Perbedaan Website dan Landing Page dari Berbagai Aspek

Konten [Tampil]
Perbedaan Website dan Landing Page dari Berbagai Aspek

Perbedaan Website dan Landing Page - Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui dengan baik perbedaan website dan landing page. Meskipun keduanya berjalan secara online dan terkadang menampilkan desain yang sama, namun website maupun landing page merupakan jenis media yang berbeda.


Perbedaan Website dan Landing Page dari Berbagai Aspek

Kehadiran landing page sebagai salah satu platform dengan tujuan yang lebih spesifik memang terkadang membuat beberapa salah paham. Kebanyakan orang masih menggap jika landing page sama dengan website. Berikut adalah perbedaan website dan landing page dari beberapa aspek.


1. Berdasarkan Tujuan

Aspek pertama yang membedakan website dan landing page adalah tujuan pembuatannya. Umumnya website orang buat untuk mengenalkan sebuah perusahaan atau lembaga dengan memberikan gambaran secara besar kepada banyak orang, baik itu calon pembeli maupun leadnya.

Halaman website lebih terkesan pemberian informasi terhadap sebuah produk mulai dari info sampai dengan kontak usaha. Semenatara landing page bagian dari website yang hanya berupa sebuah halaman. Tujuannya untuk mendorong pengunjung agar membeli produk dari website tersebut.


2. Berdasarkan Audiens

Selanjutnya perbedaan bisa Anda lihat dari sisi audiannya. Website seseorang buat untuk para audiens yang ingin melihat lihat informasi saja. Misalnya pengunjung ingin mencari tahu tentang sebuah perusahaan dan bagaimana produk serta jasa dan layanan dari perusahaan tersebut berjalan.

Semenatara, landing page memilik audiens khusus dengan tujuan tertentu. Landing page hadir untuk membuat pengunjung membeli atau mengikuti sebuah website tersebut. Kebanyakan pengunjung yang datang ke halaman landing page karena mengklik sebuah iklan dan sejenisnya.


3. Berdasarkan Isi Konten

Karena landing page dan juga website berbeda dari sisi tujuan, tentu saja konten dan isinya juga sangat berbeda. Website hadir untuk menjadi halaman web utama dari perusahaan dalam menampilkan berbagai jenis konten sekaligus. Pengunjung bisa memilih sendiri konten apa yang hendak dia lihat.

Sementara, landing page hanya berisikan satu konten secara spesifik. Umumnya halaman ini isinya berupa penawaran jasa atau produk dengan informasi yang lengkap. Tidak hanya itu, halaman ini juga dilengkapi dengan tombol CTA atau call to action sehingga pengunjung tertarik membelinya.


4. Berdasarkan Desain

Desain keduannya juga sangat berbeda khususnya dari tata letak, warna, dan penggunaan fitur pada sebuah platform online. Website menghadir banyak sekali konten dan telah merangkum seluruh informasi mengenai website tersebut, desainnya terhitung sangat komplek.

Terdapat banyak sekali tombol navigasi dan juga menu seperti layanan atau about us. Semenatara landing page hanya menampilkan sebuah konten beriskan penjelasan produk secara singkat, kemudian ada forumuler serta tombol CTA agar pengunjung langsung mendaftar dan membeli.

Baca JugaPengertian Website Company Profile : Manfaat dan Tips Membuatnya


Manfaat Website

Untuk bisa memenuhi keduanya tentu Anda harus mengetahui manfaat keduannya terlebih dahulu. Kedua bentuk platform online ini punya keuntungan yang sangat berbeda. Berikut adalah manfaat dari sebuah website


1. Memperkenalkan Bisnis secara Online

Website memang hadir sebagai media promosi berbasiskan online untuk memberikan pengenalan kepada masyarakat luas lewat jalur digital. Website umumnya pengujung gunakan sebagai mencari informasi terkait informasi perusahaan, produk yang tersedia, kontak, alamat kantor dan lainnya.

Website cenderung menampilkan informasi yang lebih dari sekedar layanan produk. Pengunjung ketika mengakses website akan lebih mengenal tentang perusahaan tersebut. Pengunjung juga akan bisa berinteraksi dengan pemilik usaha lewat web ini.


2. Media Branding Produk atau Jasa

Branding merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting dan harus ada di setiap kegiatan penjualan. Website sebagai salah satu media modern mampu meningkatkan branding jasa dan produk secara baik.

Ketika branding Anda bangun secara kuat tentu akan banyak sekali pelanggan yang percaya dengan jasa atau produk tersebut. Kehadiran website dapat mewujudkan kekuatan branding produk menjadi lebih kuat dan mudah orang kenal.


3. Membanugn Hubungan Baik dengan Pelanggan

Website juga sering pelaku usaha gunakan untuk membuat pelanggan lebih nyaman dan memudahkannya dalam mengakses kebutuhan dari sebuah produk. Biasanya website menghadirkan informasi layanan online seperti no wa dan sosial media.

Kehadiran fitur dari website ini akan membuat pelanggan lebih mudah dalam menghubungi pemilik usaha. Selain itu website sangat baik memberikan image baik kepada sebuah perusahaan, karena kebanyakan pelanggan lebih percaya terhadap jasa yang punya sebuah web.


Manfaat Landing Page

Di awal kemunculan landing page, banyak orang mulai kebingungan dengan kehadirannya. Sesuai dengannya media ini hanya memiliki satu halaman saja dan merupakan dari bagian website itu sendiri. Untuk mengenalnya lebih dekat dan tahu perbedaannya dari website berikut manfaat landing page :


1. Mengedukasi Pengunjung

Landing page akan memberikan sebuah edukasi kepada para pengunjung secara khusus mengenai sebuah brand produk. Halaman ini akan membuat para pengunjung langsung mengenal mengenai sebuah produk atau jasa tersebut.

Tidak hanya itu biasanya landing page juga langsung menampilkan informasi layanan, kegiatan terbaru, promo, dan hal lainya yang terkait dengan produk atau jasa dari website. Ketika pengunjung melihat informasi ini akan langsung tertarik dan membeli produk tersebut.


2. Membuat Pengunjung Langsung Melakukan Tindakan

Biasanya landing page orang desain dengan isi konten yang lebih spesifik untuk mengajak dan membuat pengunjung melakukan tindakan. Aksi yang landing page tawarkan adalah membuat pengunjung langsung membeli sebuah produk tersebut.

Salah satu satu usaha yang landing page lakukan adalah dengan berbagai tawaran produk diskon, voucher dan sejenisnya. Biasanya terdapat juga tombol call of action yang dapat pengunjung klik sehingga langsung beralih ke halaman pembelian barang atau jasa.


3. Mengoptimalisasi Promosi Website

Landing page sendiri merupakan bagian dari website yang memiliki tugasnya sendiri. Kehadiran landing page punya tugas khusus untuk membuat calon pelanggan dari sebuah produk atau jasa tertarik membelinya. Tidak heran desainnya orang buat secara khusus.

Kehadiran landing page pada website juga menjadi salah satu usaha untuk mengoptimalkan kiner website itu sendiri. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan pengunjung untuk langsung membeli produk atau jasa tersebut.

Baca JugaRekomendasi Layanan Pembuatan Landing Page


4. Mengubah Pengunjung Leads jadi Pelanggan

Terdapat cukup banyak orang yang tertarik dengan produk Anda namun tidak membelinya. Bisanya hanya melihat lihat saja tanpa melakukan apapun. Hal ini dalam industri bisnis sering orang sebut sebagai pengunjung website leads karena tidak memberikan aksi sama sekali.

Semenatara sebuah produk tentunya memerlukan pembeli, landing page hadir untuk mengubah semua pengunjung yang mendatangi website Anda jadi tertarik membeli produk atau jasa tersebut. Perannya memang sangat penting dan krusial dalam meningkatkan penjualan sebuah produk atau barang.

Demikian informasi mengenai perbedaan website dan landing page dari beberapa aspek. Keduannya memang tampak seperti sama akan tetapi sangat berbeda. Setelah Anda mengetahui perbedaannya mungkin sekarang sudah lebih bisa memanfaatkan dan mengoptimalisasi kedua platform promosi ini.

0 Response to "Perbedaan Website dan Landing Page dari Berbagai Aspek"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel