Pengertian Jaringan Komputer : Jenis dan Manfaatnya

Pengertian Jaringan Komputer : Jenis dan Manfaatnya

Pengertian Jaringan Komputer : Jenis dan Manfaatnya - Pada kesempatan ini saya akan membahas materi jaringan komputer. Apakah anda sudah tahu pengertian secara umum maupun para ahli, manfaat, topologi, dan jenis-jenis jaringan komputer ?. Jika belum anda tepat datang diblog ini, karena saya akan menjelaskan materi ini secara lengkap.

Apa itu jaringan komputer ?

Pengertian Jaringan Komputer

Kata “jaringan komputer” memang tidak asing lagi bagi Anda, mengingat hampir setiap hari kita berkaitan dengan jaringan komputer dalam aktivitas kita. 

Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri atas dua atau lebih komputer yang terkoneksi satu sama lain, lewat media komunikasi / media transmisi yang dapat saling membagikan data, aplikasi ataupun berbagi perangkat keras komputer.

Istilah jaringan komputer diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri atas dua komputer atau lebih yang saling terkoneksi. 

Manfaat jaringan komputer adalah agar data atau berita yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan akurat dan tepat.

Jaringan komputer memungkinkan user dapat melaksanakan komunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran jaringan komputer sangat dibutuhkan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga menghasilhakn suatu data yang relevan.

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Adapun pengertian/penjelasan jaringan komputer menurut para ahli sebagai berikut.

  • Menurut Tanenbaum (2000:2). Satu komputer yang terhubung ke jaringan menjadi satu node dari jaringan tersebut. Sedangkan host secara umum diartikan sebagai komputer yang terhubung ke jaringan yang dapat memberikan layanan jaringan.
  • Menurut Budhi Irawan (2005:5). Jaringan Komputer merupakan suatu sistem yang terdiri dari komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Adapun jenis / macam dari jaringan komputer sebagai berikut.

1. LAN (Local Area Network)

LAN mengkoneksikan jaringan dalam jarak yang relatif pendek. 

Sebuah gedung sekolah, kantor, atau rumah jaringan biasanya berisi satu LAN, meskipun kadang-kadang satu gedung akan berisi beberapa LAN kecil (mungkin satu per kamar), dan kadang-kadang LAN akan menjangkau sekelompok bangunan di dekatnya. Dalam jaringan TCP / IP, LAN sering dipakai tetapi tidak selalu diimplementasikan sebagai subnet IP tunggal.

Selain beroperasi dalam ruang terbatas, LAN juga biasanya dimiliki, dikendalikan, dan dikelola oleh satu orang atau organisasi. Mereka juga cenderung memakai teknologi konektivitas tertentu, seperti Ethernet dan Token Ring.

LAN juga memakai teknologi jaringan wireless dengan Wi-Fi dan dikenal dengan sebutan Wireless Local Area Network (WLAN).

2. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan jaringan komputer yang mengkoneksikan dua / lebih jaringan LAN di dalam kota yang sama. Kalau jarak yang mengkoneksikan dua LAN sudah tidak mungkin untuk membuat jaringan, maka jaringan MAN dipakai. 

Hal Ini lebih besar dari LAN tapi lebih kecil dari WAN. MAN memakai perangkat khusus dan kabel untuk mengkoneksikan LAN.

3. WAN (Wide Area Network)

WAN juga bisa dibilang sebagai kumpulan LAN yang tersebar secara geografis. 

Perangkat jaringan yang disebut router mengkoneksikan LAN ke WAN. Dalam jaringan IP, router menyimpan url LAN dan alamat WAN.

WAN berbeda dari LAN dalam beberapa hal penting. Sebagian besar WAN (seperti Internet) tidak dimiliki oleh satu perusahaan, melainkan ada di bawah kepemilikan dan pengelolaan kolektif atau terdistribusi. 

WAN lebih memakai teknologi seperti Frame Relay, ATM, dan X.25 untuk konektivitas jarak yang lebih jauh.

4. PAN (Pearson Area Network)

Sama seperti jaringan LAN, PAN biasanya mencakup wilayah yang lebih kecil seperti misalnya jaringan rumah atau kantor. 

Biasanya jenis jaringan ini dipakai untuk berbagi resources seperti Internet atau printer.

5. CAN (Campus Area Network)

CAN bisa dibilang mirip dengan MAN, tetapi terbatas pada akademi atau universitas. 

Jaringan ini biasanya disiapkan untuk kegiatan pendidikan seperti pembaruan kelas, praktik lab, email, ujian, pemberitahuan, dan lain lain.

Manfaat Jaringan Komputer

Adapun manfaat / kegunaan dari jaringan komputer sebagai berikut.
  1. Jaringan komputer membantu seseorang yang berkaitan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah.
  2. Melalui jaringan komputer, Anda bisa melaksanakan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
  3. Anda dapat mengakses informasi atau berita dengan sangat cepat melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer.
  4. Dengan jaringan komputer, Anda bisa mengakses file yang dimiliki ataupun file orang lain yang telah di share melalui suatu jaringan, semisal internet.

Kesimpulan

Jadi Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri atas dua atau lebih komputer yang terkoneksi satu sama lain, lewat media komunikasi / media transmisi yang dapat saling membagikan data, aplikasi ataupun berbagi perangkat keras komputer.

Demikian pembahasan tentang Pengertian Jaringan Komputer : Jenis dan Manfaatnya. Semoga bermanfaat, apabila ada pertanyaan baik saran dan komentar anda bisa bertanya dikolom komentar.

Selamat membaca dan belajar...
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url