-->

Pengertian Studi Literatur : Metode dan Cara Menulisnya

Konten [Tampil]
Pengertian Studi Literatur : Metode dan Cara Menulisnya

Pengertian Studi Literatur : Metode dan Cara Membuatnya - Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Studi Literatur. Untuk anda yang datang diblog ini sangat beruntung sekali, karena saya akan menjelaskan materi ini secara lengkap dan ringkas.

Yuk langsung saja simak, apa itu Studi Literatur ?, berikut ini penjelasannya.


Pengertian Studi Literatur

Studi literatur adalah survey serta pembahasan literatur pada bidang tertentu dari sebuah penelitian. Studi ini ialah gambaran singkat dari apa yang telah dipelajari, argumentasi, serta ditetapkan mengenai suatu permasalahan, dan biasanya diorganisasikan secara kronologis atau tematis.

Pengertian lain tentang Studi literatur adalah menemukan / mencari referensi teori yang terkait dengan permasalahan yang ditemukan. Referensi ini dapat dicari dari jurnal, artikel laporan penelitian, buku, dan website di internet. 

Output dari studi literatur ini adalah terkumpulkannya referensi yang relevan dengan perumusan masalah.


Metode Studi Literatur

Menurut Zed (2008:3) metode studi literatur ialah rangkaian aktivitas tertentu yang berkaitan dengan metode pengumpulan daftar pustaka, mencatat maupun membaca, serta mengelola bahan penelitian.

Studi kepustakaan adalah kegiatan yang diwajibkan dalam penelitian, khususnya penelitian akademik yang tujuan pokoknya ialah mengembangkan aspek teoritis ataupun aspek manfaat yang praktis.

Cara Menulis Studi Literatur

Berikut ini adalah panduan menulis sebelum anda membuat penelitian studi literatur.

Study literatur ditulis dalam pola esai dan bukan bibliografi beranotasi, karena study ini mengategorikan beberapa hasil pekerjaan secara bersama dan mengulas arah perkembangannya, daripada berfokus hanya pada satu perihal pada suatu waktu. Pekerjaan ini bukan merangkum, tetapi mengevaluasi riset sebelumnya dan sekarang ini dengan memerhatikan keterkaitan dan manfaatnya dengan penelitian yang Anda kerjakan.

Tujuan Menulis Studi Literatur

Sebuah study literatur dicatat untuk menyoroti argument rinci dan gagasan pada suatu sektor study. Dengan menyoroti argument ini, Anda berusaha untuk menunjukkan apa yang sudah didalami di atas lapangan, dan di mana kekurangan, kesenjangan, atau wilayah yang membutuhkan study selanjutnya. Kajian tersebut juga harus menunjukkan ke pembaca kenapa penelitian Anda bermanfaat, perlu, penting, dan valid.


Sasaran Menulis Studi Literatur

Dalam pengerjaan study literatur perlu diperhitungkan kenapa dan untuk siapa tulisan itu Anda bikin. Sebagai contoh, sejumlah besar study literatur dituliskan sebagai satu bab dari tesis atau disertasi, di mana pembaca ingin diperlihatkan bagaimana riset Anda itu wajib dan asli/orisinal. Menyorot ketimpangan dalam pengetahuan yang akan Anda isikan dengan riset Anda sangat penting karena Anda perlu menyakinkan pembaca jika ada kesempatan pada sektor study itu.

Sebuah study literatur dalam proposal coba menyakinkan pembaca mengenai keutamaan dan kelaikan dari project yang diusulkan. Sebaliknya, jika Anda menulis pengkajian literatur untuk suatu mata kuliah, dosen Anda kemungkinan ingin Anda perlihatkan jika Anda pahami apa riset yang sudah dilaksanakan yang memberi Anda landasan pengetahuan. Dalam masalah ini, Anda tidak usah fokus untuk menunjukkan letak kesenjangan/jarak dalam riset, tetapi jika Anda ketahui sektor khusus riset dan beberapa ide kunci disana.

Study literatur seharusnya menjawab

  • Apa yang sudah ditangani pada wilayah topik ini sampai saat ini ? Apa yang penemuan penting, konsep-konsep kunci, argument, dan / atau teori-teori yang penelitian lain sudah ajukan ? yang mana sebagai hasil-hasil pekerjaan yang penting ?.
  • Pada tempat mana dari topik penelitian awalnya sudah terkonsentrasi? Adakah perubahan yang dari waktu ke waktu? Metodologi apa yang sudah dipakai?.
  • Adakah kesenjangan dalam analisis? Adakah sisi yang masih belum didekati, walau sebenarnya seharusnya dijalankan? Adakah langkah baru untuk melihat topik ini?.
  • Adakah perbaikan metodologi untuk analisis sektor ini ?.
  • Apa arah masa depan yang diperlukan dalam kajian ini?.
  • Bagaimana analisis Anda membuat atau pergi dari riset yang sekarang ini dan awalnya berkaitan dengan topik itu? Apa kontributor penelitian Anda akan membuat ke lapangan?.

Ada dua struktur atau langkah mengorganisasikan study literatur


1. Kronologi

Pada susunan ini, anda akan mengategorikan dan membahas beberapa sumber publikasi seperti posisi keberadaannya, menyoroti pengubahan dalam riset di bagian ini dan topik spesik anda dari waktu ke waktu. Sistem ini bermanfaat untuk paper yang fokus pada metodologi riset, makalah historiografi, dan tulisan lain di mana waktu jadi elemen utama.

2. Tematik

Dalam struktur ini, Anda akan mengategorikan dan membahas beberapa sumber Anda seperti topik atau topiknya. Langkah ini lebih kuat secara pengorganisasian, dan menolong menahan kemauan Anda untuk meringkas beberapa sumber pustaka Anda. Dengan mengategorikan topik atau topik riset bersama, Anda bisa memperlihatkan tipe topik yang perlu dalam riset Anda.

Sebagai catatan penutup : Apapun sistem yang Anda pilih, harus diingat dalam tiap bagian dari study literatur, sebagai poin utama untuk mengulas bagaimana kajian itu terkait dengan penelitian yang lain (bagaimana kesamaan atau perbedaannya, apa yang telah riset lain kerjakan, dan lain-lain) untuk memperlihatkan keterkaitan dengan pekerjaan Anda sendiri. Untuk berikut study literatur diperlukan : "jangan tinggalkan keterkaitan".


Kesimpulan

Jadi Studi literatur adalah survey serta pembahasan literatur pada bidang tertentu dari sebuah penelitian. Studi ini ialah gambaran singkat dari apa yang telah dipelajari, argumentasi, serta ditetapkan mengenai suatu permasalahan, dan biasanya diorganisasikan secara kronologis atau tematis.

Itulah tadi Pengertian Studi Literatur : Metode dan Cara Menulisnya. Apabila ada penjelasan maupun penulisan kata yang kurang tepat mohon dimaafkan. Jika ada pertanyaan baik saran maupun kritik anda bisa berkomentar dibawah ini.

Selamat membaca dan belajar...

sumber referensi: http://shelvie.staff.ipb.ac.id/2012/05/11/menulis-studi-literatur/

0 Response to "Pengertian Studi Literatur : Metode dan Cara Menulisnya"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel