-->

Cara Mengecek Typo Di Word Bahasa Indonesia Yang Anti Gagal

Konten [Tampil]
Cara Mengecek Typo Di Word Bahasa Indonesia Yang Anti Gagal

Cara Mengecek Typo Di Word Bahasa Indonesia Yang Anti Gagal - Permasalah yang sering terjadi saat mengetik yaitu typo atau kesalahan penulisan. Hal ini tentu akan mengganggu bahkan bisa mengubah arti, oleh sebab itu Anda perlu mengetahui cara mengecek typo di Word Bahasa Indonesia.

Bagi Anda yang sering typo saat menulis di Word jangan khawatir karena typo dapat di cek dan dibetulkan. 


Cara Mengecek Typo Di Word Bahasa Indonesia Yang Anti Gagal

Berikut ini cara mengecek typo pada Word agar tulisan lebih rapi tanpa ada typo:


1. Buka Dokumen

Typo tidak bisa dianggap sebagai hal yang sepele, sebab selain mengubah arti typo bisa merusak tatanan bahasa. Kebanyakan typo saat menulis juga mengganggu dan menurunkan citra penulisan, sehingga sebisa mungkin cek tulisan terlebih dahulu.

Tidak hanya ketika menulis artikel ilmiah atau skripsi saja, menulis dengan menggunakan ejaan yang tidak tepat bisa membuat orang yang membaca pesan terganggu. Beruntungnya, hal ini ternyata dapat diatasi melalui cara mengecek typo di word Bahasa Indonesia di dokumen langsung.

Pertama yang yaitu Anda perlu membuka file dokumen yang akan di cek typonya. Setelah dibuka klik menu file dilanjutkan klik option. Tampilan layar setelah mengklik option akan ada tampilan menu-menu lain di bagian kiri layar.

Baca JugaApa Itu Efek Visual OSIE dari Oppo?


2. Profig Dan When Correcting Spelling And Grammar In Word

Anda yang sudah berhasil menemukan langkah pertama dalam cara ini, selanjutnya cara mengecek typo di word Bahasa Indonesia yang dapat digerakan adalah dengan fokus pada pemeriksaan bahasa dan berdasarkan acuan kamus otomatis.

Setelah itu pilih proofing pada layar dan akan muncul beberapa bagian opsi. Pada bagian ini terdapat menu When Correcting Spelling And Grammar In Word yang memiliki 4 bagian, selanjutnya Anda bisa klik ok.


3. Langkah Kepastian Dengan Klik Ok

Setelah berhasil klik Ok, jika tidak ada perubahan pada layar maka Anda tidak perlu khawatir. Perubahan yang terlihat hanya garis hijau atau merah sebagai tanda bahwa tulisan tersebut masih typo dan perlu diperbaiki.

Apabila tidak ditemukan notifikasi yang menunjukan bahwa pemerintah berhasil, tugas Anda adalah mengulang perintah yang sama. Lakukan saja mulai dari langkah pertama, dengan begitu Anda akan mendapatkan akses pada tahapan berikutnya.


4. Download Kamus Kecil

Sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya perlu Anda ketahui dan disaran untuk mendownload aplikasi Kamus Kecil untuk mempermudah pengecekan. Setelah berhasil didownload, kembali lagi ke menu awal dan memulai langkah seperti tadi.

Ikuti langkah pertama sampai ketiga di menu proofing. Dalam menu profil di atas 'when Correcting Spelling and Grammar in Word ' ada custom dictionaries. Klik menu tersebut dan akan muncul File path, salin file tersebut.


5. Paste Ke File Explorer

Bagian yang terdapat diatas file path kemudian di copy dan dipaste ke bagian file Explorer. Setelah file di copas akan muncul file bertuliskan custom menjadi kamus yang disediakan oleh Microsoft.

Proses ini jangan sampai terlewatkan, kata-kata yang diketik tidak akan berhasil dideteksi masalahnya apabila pada bagian file explore tidak dilakukan dengan benar. Pastikan juga Anda telah memasukan kalimat yang diperlukan.

Baca JugaCara Menyambungkan Layar HP ke PC Melalui USB dengan Mudah


6. Buka Kamus Kecil

Anda dapat langsung membuka kamus kecil yang sudah didownload. Selanjutnya salin file yang sudah didownload ke dalam file explorer. Akan muncul garis merah atau hijau pada teks, tulisan yang memiliki garis menandakan bahwa masih typo dan perlu perbaikan.

Melalui cara mengecek typo di word Bahasa Indonesia ini semoga Anda mendapatkan gambaran bagaimana mendapatkan nilai yang baik saat mengerjakan tugas. Melakukan pemeriksaan tulisan akan menguntungkan karena membuat hasil kerja Anda terbukti berkualitas.

0 Response to "Cara Mengecek Typo Di Word Bahasa Indonesia Yang Anti Gagal"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel