Mengenal Pentingnya Pengujian Keamanan Perangkat Lunak

Mengenal Pentingnya Pengujian Keamanan Perangkat Lunak 

Mengenal Pentingnya Pengujian Keamanan Perangkat Lunak - Salah satu upaya perusahaan dalam menunjang proses operasional bisnis yaitu dengan mengembangkan sebuah perangkat lunak. Tentunya dalam pengembangan perangkat lunak atau aplikasi membutuhkan keamanan. Maka dari itu pengujian keamanan perangkat lunak dianggap penting.

Mengenal Pengujian Keamanan Perangkat Lunak

Pengujian keamanan perangkat lunak atau biasa dikenal dengan sebutan merupakan pengujian yang cukup penting untuk mengidentifikasi adanya kerentanan data. Jadi, adanya pengujian ini penting agar sumber daya sistem yang ada di dalam aplikasi dapat terlindungi dari penyusup.

Selain itu, penerapan pengujian ini juga bertujuan agar dapat menemukan kelemahan atau celah terkecil pada sistem. Jadi security testing dapat mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan informasi penting.

Sedangkan pelaksanaan dari security testing itu sendiri terjadi pada saat melakukan perubahan sistem. Meskipun pada umumnya setiap perusahaan sudah menjamin keamanan di setiap perangkat lunak, tapi tetap saja pengujian keamanan ini perlu dilakukan secara berkala.

Baca JugaPengertian Pengujian Performa Perangkat Lunak : Jenis, Manfaat, dan Langkahnya

Jenis-jenis Pengujian Keamanan Perangkat Lunak

Pengujian keamanan perangkat lunak dibagi menjadi beberapa jenis yaitu vulnerability scanning, security scanning, penetration testing, risk assessment, security auditing dan ethical hacking. Selengkapnya penjelasan mengenai beberapa jenis pengujian tersebut, berikut penjelasannya.

  • Vulnerability scanning merupakan jenis pengujian keamanan yang dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pemindahan aplikasi melalui software otomatis. Nantinya software yang digunakan tersebut akan secara otomatis mencari kerentanan pada keamanan software.
  • Security scanning merupakan jenis pengujian dengan cara melakukan pemindaian agar kerentanan pada sebuah file aplikasi dapat ditemukan. Adapun penerapan dari pengujian ini bisa memberikan insight secara mendalam.
  • Penetration testing merupakan jenis pengujian yang dilakukan oleh pendeta star profesional secara manual. Adapun penerapan dari pengujian ini yaitu melakukan simulasi serangan cyber pada sistem yang nantinya akan diuji.
  • Risk assessment merupakan jenis pengujian dengan cara melakukan identifikasi dan analisis terhadap resiko keamanan pada software maupun aplikasi. Penerapan risk assessment juga berguna untuk memastikan kontrol keamanan sesuai dengan resiko.
  • Security auditing merupakan pengujian keamanan perangkat lunak dengan menerapkan metode terstruktur dalam mengevaluasi langkah-langkah keamanan. Dengan kata lain penerapan pengujian ini yaitu melakukan audit terstruktur dan rutin.
  • Ethical hacking mempunyai hubungan yang cukup erat dengan penetration testing. Namun, jenis pengujian ini jauh lebih luas cakupannya, karena adalah penerapan menggunakan semua teknik peretasan.
  • Posture assessment jenis pengujian keamanan perangkat lunak yang merupakan gabungan antara risk assessment, ethical hacking dan security scanning.

Manfaat Pengujian Keamanan Perangkat Lunak

Tak heran jika setiap perusahaan dalam mengembangkan aplikasi atau perangkat lunak pasti akan menerapkan pengujian keamanan perangkat lunak, karena memang mempunyai banyak sekali manfaat. Selengkapnya berikut ini beberapa manfaatnya.

  • Memastikan keamanan basis data dan infrastruktur jaringan.
  • Dapat meminimalisir terjadinya peretasan pada klien.
  • Menjamin keamanan yang cukup tinggi pada server
  • Menjamin perlindungan sistem menjadi lebih sempurna.

Pendekatan Pengujian Keamanan Perangkat Lunak

Ada tiga pendekatan dalam pengujian keamanan perangkat lunak yaitu tiger box, black box dan grey box. Ketiganya mempunyai langkah-langkah maupun prosedur berbeda dalam pelaksanaannya. Selengkapnya mengenai pelaksanaannya, berikut penjelasannya.

  • Tiger box merupakan pendekatan pengujian keamanan yang mempunyai tujuan untuk mengevaluasi kerentanan terhadap serangan cyber. Sedangkan untuk penerapan dari pendekatan ini yaitu memanfaatkan OS maupun laptop yang sudah terpasang alat hacking.
  • Black Box merupakan pendekatan pengujian keamanan dengan melakukan pengujian pada struktur dan desain internal item. Biasanya pendekatan ini biasa dikenal dengan closed box testing.
  • Grey box merupakan pendekatan pengujian pada perangkat lunak dengan memanfaatkan informasi fungsionalitas internal terbatas.

Sekian penjelasan mengenai pentingnya pengujian keamanan perangkat lunak yang penting untuk anda ketahui.  Pengujian keamanan untuk perangkat lunak juga hadir dalam beberapa jenis yang mempunyai tujuan tersendiri.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url