Cara Menampilkan Layar Android ke Laptop dengan Kabel Data

Cara Menampilkan Layar Android ke Laptop dengan Kabel Data

Cara Menampilkan Layar Android ke Laptop dengan Kabel Data - Bagi Anda yang membutuhkan perangkat untuk kebutuhan presentasi di sekolah atau tempat kerja tentu Anda membutuhkan layar lebar, oleh sebab itu cara menampilkan layar android ke laptop dengan kabel data ini akan menjadi sebuah informasi menarik yang Anda harus tahu. 

Sebagaimana yang akhir – akhir ini kita tahu bahwa laptop sudah menjadi kebutuhan primer sebagai alat atau perangkat yang digunakan untuk sekolah atau pun bekerja. Jika Anda terbiasa menyimpan data atau file presentasi di android dan ingin menampilkannya di laptop, tutorial yang bisa Anda simak ada di bawah ini!


Cara Menampilkan Layar Android ke Laptop dengan Kabel Data

Sebelum kita bahas tata cara menampilkan layar android ke laptop dengan kabel data, terlebih dahulu kita harus siapkan semua peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Adapun beberapa persiapan dan peralatan yang dibutuhkan terdiri atas : 

  1. Pertama – tama siapkan sebuah kabel USB.
  2. Aktifkan opsi pengembang dan USB debugging pada smartphone android Anda.
  3. Download aplikasi Vysor di Google Chrome laptop Anda.
  4. Download aplikasi Vysor di Google Play Store android Anda.

Baca JugaCara Memindahkan Data dari Android ke Laptop Tanpa Kabel

Mode USB dengan debugging pada HP perlu Anda aktifkan terlebih dahulu pada opsi pengaturannya. Langkah – langkah untuk mengaktifkan mode USB dengan debugging pada HP android sebagai berikut : 

  1. Pertama – tama yang Anda harus lakukan adalah masuk ke menu pengaturan.
  2. Setelah itu pilih sistem dan pilih tentang telepon.
  3. Scroll ke bawah dan kemudian cari dan temukan build number.
  4. Tap atau tekan build number sebanyak 5 kali sampai muncul pemberitahuan ‘you are now a developer’.
  5. Selanjutnya masuk lagi pada pengaturan system dan pilih opsi pengembang.
  6. Jangan lupa scroll ke bawah, alihkan debugging USBnya. Dianjurkan untuk Anda centang ‘selalu izinkan’ untuk pop up ‘izinkan debugging USB’. Dengan begitu Anda tak perlu lagi berulang kali melakukan setting mode aktif pada USB debugging perangkat Anda.

Jika semuanya sudah siap, Anda dapat melakukan cara menampilkan HP ke laptop melalui USB dengan menggunakan Vysor. Bagi Anda yang belum tahu tentang Vysor, jadi Vysor ini merupakan salah satu aplikasi screen mirroring untuk menghubungkan antara perangkat laptop dengan perangkat android. 

Tata cara penggunaannya sebagai berikut : 

  1. Pada tahap awal, pertama – tama yang perlu Anda lakukan adalah aktifkan mode USB debugging pada ponsel android.
  2. Kemudian masuk pada developer mode untuk mengaktifkan USB debugging.
  3. Pada masing – masing android berbeda letak menunya. Biasanya letak menunya terdapat pada bagian setting ‘build number’ Anda tap 5 sampai dengan 7 kali sampai pemberitahuan bahwa android telah masuk ke ‘developer mode’ Anda terima.
  4. Jika sudah berhasil masuk, aktifkan USB debugging.
  5. Namun tentunya sebelum proses dimulai, Anda harus download terlebih dahulu aplikasi Vysor pada ponsel android.
  6. Setelah aplikasi Vysor sudah terdownload, Anda buka browser Google Chrome pada laptop. Anda install ekstensi atau addons yang bernama Vysor. 
  7. Pastikan Anda buka Vysor pada kedua perangkat baik pada perangkat laptop atau pada perangkat android.
  8. Selanjutnya Anda akan dimintai untuk menghubungkan android dan laptop dengan menggunakan kabel data atau USB.
  9. Jika sudah terhubung, layar ponsel android akan tampil di layar laptop dan Anda bisa memanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Sangat mudah bukan tutorial cara menampilkan layar android ke laptop dengan kabel data? Anda bisa terapkan step by step di atas untuk melakukannya. Vysor sendiri merupakan sebuah aplikasi gratis namun juga hadir versi berbayarnya. Jika Anda ingin dapatkan fitur yang lebih lengkap dari Vysor maka versi berbayar bisa jadi pilihan Anda. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url