Mengenal Alat Pengujian Perangkat Lunak Terbaik

Mengenal Alat Pengujian Perangkat Lunak Terbaik

Pelaksanaan pengujian perangkat lunak di era teknologi canggih seperti saat ini mempunyai peranan penting. Terlebih lagi saat ini tersedia alat pengujian perangkat lunak terbaik yang cukup bermanfaat. Adanya alat ini memudahkan untuk menghindari kesalahan pada perangkat lunak.

Mengenal Alat Pengujian Perangkat Lunak

Alat pengujian atau biasa dikenal dengan testing tools merupakan sebuah perangkat yang berguna untuk menguji sebuah aplikasi atau perangkat lunak sebelum sampai ke pengguna. Adapun penggunaan alat ini bertujuan agar dapat mengetahui adanya kesalahan pada software.

Saat ini alat pengujian software sudah cukup lengkap dengan banyak fitur yang memudahkan penggunaan. Adapun salah satu fitur yang tersedia yaitu memudahkan mengirimkan aplikasi kepada pengguna.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan alat pengujian, salah satunya aplikasi atau perangkat lunak lebih berkualitas dan tentunya terjamin keamanan. Tentunya keuntungan tersebut bisa didapatkan jika menggunakan alat pengujian dengan tepat.

Baca JugaMengenal Pentingnya Pengujian Keamanan Perangkat Lunak

Alat Terbaik untuk Pengujian Perangkat Lunak

Mencari alat pengujian perangkat lunak di era teknologi canggih seperti saat ini tidaklah sulit. Pasalnya banyak rekomendasi terus atau alat yang bisa digunakan dan membantu untuk melakukan pengujian perangkat lunak. Sebagaimana berikut ini beberapa alat pengujian tersebut.

1. Postman

Rekomendasi pertama alat pengujian perangkat lunak yang bisa anda gunakan yaitu Postman. Perlu diketahui jika Postman termasuk aplikasi untuk browser chrome yang mempunyai fungsi sebagai Rest Client.

Sederhananya alat ini berfungsi untuk memudahkan pelaksanaan uji coba Rest API yang sudah dibuat. penggunaan alat pengujian ini juga terbilang mudah, tapi masalah hasil cukup maksimal untuk memastikan kualitas dari perangkat lunak.

2. Ranorex

Ranorex merupakan alat pengujian perangkat lunak yang hadir dalam dua versi yaitu lama dan terbaru. Keduanya mempunyai fungsi yang cukup maksimal untuk melakukan tes otomatisasi perangkat lunak.

Adapun keuntungan menggunakan alat pengujian ini yaitu bisa mendapatkan laporan yang lebih rinci dalam bentuk screenshot. Terlebih lagi kegunaan alat bisa menghubungkan antara smartphone ke internet. Keuntungan lain dari alat ini yaitu penggunaan yang terbilang mudah.

3. Tricentis Tosca

Alat pengujian perangkat lunak yang selanjutnya yaitu Tricentis Tosca. Adapun keunggulan dari alat ini dapat mengotomatisasi pengujian secara ujung ke ujung pada perangkat lunak. Sesuai dengan namanya alat ini dikembangkan oleh Tricentis.

Alat pengujian ini menggunakan beberapa aspek sekaligus dalam melakukan pengujian perangkat lunak. Misalnya saja seperti desain, desain khusus uji, analitik, otomatisasi uji dan generasi data uji. Beberapa aspek tersebut digunakan untuk menguji API dan GUI.

Baca JugaPengertian Pengujian Performa Perangkat Lunak : Jenis, Manfaat, dan Langkahnya

Manfaat Penggunaan Alat Pengujian Perangkat Lunak

Kehadiran alat pengujian perangkat lunak tentunya tidak terlepas dari apa saja manfaatnya. Sederhananya manfaat dari penggunaan alat pengujian untuk perangkat lunak yaitu dapat memudahkan membandingkan antara hasil sebenarnya dan sesuai harapan.

Dengan kata lain penerapan alat ini memudahkan mengetahui sebuah web atau aplikasi sudah berjalan sesuai dengan harapan atau tidak. Inilah kenapa keberadaan alat pengujian perangkat lunak selalu menjadi pilihan utama.

Terlebih lagi penggunaan alat pengujian bisa secara berulang, sehingga memungkinkan hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Hasil inilah yang nantinya bisa menunjukkan bug untuk dilaporkan kepada tim development.

Demikian penjelasan singkat mengenai penggunaan alat pengujian perangkat lunak terbaik yang cukup menguntungkan dan mempunyai banyak manfaat. Dari penjelasan ini juga bisa diambil kesimpulan jika alat pengujian perangkat cukup banyak tersedia, sehingga bisa memilih sesuai kebutuhan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url