-->

Pengertian Press Release dan Cara Menulisnya

Konten [Tampil]
Pengertian Press Release dan Cara Menulisnya

Pengertian Press Release dan Cara Menulisnya - Secara umum pengertian  press release merupakan pemberitahuan sebuh informasi yang dikeluarkan oleh suatu industri, lembaga, atau organisasi tertentu. Media penyampaiannya biasanya melalui internet, atau media massa seperti broadcasting sebagai basic press release. 


Cara Menulis Press Release yang Baik dan Benar 

Menyampaikan informasi kepada audiens harus sejelas-jelasnya. Oleh karena itu penulisan bahannya juga tidak boleh asalasalan. Harus runtut dan rapi, agar mudah dipahami. Lewat metode dibawah ini Anda bisa menulis press release dengan lebih baik juga benar sehingga bisa lolos penyiaran. 


1. Cari Intisari dari Informasi atau Berita 

Sebelum menyusun naskah atau script yang akan dibacakan untuk press release, sebaiknya ketahui dulu tentang pesan dasar dari informasi tersebut. Memastikan tema dari pembicaraan agar isi dari informasi yang disampaikan bisa tertangkap dengan jelas oleh audiens. 

Tugas dari penulisan press release tidak berhenti sampai disitu saja. Sebagai penulis harus mampu mengembangkan topik namun arah pembahasan harus tetap relevan dan berkesinambungan. Biasanya ada tambahan subjudul sehingga penajaman dari judul awal bisa maksimal.

Baca JugaPengertian Backlink Profile : Manfaat dan Contohnya


2. Tetap Pakai Faktor 5W + 1H

Pelajaran ini sepertinya sudah diajarkan sejak sekolah dasar. Dimana Anda bisa menggunakan bantuan dari faktir 5W + 1H. Faktor tersebut sangat berguna dalam menyusun informasi dari sebuah berita agar semakin tajam dan fokus ke pembahasan yang dimaksud. Tidak beleber atau justru blunder. 

Faktor 5W + 1H sendiri juga banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan menulis. Misalnya riset, penulisan naskah berita, dan semacamnya. Namun tidak perlu runtut, Anda bisa menyusunnya secara acak, dengan catatan jika isinya masih relevan. 


3. Pakailah Ilustrasi yang Menarik 

Press release biasanya berfungsi untuk memancing minat, dan menumbuhkan rasa ingin tahu masyarakat agar semakin bertambah. Sebaiknya gunakan ilustrasi agar tidak terlalu membosankan ketika sedang disiarkan ke publik.

Selain itu nilai story tellin juga dinilai lebih baik dibandingkan saat tidak menggunakan ilustari. Pakailah gambar yang menarik, punya estetika tinggi, namun tetap memberikan kedalaman serta ketajaman pada informasi. 

Baca JugaPengertian Backlink EDU ac.id : Manfaat dan Contohnya


4. Lakukan Pengecekan Ulang 

Terakhir sebelum akhirnya dikirim sebaiknya jalankan pengecekan ulang terlebih dahulu. Pada bagian ini naskan akan diedit untuk mengetahui apakah ada kesalahan penulisan (typo), tanda baca, dan jenis kesalahan lainnya. 

Setelah draft dari press release selesai disusun maka bisa lanjut ke langkah berikutnya. Segera konfirmasikan ke atasan bahwa file sudah selesai dan tinggal dikirimkan saja pada media yang bersangkutan. Biasanya akses email lebih aman dan nyaman daripada platform chat online. 

Itulah urutan tahapan yang harus Anda lakukan dalam pembuatan press release dalam menyampaikan sebuah informasi. Namun biasanya ada syarat dan ketentuan khusus yang berbeda dari setiap media, jangan lupa perhatikan pertimbangan tersebut. 

Untuk anda yang membutuhkan jasa press releas bisa ke https://www.ansoriweb.com/p/jasa-press-release.html

0 Response to "Pengertian Press Release dan Cara Menulisnya"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel