-->

Penyebab dan Cara Mengatasi WiFi Tidak Tersambung

Konten [Tampil]
Penyebab dan Cara Mengatasi WiFi Tidak Tersambung

Penyebab dan Cara Mengatasi WiFi Tidak Tersambung - Saat berselancar di dunia maya, tiba-tiba saja koneksi WiFi tidak tersambung? Tentu saja hal tersebut sangat bikin kesal bukan? Terlebih lagi hal tersebut terjadi di saat-saat penting seperti meeting dengan klien atau mengirim dokumen kepada bos.

Kadang-kadang juga pada WiFi keterangannya tertulis tersambung, tapi pada faktanya tidak tersambung internet. Jika hal tersebut terjadi, jangan buru-buru telepon indihome dulu ya sebab Anda harus coba mengatasinya sendiri.

 

Penyebab WiFi Tidak Connect

Ada banyak hal yang membuat koneksi WiFi tiba-tiba mengalami gangguan atau tidak bisa tersambung. Biasanya disebabkan karena beberapa hal berikut ini :

 

1. Masalah Pada Router

Sumber masalah utama WiFi yang tidak bisa connect adalah dari router. Jika router bermasalah, biasanya akan berpengaruh ke koneksi WiFi itu sendiri.

 Baca JugaCara Cek Nomor Telkomsel Tanpa Ribet


2. Masalah Pada Perangkat

Jika ternyata router WiFi tidak bermasalah, berarti penyebabnya bisa dari perangkat yang Anda pakai. Misalnya, saat ini Anda sedang memakai laptop maka WiFi yang ada di laptop sedang bermasalah.

Atau bisa disebabkan karena kesalahan pengaturan pada perangkat Anda.

 

Cara Mengatasi WiFi Tidak Tersambung

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki masalah koneksi WiFi yang tidak bisa tersambung. Apa sajakah itu?

 

1. Aktifkan Airplane Mode

Khusus bagi Anda pengguna smartphone yang kebetulan koneksi WiFinya terganggu, untuk mengatasinya Anda bisa mengaktifkan airplane mode atau mode pesawat terlebih dahulu selama beberapa saat. Atau bisa juga dengan mematikan sementara WiFi-nya lalu setelah beberapa menit coba hidupkan kembali.

Jika masih tidak bisa, coba lakukan reboot lalu cek kembali bagaimana koneksinya.

 

2. Aktifkan Keep WiFi

Cara mengatasi WiFi tidak tersambung selanjutnya adalah mengaktifkan mode keep WiFi. Mode ini pasti ada di pengaturan smartphone Anda.

Bagi Anda yang belum tau, mode keep Wifi ini berfungsi untuk memutuskan jaringan Wifi saat HP mengalami lowbat. Kalau di HP Xiaomi Redmi 4X, seperti ini cara mengaktifkannya :

  1. Buka aplikasi setelan terlebih dahulu.
  2. Pilih WiFi
  3. Selanjutnya pilih setelan lanjutan.
  4. Pada bagian Wifi aktif saat tidur, silakan pilih selalu.
  5. Untuk smartphone lain, caranya kurang lebih sama. Anda tinggal menyesuaikannya saja.

 

3. Restart Router

Sesuai apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu penyebab dari masalah koneksi WiFi adalah masalah pada router. Untuk mengatasinya, salah satu yang bisa Anda lakukan adalah restart router.

Jadi selain restart WiFi pada perangkat, Anda juga harus mencoba restart pada routernya. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, tekan tombol power untuk mematikan router.
  2. Langkah selanjutnya adalah tunggu selama 30-40 detik.
  3. Tekan kembali tombol power tersebut untuk menyalakan router.
  4. Setelah lampu indikator menyala, tunggu beberapa saat sampai ampu DSL (digital subscriber line) berkedip dengan stabil 

  Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Gagal Update MIUI


4. Update Driver Adaptor WiFi

Saat menggunakan smartphone bisa terhubung dengan WiFi, tapi saat menggunakan laptop atau PC tidak bisa. Mengapa bisa begitu?

Hal tersebut bisa saja terjadi dan salah satu penyebabnya adalah driver adaptor WiFi yang sudah usang. Tentu satu-satunya solusi atas permasalahan ini yaitu dengan memperbarui driver adaptor WiFi pada laptop/PC Anda.

Langsung saja berikut ini cara memperbaharuinya khusus pengguna Windows 10 :

  1. Masukkan kata kunci "Device Manager" pada kolom pencarian.
  2. Pilih opsi "Network Adapter".
  3. Klik kanan lalu pilih "update driver"
  4. Selanjutnya tinggal tunggu sampai prosesnya selesai.

Nah itulah dia beberapa cara mengatasi WiFi tidak tersambung. Kalau mentok sudah tidak bisa, dengan terpaksa Anda harus menghubungi operator untuk mendapatkan bantuan.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi WiFi Tidak Tersambung"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel