai macam genre membuat pembaca bebas memilih bacaan yang merek suka. 

Apakah bergenre religi, romance, horror dan lain sebagainya. Novel memiliki ciri yang berbeda dengan karya sastra lainnya seperti puisi ataupun drama. Mulai dari penokohan, alur, setting hingga sudut pandang membentuk cerita di dalamnya lebih lengkap dan utuh.

Jika dilihat dari segi pengertian, novel merupakan karangan berbentuk prosa dimana ada unsur intrinsik dan ekstrinsik. Baik novel romantis atau genre lainnya memiliki cerita yang jauh lebih panjang dan kompleks. Ada pesan tersembunyi yang ingin disampaikan penulis. 


Unsur-unsur Novel dan Strukturnya

Untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana dan apa itu novel, ada unsur-unsur yang bisa Anda perhatikan.

1. Unsur Intrinsik

Unsur intrinsik dalam novel adalah semua unsur pembentuk yang berasal dari dalam novel tersebut. Misalnya saja seperti tema, gagasan utama yang bisa pembaca dapatkan di dalam novel. Unsur kedua adalah alur yang merupakan jalan cerita dalam novel berupa rangkaian peristiwa. Latar, unsur yang berhubungan dengan tempat, waktu dan suasana di dalam novel. Unsur berikutnya adalah tokoh atau para pelaku di dalam novel, penokohan yang disebut juga dengan pemberian watak atau sifat para tokoh dalam novel.

Gaya bahasa juga merupakan unsur intrinsik yang merupakan bagaimana cara pengarang dalam menyampaikan cerita di dalam novel. Seperti penggunaan majas ataupun diksi tertentu. Ada juga unsur amanat yang merupakan unsur pesan moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca novel Indonesia.


2. Unsur Ekstrinsik

Jika unsur intrinsik merupakan unsur yang berasal dari dalam novel maka berbeda halnya dengan unsur ekstrinsik. Segala unsur yang berasal dari luar novel seperti latar belakang pengarang. Unsur ekstrinsik yang pertama ini adalah semua hal yang berkaitan dengan pemahaman serta motivasi pengarang novel ketika membuat karyanya seperti kondisi psikologis, aliran sastra ataupun biografi dari penulis itu sendiri.

Yang kedua adalah latar belakang masyarakat dimana semua hal yang ada di masyarakat akan mempengaruhi alur cerita pada novel seperti kondisi sosial, politik, ekonomi dan ideologi. Unsur ekstrinsik ketiga adalah nilai yang ada pada novel seperti nilai budaya, moral, agama dan sosial.


Struktur yang Ada pada Novel Indonesia


1. Abstrak

Abstrak merupakan ringkasan inti dari novel yang mengungkap bagaimana gambaran awal. Unsur abstrak ini sifatnya adalah opsional. Penulis bisa menggunakannya atau tidak.


2. Orientasi

Struktur orientasi berkaitan dengan suasana, waktu dan juga tempat yang ada dalam novel. Pembaca bisa menemukan suasana dan waktu yang berbeda-beda pada setiap bab dalam novel. Orientasi ini jelas harus ada di agar baik dari novel online ataupun berupa cetak.


3. Komplikasi

Komplikasi adalah urutan beberapa kejadian yang bisa dihubungkan berdasarkan sebab akibat. Struktur ini bisa didapatkan dengan melihat bagaimana konflik yang dibangun. Pembaca umumnya menyukai novel yang memiliki konflik berbeda dibandingkan lainnya.


4. Evaluasi dan Resolusi

Sesuai namanya, evaluasi merupakan struktur konflik yang ada pada novel. Konflik yang terjadi nantinya akan mengarah di satu titik tertentu. Sementara, resolusi merupakan masalah yang dihadapi oleh tokoh utama yang ada pada seluruh genre novel termasuk novel romantis.


5. Koda

Struktur terakhir dari novel yaitu Koda. Struktur Koda adalah bagian akhir dari novel yang terdapat pesan di dalamnya . Bisa juga berupa nilai moral yang ingin disampaikan penulis. Koda juga bisa ditemukan setelah pembaca memahami betul apa isi cerita di dalamnya.

Karya sastra berupa novel memiliki unsur pembentuk di dalamnya yang disebut dengan unsur intrinsik dan ekstrinsik. Selain itu ada struktur-strukturnya tersendiri yang dibentuk agar novel mampu menjadi satu kesatuan utuh dan lengkap sebagai sebuah bacaan. 

Contoh novel best seller adalah Harry Potter. Jadi, segera temukan pengalaman membaca tak terlupakan dalam novel kesayangan. 

Untuk anda yang suka novel bisa berkunjung ke https://www.thepleh.com/, blog ini berisi review novel-novel seperti Perfect Honeymoon, Pernikahan Kontrak, The Escorted wife, My Husband my ceo dan lainnya.

Demikian artikel Pengertian Novel dan Unsur-unsur di Dalamnya, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Novel dan Unsur-unsur di Dalamnya"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel