-->

Perbedaan TikTok Dan TikTok Lite Yang Wajib Diketahui Sebelum Membuat Konten

Konten [Tampil]
Perbedaan TikTok Dan TikTok Lite Yang Wajib Diketahui Sebelum Membuat Konten

Perbedaan TikTok Dan TikTok Lite - Dalam dunia modern, keberadaan aplikasi TikTok sudah menjadi bagian dari kehidupan bagi sebagian pengguna smartphone. Banyak anak muda generasi baru yang sedang berlomba-lomba untuk membuat konten TikTok. Bagi pemilik smartphone lama, kini TikTok memiliki versi Lite yang ringan untuk digunakan. Namun, perbedaan TikTok dan TikTok Lite cukup signifikan.


Perbedaan TikTok Dan TikTok Lite

Berbeda dengan versi original, Lite dikembangkan untuk pengguna smartphone yang memiliki spesifikasi rendah. Hal ini bertujuan agar TikTok lebih terjangkau dan dapat diakses banyak di berbagai pelosok dunia. Namun bagi yang memilih untuk mengunduh TikTok Lite, ada kelebihan dan kekurangan yang perlu disimak dibawah ini:


1. Ukuran Instalasi dan Aplikasi

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite yang paling signifikan adalah ukuran file. Sebagai versi mini, Lite memiliki ukuran instalasi yang lebih kecil dibandingkan dengan versi original. Dikutip dari Play Store, aplikasi TikTok Lite membutuhkan 9,1 MB untuk mendownload, sedangkan versi original membutuhkan 60 MB.

Berbeda dengan ukuran instalasi, perbedaan ukuran aplikasi pada kedua versi juga sangat besar. Setelah melakukan instalasi, ukuran aplikasi TikTok Lite adalah 182 MB, sedangkan versi original memakan kapasitas sekitar 300 MB. Dengan ukuran yang lebih kecil, TikTok Lite tentu lebih bersahabat bagi yang tidak memiliki kapasitas besar.

Baca JugaCara Mengatasi Android Tidak Bisa Screenshot dengan Mudah


2. Tampilan Interface

Selain ukuran, ada sedikit perbedaan tampilan user interface pada TikTok original dan Lite. Pada TikTok Lite, warna halaman utama atau For You Page berwarna putih. Hal ini berbeda dengan TikTok original yang memiliki halaman utama berwarna hitam. Bagi yang menyukai tampilan Dark Mode, tentu akan keberatan dengan hal ini.

Perbedaan kedua versi selain tampilan interface adalah ikon aplikasi. Pada versi Lite, terdapat logo petir kecil di bagian sudut atas kiri ikon. TikTok original tidak memiliki logo petir di bagian sudut ikon. Logo melodi yang merupakan logo andalan TikTok juga lebih kecil dibandingkan dengan versi Lite.


3. Fitur-Fitur Dalam Aplikasi

Sebagai aplikasi versi ringan, sayangnya TikTok Lite kehilangan beberapa fitur yang ada pada versi original. TikTok Lite tidak memiliki fitur seperti Block List, Digital Wellbeing, Live Photo, Wallet, Duet dan juga React. Bagi yang menggemari fitur-fitur tersebut harus menggunakan TikTok original.

Tidak hanya itu, TikTok Lite juga memiliki fitur privasi yang lebih sedikit. Berbeda dengan versi Lite, TikTok original memiliki banyak pilihan yang dapat digunakan. Contohnya, memblokir orang lain, membatasi interaksi dengan user TikTok lain, private mode, dan pengaturan notifikasi yang bisa diatur.


4. Durasi Video Untuk Membuat Konten

Sebagai pembuat konten TikTok, video yang berdurasi lebih panjang akan semakin menarik untuk dilihat. Namun, bagi pengguna Tik Tok versi Lite, durasi video pendek yang dibuat tidak lebih dari 15 detik. Tentu saja hanya dengan 15 detik, akan susah untuk membuat konten yang diinginkan.

Pada TikTok original, batas waktu terlama yang ditentukan dalam pembuatan konten video adalah 3 menit. Meskipun 3 menit terdengar bagus, nyatanya banyak sekali konten yang menarik dari TikTok yang kurang dari 3 menit. Bahkan, rata-rata video pendek yang diupload di TikTok kurang dari 1 menit.

Baca JugaPenyebab dan Cara Mengatasi WiFi Tidak Tersambung


5. Pemakaian Kuota

Merupakan klaim dari developer TikTok, perbedaan TikTok dan TikTok Lite ada pada kuota yang digunakan. Versi Lite memiliki fitur penghemat data internet yang digunakan dalam menonton video-video dari TikTok Lite.

Namun, perlu diingat jika kualitas video akan menurun jika menggunakan fitur hemat data dalam TikTok Lite. Berita bagusnya, dengan menurunkan kualitas video otomatis dapat mengurangi buffering ketika sinyal internet mengalami gangguan.

Demikian perbedaan TikTok dan TikTok Lite yang perlu diketahui sebelum membuat konten video. Karena tujuan TikTok Lite adalah untuk smartphone berspesifikasi rendah, wajar saja jika ada batasan-batasan tertentu yang dibuat dalam versi Lite. Setidaknya, pembaca sudah paham perbedaan yang disampaikan sebelum memilih versi yang mana untuk diunduh.

0 Response to "Perbedaan TikTok Dan TikTok Lite Yang Wajib Diketahui Sebelum Membuat Konten"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel