-->

Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Screenshot dengan Mudah

Konten [Tampil]
Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Screenshot dengan Mudah

Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Screenshot - Screenshot atau tangkapan layar merupakan salah satu fitur yang pasti ada di sebuah android. Biasanya screenshot dilakukan dengan  cara menekan tombol volume up + volume down, power + volume, menggunakan tombol khusus (masing-masing tipe android berbeda-beda).

Misalnya pada HP Xiaomi Redmi 4X, cara screenshotnya adalah dengan menekan tombol volume down + power secara bersamaan. Selain itu, Anda bisa mengklik icon screenshot yang ada di bar notifikasi.

Akan tetapi, terkadang screenshot mengalami kegagalan. Jika sudah gagal, pasti hasil screenshot tersebut tidak akan masuk ke galeri.

 

Apa Penyebab Android Tidak Bisa Screenshot?

Bila Anda melakukan screenshot tapi ternyata gagal, tentu saja ada penyebabnya. Adapun beberapa hal yang membuat screenshot di HP android menjadi gagal yakni sebagai berikut :

 

1. Memori Penuh

Memori yang terlalu penuh bisa membuat sistem tidak bisa bekerja dengan baik untuk melakukan screenshot. Ibaratnya, orang membawa gelas berisi kopi yang terlalu penuh pasti kopinya tumpah-tumpah.

Begitupun perihal screenshot ini. Jika memori terlalu penuh, biasanya terasa efek lemot dan aplikasi berhenti secara otomatis.

Baca JugaPenyebab dan Cara Mengatasi WiFi Tidak Tersambung


2. Sistem Crash

Penyebab HP android yang tidak bisa screenshot selanjutnya adalah sistem yang sedang crash. Bug ini membuat sistem, program, maupun aplikasi yang dijalankan tidak bisa berjalan secara maksimal.

Jadi sistem crash ini membuat fitur screenshot pada smartphone menjadi gagal berfungsi dengan baik.

 

3. Kesalahan Pengaturan

Error screenshot bisa saja terjadi apabila ada kesalahan settingan atau pengaturan pada ponsel tersebut. Contoh yang paling mudah ada ketika Anda lupa mengaktifkan fitur screenshot

 

4. Tombol yang Rusak

Selain karena masalah sistem atau software, masalah gagalnya screenshot ini bisa disebabkan karena masalah eksternal. Misalnya, tombol volume atau power yang sudah tidak bisa diklik.

 

Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Screenshot

Jangan panik jika ponsel android Anda tiba-tiba tidak bisa melakukan screenshot. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasinya.

 

1. Melegakan Memori

Seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab Screenshot error atau gagal screenshot adalah karena memori yang sudah terlalu penuh. Sebagai solusinya, Anda perlu melegakan memorinya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melegakan memori antara lain yaitu :

  1. Menghapus aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan.
  2. Menghapus cache aplikasi.
  3. Menghapus data aplikasi.
  4. Menghapus foto, video, atau dokumen yang sudah tidak digunakan lagi.
  5. Reset data.
  6. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

 Baca JugaCara Cek Nomor Telkomsel Tanpa Ribet


2. Aktifkan Fitur Screenshot

Beberapa tipe android memang ada yang mengharuskan untuk mengaktifkan terlebih dahulu fitur screenshot atau tangkapan layar supaya screenshot bisa dilakukan. Dan fitur ini harus ada di setiap ponsel.

Seperti ini cara mengaktifkan fitur screenshot supaya bisa digunakan normal kembali seperti sedia kala :

  1. Buka aplikasi pengaturan.
  2. Pilih aksesibilitas.
  3. Centang pada bagian Tangkapan Layar

 

3. Membuat Folder Screenshot

Cara mengatasi android tidak bisa screenshot selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat folder screenshot. Hal ini dikarenakan seharusnya muncul di folder screenshot pada aplikasi file manager.

Anda perlu membuatnya jika memang folder tersebut tidak ada di perangkat. Seperti ini cara membuat folder di android.

  1. Pertama buka folder memori terlebih dahulu.
  2. Buat folder picture
  3. Buka folder Picture tersebut lalu buat lagi folder bernama picture.

 

Nah itulah dia beberapa cara mengatasi android tidak bisa screenshot. Jika sebabnya karena tombol yang rusak, tidak ada cara lain selain membawanya ke tempat service yang resmi dan bergaransi untuk dilakukan perbaikan.

0 Response to "Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Screenshot dengan Mudah"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel