Pengertian Pengujian Beta Perangkat Lunak : Manfaat dan Langkahnya

Pengertian Pengujian Beta Perangkat Lunak : Manfaat dan Langkahnya

Pengertian Pengujian Beta Perangkat Lunak : Manfaat dan Langkahnya - Pengujian Beta perangkat lunak mempunyai peranan yang cukup penting, karena dalam penerapannya melibatkan pengguna asli. Namun, jumlah pengguna asli dibatasi. Sedangkan manfaat dari pengujian ini yaitu untuk menguji produk agar mengetahui fungsinya sudah baik atau sebaliknya.

Mengenal Apa Itu Pengujian Beta

Perlu Anda ketahui jika pengujian Beta termasuk jenis pengujian pada putaran terakhir karena melibatkan Pengguna eksternal. Pengujian terakhir ini cukup penting untuk memastikan perangkat lunak layak digunakan khalayak yang lebih luas.

Biasanya dalam pelaksanaan pengujian ini berlangsung pada saat perangkat lunak sudah mencapai 90% alias hampir selesai. Sedangkan tujuan dari penerapan metode pengujian ini agar bisa mendapatkan umpan balik yang berhubungan dengan fungsionalitas, aksesibilitas dan aspek lainnya.

Sedangkan stakeholder dalam pengujian beta meliputi tim manajemen kualitas, tim pengalaman pengguna, tim manajemen produk dan lainnya. Sedangkan untuk peserta dalam proses pengujian ini merupakan pengguna akhir produk atau pengguna asli.

Baca JugaMengenal Alat Pengujian Perangkat Lunak Terbaik

Manfaat Pengujian Beta Perangkat Lunak

Setiap pelaksanaan pengujian pasti mempunyai manfaat atau tujuan tersendiri. Seperti halnya pengujian beta berangkat lunak yang memang mempunyai beberapa manfaat, salah satu untuk menguji keandalan produk. Selain itu, masih banyak juga manfaatnya seperti berikut ini.

  • Pelaksanaan pengujian beta perangkat lunak bermanfaat untuk memberikan umpan balik pada produk dalam waktu singkat. Adapun umpan balik ini nantinya sangat berguna untuk membantu peningkatan kualitas produk sehingga memuaskan pengguna.
  • Pengujian beta bermanfaat untuk mengetahui keandalan, ketahanan dan kegunaan dari perangkat lunak. Tujuannya agar nantinya produk yang akan dirilis dapat memenuhi keinginan dari pengguna.
  • Memudahkan tim organisasi dalam mengambil keputusan terbaik agar sesuai dengan perangkat lunak. Namun, dalam pengambilan keputusan ini tetap sesuai dengan saran dari penguji.
  • Selama siklus pengujian berlangsung kemungkinan terdapat bug di dalam perangkat lunak yang terlewatkan, sehingga pelaksanaan pengujian beta dapat menutupnya.
  • Kualitas perangkat lunak akan lebih mudah untuk ditingkatkan.
  • Pengguna perangkat lunak lebih merasa dihargai, karena dalam peningkatan kualitas produk mempertimbangkan pendapat pengguna.

Langkah-langkah dalam Pengujian Beta

Kesuksesan dalam pelaksanaan pengujian beta perangkat lunak tentunya tidak terlepas dari langkah-langkahnya. Sederhananya langkah-langkah yang terdapat pada pengujian jenis ini ada 6. Adapun penjelasan lengkap mengenai keenam langkah-langkah tersebut, berikut penjelasannya.

  1. Melakukan identifikasi terlebih dahulu untuk memudahkan pemilihan platform target dengan tepat. Nantinya pemilihan platform yang tepat sangat berguna untuk mendukung pelaksanaan pengujian perangkat lunak. Pilih platform yang sesuai dengan produk dan kebutuhan.
  2. Mengundang penguji beta dengan lebih berhati-hati, karena berdebat penting pada kesuksesan pengujian. Setidaknya untuk pengujian awal ini membutuhkan sampai 300 penguji beta. Sedangkan untuk mengundang penguji bisa berasal dari banyak sumber, baik itu secara offline maupun online.
  3. Langkah selanjutnya yaitu memilih alat distribusi yang paling tepat atau sesuai dengan kebutuhan. Adapun beberapa alat yang biasa dibutuhkan seperti Google play developer console, testflight, crashlytics dan lain sebagainya.
  4. Pada tahapan ini pengguna sudah memberikan umpan balik terhadap produk perangkat lunak. Nantinya umpan balik tersebut bisa negatif maupun positif tergantung dari pengalaman yang mereka rasakan.
  5. Melakukan evaluasi berdasarkan umpan balik yang diberikan oleh pengguna. Nantinya jika hasilnya negatif maka perlu adanya pelaksanaan pengujian ulang, tujuannya agar bisa memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna.
  6. Langkah terakhir memberikan hadiah kepada penguji beta karena sudah rela meluangkan waktu dan juga memberikan masukan terbaik. Ada banyak bentuk hadiah yang bisa anda berikan seperti kode promo, kupon, penawaran, diskon dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan mengenai pengujian beta perangkat lunak yang mempunyai banyak manfaat. Tentunya manfaat tersebut bisa didapatkan jika menerapkan langkah-langkah pengujian beta dengan tepat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url