-->

Penyebab HP Lemot yang Sering Terjadi

Konten [Tampil]
Penyebab HP Lemot yang Sering Terjadi

Penyebab HP lemot diakibatkan oleh beragam faktor. Biasanya, muncul suatu masalah pada ponsel yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Salah satunya yakni mengalami penurunan kinerja. Kinerja yang menurun tersebut seringkali membuat ponsel kesulitan menjalankan aplikasi dengan lancar atau lemot. Hal tersebut tentu sangat mengganggu Anda. Sebab, ponsel tidak dapat digunakan dengan optimal.


Inilah Beberapa Penyebab HP Lemot

Penurunan kinerja yang muncul pada ponsel Android biasanya dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Perlu diingat bahwa HP yang lemot bukan hanya diakibatkan oleh usia pemakaian. Namun cara Anda menggunakan dan merawat HP juga bisa mempengaruhi performanya. Berikut adalah yang menjadi penyebabnya.


1. Ruang Penyimpanan Penuh

Penyebab ponsel menjadi lemot yang pertama yakni ruang penyimpanan penuh. Memori internal yang penuh menjadi penyebab yang seringkali terjadi. Memori penuh tersebut kemungkinan karena banyaknya file-file foto, video, aplikasi, dan file-file lainnya. File tersebut akan menumpuk dan memenuhi memori internal.

Namun kini banyak perangkat Android yang memberikan opsi tanpa perlu instal aplikasi lainnya. Anda hanya perlu buka Pengaturan (settings) pilih opsi penyimpanan (storage). Anda bisa mulai menghapus file yang tidak penting untuk mengurangi ruang penyimpanan.

Baca JugaCara Membersihkan Memori Internal HP


2. Kualitas Memori Eksternal

Penyebab HP lemot selanjutnya dari kualitas memori eksternal. Tak hanya memori internal, memori eksternal juga bisa menjadi penyebabnya. Namun, penyebabnya bukan pada kapasitas memori, melainkan dari kualitas memori eksternal tersebut.

Kualitas memori eksternal yang rendah bisa menjadikan performa ponsel lebih lambat. Sebab, memori dengan kualitas rendah akan membuat RAM bekerja lebih keras saat membacanya. Kualitas memori eksternal yang semakin rendah, maka semakin lambat pula RAM dan sistem Android untuk membacanya.


3. Banyak Aplikasi yang Aktif

Apabila menggunakan banyak aplikasi dan tidak langsung menutupnya juga akan menyebabkan performanya lemot. Banyaknya aplikasi tersebut akan menyita kapasitas RAM. RAM yang penuh akan menjadikan performa berjalan lebih lambat. Oleh karena itu, Anda bisa menutup aplikasi yang tidak penting atau tidak digunakan.


4. Penggunaan Widget Berlebihan

Penggunaan widget dan animasi juga bisa menjadi penyebab performa lemot. Banyaknya aktivitas refresh, pemenuhan bandwidth, dan widget yang terus aktif. Hal ini juga dapat mempengaruhi kapasitas RAM dan membuatnya lebih lemot. Bahkan penggunaan widget dan wallpaper juga bisa menyebabkan baterai cepat habis. Sebaiknya membatasi jumlah widget dan wallpaper hidup untuk mengoptimalkan RAM.


5. Cache Menumpuk

Penyebab HP lemot selanjutnya yakni cache yang menumpuk. Cache merupakan data yang disimpan sementara di memori telepon saat Anda menggunakan aplikasi di ponsel. File cache biasanya memuat rekam jejak pemakaian aplikasi dalam ponsel. Bahkan setiap aplikasi memiliki file cache sendiri.

Cache yang menumpuk dan tidak dihapus secara rutin akan membuat HP lemot. Untuk mengatasinya bisa Anda lakukan dengan mudah. Anda bisa mencoba menghapus secara manual dengan membuka bagian pengaturan. Setelah itu, pilih menu ‘aplikasi’ dan pilih aplikasi yang ingin dihapus cachenya. Selanjutnya Anda bisa pilih ‘hapus cache’.


6. Software Tidak Terupdate

Penyebab HP lemot selanjutnya kemungkinan OS yang tidak update. Sistem operasi Android yang belum atau tidak diperbarui berkala menjadikan performa lemot. Ponsel Android semakin lama akan menjadi lambat. Sebab, terjadi pembaruan terus-menerus di berbagai aplikasi. Kemudian akan menjadikan masalah ketidakcocokan serta memperlambat kinerja perangkat tersebut.


7. Aplikasi Tidak Terupdate

Aplikasi yang tidak diupdate secara rutin juga bisa menyebabkan performa lemot. Hal ini karena seiring berjalannya waktu, aplikasi cenderung membutuhkan lebih banyak RAM dan CPU. Namun saat perangkat keras Anda tetap sama, maka kinerjanya terasa lebih lambat.

Baca JugaTips Menghemat Baterai HP Agar Tahan Lama


8. Kondisi Baterai

Sebenarnya usia baterai juga bisa mempengaruhi kinerja HP. Baterai mempunyai jangka hidup tertentu sehingga akan menurun seiring waktu berjalan. Kondisi dari baterai yang buruk bisa mengakibatkan ponsel jadi lemot. Sebab, saat baterai kerap kehilangan ketegangannya, HP jadi lebih sering panas dan berpengaruh buruk bagi kecepatan ponsel tersebut.


Berbagai penyebab HP lemot tersebut memang seringkali terjadi. Saat sudah mengetahui penyebabnya, Anda bisa mencoba untuk mengatasinya dan tidak perlu merasa panik.

0 Response to "Penyebab HP Lemot yang Sering Terjadi"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel