-->

Perbedaan USB Tipe A, B dan C, Ini Penjelasannya

Konten [Tampil]
Perbedaan USB Tipe A, B dan C, Ini Penjelasannya

Perbedaan USB Tipe A, B dan C, Ini Penjelasannya - Keberadaan USB memang sudah tidak asing lagi, karena banyak digunakan. Tapi ternyata ada berbagai macam tipe USB dan tiap-tipe yang berbeda.  Menggunakan USB ternyata juga tidak sembarangan, karena itu Anda harus tahu  perbedaan USB tipe A, B dan C beserta fungsinya.

Sebelumnya pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan kata USB atau biasa dikenal dengan istilah Universal Serial Bus. Banyak orang melihat macam-macam tipe USB dari modelnya. 


Perbedaan USB Tipe A, B dan C, Ini Penjelasannya

Terdapat 3 tipe USB yang perlu Anda ketahui;


1. USB Type A

USB type A adalah USB yang sering Anda temui karena banyak digunakan pada perangkat Pc yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Perangkat yang menggunakan USB tipe A misalnya pada Flashdisk, USB extender, USB Hub, USB Flash Drive dan USB Modern.

USB tipe A ini disebut sebagai USB standar yang sering digunakan banyak orang yaitu tipe 2.0. Semakin berkembangnya zaman USB ini mengalami peningkatan menjadi 3.0 yang bertujuan agar mempermudah dalam transfer file dengan lancar dan cepat. 

Memilih tipe kabel USB haruslah disesuaikan dengan tipe colokan yang terdapat pada setiap perangkatnya. Anda yang mau menggunakan kabel tipe A, harus menyadari bahwa jenis kabel ini banyak menemukan kendala karena jenis perangkat sekarang sudah jarang yang memakainya.

Baca JugaCara Cek Nomor Smartfren Tercepat Di Tahun 2022


2. USB Type B

USB type B ini banyak digunakan pada perangkat komputer seperti pada printer atau scanner. Bentuk USB sangat simple yaitu berbentuk kotak. Saat ini USB type B mulai banyak ditemui pada perangkat smartphone yang digunakan untuk charger ataupun transfer file. 

Macam-macam USB type B yaitu tipe B biasa seri 1.1 atau 2.0 dan seri 3.0, USB type Mini-B seri 2.0/1.1 serta yang terakhir yaitu USB type Micro B seri 1.1/2.0 dan 3.0. 


3. USB Type C

USB tipe ini adalah model terbaru dari port USB dan sedang trending di kalangan masyarakat karena keunggulan yang tidak ditemui di model USB lain. Keunggulan USB type C ini yaitu dapat Anda gunakan secara bolak-balik otomatis memiliki dua kegunaan yang sangat membantu.

Dengan menggunakan USB ini Anda tidak usah khawatir salah mencolokkan port-USB ini karena posisi manapun sama saja dan dapat digunakan semua. Saat ini pengguna smartphone mulai beralih ke USB type C ini yang lebih memiliki banyak keunggulan dari pada yang lain.

Dengan 24 pin yang sejajar secara sistematis pada kedua belah sisi, sehingga konektor dapat mengganti beberapa konektor yang ada melalui dongle. Dongle tersebut termasuk USB tipe B, USB type A, kabel audio, konektor 3,5m serta HDMI. 

Tipe ini juga sudah banyak digunakan pada smartphone-smartphone terbaru. Tampilan USB yang menarik ramping tidak hanya dapat digunakan pada smartphone melainkan juga dapat digunakan pada komputer untuk charging, penghubung display ke monitor hingga jalur input output data.

Baca JugaRekomendasi Bot Penghasil Uang Telegram


Apakah Anda sudah paham mengenai perbedaan USB tipe A, B dan C ini. Memang sedikit membingungkan karena banyaknya tipe yang ada seperti tipe A, tipe B dan tipe C belum lagi varian-varian atau model dari USB tersebut, seperti mini atau micro.

Anda tidak perlu takut untuk tidak dapat membedakan USB-USB tersebut karena setiap tampilan berbeda-beda. Namun yang perlu Anda tau USB yang paling banyak digunakan adalah USB type C. Semoga menambah wawasan Anda sekalian mengenai perbedaan USB tipe A, B dan C.

0 Response to "Perbedaan USB Tipe A, B dan C, Ini Penjelasannya"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel