Pengertian Pengujian Performa Perangkat Lunak : Jenis, Manfaat, dan Langkahnya

Pengertian Pengujian Performa Perangkat Lunak : Jenis, Manfaat, dan Langkahnya

Pengertian Pengujian Performa Perangkat Lunak : Jenis, Manfaat, dan Langkahnya - Banyak sekali jenis pengujian perangkat lunak, salah satunya yaitu menguji bagian performa. Sederhananya tujuan dari penerapan pengujian performa perangkat lunak yaitu untuk melakukan evaluasi terhadap kecepatan transfer data, output aplikasi dan lainnya. Selain itu masih banyak manfaat lainnya.

Pengertian Pengujian Performa Perangkat Lunak

Sebelum membahas mengenai apa saja jenis-jenis dan juga manfaat dari pengujian performa perangkat lunak, alangkah baiknya jika terlebih dahulu mengenal pengertiannya. Sederhananya pengujian performa apakah merupakan sebuah teknik menentukan kecepatan dan stabilitas aplikasi.

Selain itu, pengujian performa juga bisa diartikan sebagai uji coba yang diterapkan untuk menentukan bagaimana daya tanggap aplikasi terhadap beban kerja yang ada. Nantinya dari pengujian ini akan menghasilkan seberapa berkualitas sebuah perangkat lunak.

Sedangkan tujuan dari penerapan performance testing yaitu sebagai upaya untuk mengevaluasi penggunaan bandwidth jaringan, kecepatan pemrosesan, output aplikasi hingga kecepatan transfer data. Bahkan, waktu respon pemerintah terhadap aplikasi juga akan dihasilkan dari pengujian ini.

Jenis Pengujian Performa Perangkat Lunak

Membahas mengenai pengujian performa perangkat lunak tentunya tidak terlepas dari apa saja jenisnya. Pada umumnya terdapat 6 jenis dari pengujian ini meliputi pengujian beban, tes stres, pengujian lonjakan, pengujian daya tahan, pengujian skalabilitas dan pengujian volume.

  • Pengujian beban dilakukan dengan tujuan untuk mengukur seberapa kinerja sistem saat mendapatkan beban kerja yang mengalami peningkatan. Adapun beban kerja yang dimaksud tersebut bisa berasal dari transaksi bersama atau pengguna.
  • Tes stres merupakan jenis pengujian performa yang lebih menekankan pada pengukuran kinerja sistem yang terdapat di luar parameter kondisi normal. Adapun tujuan dari pengujian ini agar stabilitas perangkat lunak dapat terukur.
  • Pengujian lonjakan merupakan jenis uji dengan cara melakukan evaluasi kinerja yang berlangsung selama beban kerja mengalami peningkatan dengan cepat. Biasanya untuk waktu yang singkat berlaku pada beban kerja di luar ekspektasi norma.
  • Pengujian daya tahan merupakan jenis uji yang berupa evaluasi mengenai kinerja perangkat lunak terhadap beban kerja normal dan berlaku pada jangka waktu lama. Adapun tujuannya yaitu agar masalah pada sistem dapat diperiksa.
  • Pengujian skalabilitas diperlukan agar mengetahui perangkat lunak bisa kemenangannya beban kerja yang mengalami peningkatan atau tidak. Pada pengujian ini akan ditentukan apakah akan ada penambahan beban pengguna.
  • Pengujian volume bertujuan untuk menentukan sejauh mana perangkat lunak mempunyai efisien kinerja dalam jumlah besar. Biasanya pengujian volume juga dikenal dengan pengujian banjir.

Manfaat Pengujian Performa Perangkat Lunak

Penerapan pengujian performa perangkat lunak tentunya mempunyai banyak sekali manfaat yang sangat berguna untuk pengembangan sebuah aplikasi. Selengkapnya mengenai manfaat dari jenis pengujian ini, berikut penjelasan lengkapnya.

  • Alasan utama kenapa pengujian performa diterapkan karena untuk mengetahui sebuah aplikasi dapat memenuhi persyaratan kinerja atau tidak. Terutama sebuah sistem yang harus menangani pengguna dalam jumlah besar secara bersamaan.
  • Pengujian bertujuan agar kemacetan komputasi dalam perangkat lunak dapat ditemukan.
  • Menentukan kebenaran mengenai tingkat kinerja yang diklaim vendor.
  • Memudahkan melakukan perbandingan antara dua sistem atau lebih. Selain itu memudahkan untuk melakukan identifikasi terhadap salah satu sistem yang mempunyai kinerja terbaik.
  • Memudahkan dalam mengukur stabilitas perangkat lunak yang berada di bawah peristiwa lalu lintas puncak.

Langkah-langkah Pengujian Performa Perangkat Lunak

Setiap pengujian pada perangkat lunak pastinya mempunyai langkah-langkah tersendiri, tak terkecuali pengujian performa perangkat lunak. Adapun lebih jelasnya lagi mengenai langkah-langkah dalam pengujian perangkat lunak, berikut penjelasannya.

  • Melakukan identifikasi lingkungan dan alat uji yang digunakan.
  • Menentukan bagaimana kriteria kinerja yang sesuai dan dapat diterima.
  • Menentukan rencana yang sesuai dan tes desain.
  • Menyiapkan lingkungan serta alat uji yang dibutuhkan dalam pengujian.
  • Menjalankan tes kinerja tetap dengan melakukan pencatatan dan memantau hasil.
  • Melakukan tes ulang jika diperlukan.
Kurang lebih itulah penjelasan mengenai pengujian performa perangkat lunak. Dari penjelasan ini biasa menambah pengetahuan mengenai manfaat, jenis-jenis hingga langkah-langkah dalam pengujian performa.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url