Cara Membuat Layangan Batman untuk Pemula

Cara Membuat Layangan Batman

Cara Membuat Layangan Batman - Musim kemarau udah datang. Ini merupakan saat paling baik untuk bermain layangan dikarenakan angin berhembus lebih kencang di musim kemarau. Ingin coba membuat layangan sendiri ? Alangkah baiknya ketahui tips bikin layangan Batman terlebih dahulu.

Mencari layangan Batman memang sangat mudah gara-gara waktu ini banyak yang menjualnya. Meskipun demikian, nggak ada salahnya untuk coba membuat sendiri. Dengan membuat layangan sendiri, bentuk serta motifnya mampu disesuaikan dengan keinginan.

Cara Membuat Layangan Batman

Berikut video cara membuat layang - layang Batman versi ansoriweb.com, sebagai berikut :

Untuk yang senang berkreasi, membuat layangan sudah pasti bakal jadi hal menyenangkan. Adapun, sebagian material yang dibutuhkan ialah 2 buah bambu tipis dengan tebal 1 centi meter. Kemudian, kertas minyak, spidol, meteran, lem, benang, dan gunting.

Sebelum mulai membuat layangan Batman, ada baiknya paham apa saja ragam berasal
dari layangan. Antara lain yaitu layangan Batman, biasa, tradisional, dan lain-lain. Untuk pemula sebaiknya mencoba membuat layangan Batman dengan cara dibawah ini:

1. Siapkan 2 Bambu Tipis dengan Ukuran Berbeda

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebuah satu material yang diperlukan untuk membuat layangan Batman ialah bambu tipis. Bambu tipis ini paling tidak memiliki ketebalan 1 cm minimal 2 buah. Nah, ke-2 bambu tersebut perlu dipotong supaya mempunyai ukuran yang berbeda.

1 bilah bambu nantinya bakal digunakan sebagai rangka vertikal. Sementara itu, 1 bilah kembali dapat pakai untuk kerangka horizontal. Di mana kerangka vertikal butuh panjang 50-70 cm dan kerangka horizontal 30-50 cm.

Baca JugaCara Membuat Layangan Janggan Mini


2. Ikat Kedua Rangka Layangan Batman

Cara membuat layangan Batman yang selanjutnya yakni mengikatkan kedua bilah bambu yang telah dibentuk jadi rangka. Letakan kedua rangka dengan posisi silang, selanjutnya ikat
menggunakan benang. Ikat kedua rangka dengan erat sehingga nggak gampang lepas.

3. Letakan Kerangka di Atas Kertas Minyak

Setelah rangka berhasil diikat dan menyatu, taruh kerangka tersebut diatas kertas kado ataupun yang lain. Namun, pastikan plastik yang dipakai tidak terlalu tipis. Hal ini mempunyai tujuan supaya layangan tak mudah sobek ketika ditempa angin kencang.

Buat pola pada plastik dengan memakai spidol. Pola yang dibikin kudu ikuti bentuk kerangka layangan Batman. Untuk menghindari kegagalan pas merekatkan kertas kado, sisakan jarak 2-3 cm pada rangka bersama kertas kado.

4. Rekatkan Kerangka dengan Plastik

Sebelum merekatkan rangka bersama dengan Plastik, gunting terlebih dulu plastik ikuti pola yang sudah digambar. Gunting dengan hati-hati serta perlahan agar tak ada anggota lainnya yang terpotong.

Pada cara ini, hanya garis yang udah membentuk pola saja yang mampu digunting. Sebab, kecuali anggota kertas di luar berasal dari pola turut tergunting, maka rangka tak akan bisa direkatkan. Oleh sebab itu, melakukan cara ini dengan baik.

Adapun, untuk merekatkan kerangka Batman bersama dengan Plastik bisa memakai lem kayu dan lem aibon. Sebaiknya jangan pakai lem kertas sebab tingkat kerekatannya amat rendah. Jika menggunakan lem kertas, kerangka bakal mudah lepas sehingga layangan menjadi cepat rusak.

Baca JugaCara Membuat Layangan Sendaren Kecil


5. Buat Lubang di Bagian Tengah Kerangka

Untuk meyakinkan Plastik dan kerangka benar-benar menyatu dengan kuat, maka keduanya kududiikat memakai benang. Namun, sebelum diikat kertas minyak kudu dilubangi terutama dahulu.

Buatlah 2 buah lubang di bagian sedang kerangka tepat di area persilangan bambu. Lalu, membuat lagi 2 lubang dibawah tempat persilangan bambu. Setelah itu, tambahkan benang di tiap-tiap lubang tersebut dan ikat bersama dengan kuat.

Demikian langkah membuat layangan Batman dengan mudah. Membuat layangan sendiri memang lebih menyenangkan dan caranya pun nggak. Selain itu, bahan untuk membuatnya juga mudah ditemukan. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url