Cara Membuat Layangan Kincir Sederhana

Cara Membuat Layangan Kincir Sederhana

Cara Membuat Layangan Kincir - Musim kemarau telah datang. Hal ini merupakan cuaca terbaik untuk bermain layangan dikarenakan angin berhembus kencang di musim kemarau. Ingin coba membuat layang - layang DIY ? Alangkah baiknya ketahui langkah bikin layangan Kincir terlebih dahulu.

Mencari layangan Kincir memang sangat ringan sebab saat ini banyak yang menjualnya. Meskipun demikian, tak ada salahnya untuk coba membuat sendiri. Dengan membuat layangan sendiri, bentuk dan juga motifnya bisa sesuai dengan keinginan.

Cara Membuat Layangan Kincir

Berikut video tips membuat layangan Kincir versi ansoriweb.com, sebagai berikut :

Bagi yang bahagia berkreasi, membuat layangan tentunya dapat jadi hal menyenangkan. Adapun, beberapa material yang dibutuhkan ialah 2 buah bambu tipis dengan ketebalan 1 cm. Lalu, kertas minyak, spidol, meteran, lem, benang, dan gunting.

Sebelum mulai membuat layangan Kincir, alangkah baiknya memahami apa saja macam dari layangan. Antara lain yaitu layangan Kincir, biasa, tradisional, dll. Untuk newbie sebaiknya mencoba membuat layangan Kincir dengan tips berikut ini:

1. Siapkan 2 Bambu Tipis dengan Ukuran Berbeda

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebuah satu material yang dibutuhkan untuk membuat layangan Kincir ialah bambu tipis. Bambu tidak tebal ini paling nggak memiliki tebal 1 cm sebanyak 2 buah. Nah, ke dua bambu tersebut sebaiknya dipotong sehingga memiliki panjang yang berbeda.

1 potong bambu nantinya akan dipakai sebagai rangka vertikal. Sementara itu, 1 bilah ulang bakal pakai untuk rangka horizontal. Di mana rangka vertikal perlu panjang 50-70 cm dan kerangka horizontal 30-50 cm.

Baca Juga: Cara Membuat Layangan Sendaren Kecil


2. Ikat Kedua Rangka Layangan Kincir

Cara membuat layangan Kincir yang berikutnya yakni mengikatkan kedua bilah bambu yang telah dibentuk menjadi rangka. Letakan kedua kerangka dengan posisi silang, lalu ikat
menggunakan benang. Ikat kedua rangka dengan erat supaya nggak mudah lepas.

3. Letakan Kerangka di Atas Kertas Minyak

Setelah kerangka berhasil diikat dan menyatu, letakan kerangka berikut diatas kertas kado ataupun yang lain. Namun, pastikan plastik yang digunakan tidak terlalu tipis. Hal ini memiliki tujuan agar layangan tak gampang sobek ketika ditempa angin kencang.

Buat pola terhadap kertas kado dengan memanfaatkan spidol. Pola yang dibikin kudu ikuti wujud kerangka layangan Kincir. Untuk menghindari kegagalan saat merekatkan plastik, sisakan jarak 2-3 cm pada kerangka bersama kertas kado.

4. Rekatkan Kerangka dengan Plastik

Sebelum merekatkan rangka bersama Kertas kado, gunting terlebih dulu kertas kado ikuti pola yang udah digambar. Gunting dengan hati-hati dan perlahan agar tak ada anggota lainnya yang terpotong.

Pada panduan ini, hanya garis yang udah membentuk pola saja yang dapat digunting. Sebab, kecuali anggota kertas di luar berasal dari pola ikut tergunting, maka kerangka tidak bakal bisa direkatkan. Oleh karena itu, melaksanakan panduan ini dengan baik.

Adapun, untuk merekatkan rangka Kincir bersama Plastik mampu menggunakan lem kayu dan lem aibon. Sebaiknya jangan menggunakan lem kertas gara-gara tingkat kerekatannya sangat rendah. Jika memakai lem kertas, kerangka akan lepas agar layangan menjadi cepat rusak.

Baca JugaCara Membuat Layangan Batman


5. Buat Lubang di Bagian Tengah Kerangka

Untuk meyakinkan Kertas kado dan rangka amat menyatu dengan kuat, maka keduanya wajibdiikat menggunakan benang. Namun, sebelum diikat kertas minyak harus dilubangi terutama dulu.

Buatlah 2 buah lubang di anggota sedang kerangka pas di daerah persilangan bambu. Lalu, buat ulang 2 lubang dibawah area persilangan bambu. Setelah itu, tambahkan benang di tiap tiap lubang selanjutnya dan ikat dengan kuat.

Seperti itulah tips membuat layangan Kincir dengan mudah. Membuat layangan sendiri sebetulnya lebih menggembirakan dan caranya pun nggak. Selain itu, bahan untuk membuatnya termasuk gampang ditemukan. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url