Penyebab dan Cara Mengatasi Gagal Update MIUI

Penyebab dan Cara Mengatasi Gagal Update MIUI

Penyebab dan Cara Mengatasi Gagal Update MIUI - MIUI merupakan sistem operasi yang ada pada ponsel Xiaomi. Secara berkala, sistem operasi ini melakukan pembaharuan dengan fitur-fitur baru sekaligus menghilangkan bug-bug yang ada.

Sebenarnya, update MIUI ini bersifat opsional. Akan tetapi demi memperlancar kinerja dan menghilangkan bug yang ada pada ponsel Xiaomi, maka update MIUI sebaiknya dilakukan saja.

Sudah melakukan update tapi ternyata gagal? Tidak perlu panik, karena kegagalan update MIUI Xiaomi bisa diatasi dengan sangat mudah. Silakan baca artikel ini sampai selesai.

 

Penyebab Gagal Update MIUI

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara mengatasi gagal update MIUI pada Xiaomi, sebaiknya Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Berikut ini beberapa hal yang membuat pembaharuan MIUI menjadi gagal :

 

1. Masalah Koneksi Internet

Untuk mengupdate MIUI, membutuhkan koneksi internet yang stabil. Jika jaringan lemot sedikit saja, hampir bisa dipastikan proses pembaharuan pasti akan menemui kegagalan.

Maka dari itu, Anda harus bisa memastikan koneksi Anda tidak mengalami gangguan saat update dilakukan.

 

2. Memori yang Terlalu Penuh

Setiap pembaharuan pasti memakan RAM atau memori internal. Jika memori pada ponsel Xiaomi Anda terlalu penuh, maka kemungkinan updatenya akan gagal.

 

3. Server MIUI Bermasalah

Penyebab lain kegagalan update MIUI adalah server MIUI yang sedang bermasalah. Biasanya, hal ini dikarenakan terlalu banyak yang mengupdate dalam satu hari.

Tapi server yang masalah ini, pasti tidak terjadi setiap hari. Jadi, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan soal hal ini.

 Baca JugaCara Menampilkan Layar HP Ke Laptop


Cara Mengatasi Gagal Update MIUI

Pembaharuan MIUI yang gagal biasanya akan muncul tulisan "tidak dapat verifikasi pembaharuan". Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi update MIUI stuck atau gagal dengan metode-metode berikut ini.

 

1. Gunakan Koneksi Internet yang Stabil

Pertama, sebelum update pastikan terlebih dahulu koneksi internet dalam keadaan stabil. Baik itu ketika Anda menggunakan jaringan paket data maupun jaringan WiFi.

Ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk membuat koneksi internet menjadi stabil, antara lain yaitu :

  • Coba pindah ke tempat yang lebih rendah, sebab masalah koneksi hanya disebabkan karena masalah tempat saja.
  • Jika sebelumnya Anda menggunakan jaringan data, coba ganti menggunakan jaringan WiFi begitu juga sebaliknya.
  • Jika menggunakan jaringan data, coba hidupkan mode pesawat selama beberapa saat lalu hidupkan kembali mode data seluler.
  • Hubungi pihak operator seluler agar masalah jaringan bisa segera diatasi.

 

2. Sediakan Slot Memori

Jangan sampai Anda tidak menyediakan slot atau ruang memori ketika update MIUI. Karena pembaharuan ini, biasanya berukuran 1-1,5 GB tergantung berapa versi MIUI-nya. Untuk mengosongkan memori, silakan lakukan beberapa hal berikut ini :

  • Hapus foto atau video yang tidak penting pada galeri ponsel Anda.
  • Hapus aplikasi yang tidak digunakan.
  • Membersihkan data dan cache aplikasi.

 Baca JugaPenyebab HP Lemot yang Sering Terjadi


3. Update Manual

Jika Xiaomi gagal update juga, maka cara mengatasi update MIUI harus secara manual. Sebelum itu, Anda harus backup data-data untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena update manual cukup beresiko, dan beberapa pengguna ada yang menemui masalah. Seperti inilah langkah-langkah update MIUI secara manual.

  • Silakan buka terlebih dahulu MIUI ROM DOWNLOAD - Xiaomi Community - Xiaomi
  • Masuk ke setelan lalu pilih tentang ponsel. 
  • Tap pembaharuan sistem.
  • Klik 3 titik yang berada di pojok kanan atas.
  • Pilih paket pembaruan dan pilih berkas.
  • Sekarang akan ada pilihan kartu SD dan penyimpanan internal. Pilih file ROM MIUI terbaru yang sudah di download tadi kemudian klik tombol oke.
  • Terakhir pilih hapus dan perbarui.

Demikian pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi gagal update MIUI. Semoga bermanfaat dan silakan dicoba.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url