-->

Pengertian E-Money Beserta Penjelasannya

Konten [Tampil]
Pengertian E-Money Beserta Penjelasannya

Pengertian E-Money Beserta Penjelasannya - Teknologi merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia beserta kebutuhannya. Hampir setiap kegiatan kini dipengaruhi oleh teknologi. Bahkan beberapa orang sudah ketergantungan dengan adanya teknologi. Ia akan mengalami kesulitan jika harus melakukan kegiatan tanpa menggunakan teknologi.

Teknologi juga mempengaruhi adanya uang digital yang sudah mulai sering digunakan di Indonesia. Uang tersebut dapat lebih memudahkan beberapa kegiatan manusia terutama transaksi keuangan. Bahkan uang ini disebut-sebut memiliki nilai yang cukup tinggi dan berpotensi menggeser mata uang koin atau kertas.

Uang digital tersebut juga sering disebut sebagai e-money. Pengertian e-money secara umum ialah uang dalam bentuk digital yang dapat memindahkan data saldo uang yang pada komputer atau informasi penjualan melalui teknologi khusus. Adanya uang ini dapat membantu Anda untuk membayar sebuah transaksi tanpa perlu mengeluarkan uang tunai.

Khusus di Indonesia kita mengenal uang digital ini terdapat dalam bentuk kartu dan token. Bentuk kartu terdiri dari kartu prabayar. Kartu ini diterbitkan oleh institusi perbankan tertentu. Sementara e-money dalam bentuk token ialah berupa replika koin ataupun kumpulan gambar serta tulisan pada smartphone pemiliknya.

Uang digital dalam bentuk kartu prabayar biasanya memiliki saldo yang lebih sedikit dibanding kartu e-money yang diterbitkan bank. Akan tetapi, pendaftaran dalam bentuk kartu prabayar cenderung lebih singkat dan cepat dibanding pendaftaran uang digital dalam bentuk kartu dari bank. Kartu prabayar juga memerlukan verifikasi transaksi dalam waktu tertentu.

Baca JugaOVO Layanan Terbaik E-money saat ini, Berikut Cara Daftar dan Penjelasannya

Berdasarkan pengertian e-money diatas pada dasarnya uang digital tersebut akan menyimpan saldo baik yang berbentuk kartu prabayar maupun token yang mirip dengan uanh koin. Kehadiran uang ini cukup menarik karena kemiripan tersebut akan lebih memudahkan masyarakat untuk mengingat dan beradaptasi dengan penggunanya.

Token tersebut akan terhubung dengan aplikasi khusus yang ada pada smartphone. Penggunaan aplikasi ini dapat lebih memudahkan para pengguna agar bisa terus mendapatkan pembaruan terkini berkenaan dengan aturan penambahan atau penarikan saldo. Selain itu, pembaruan juga berlaku pada promosi-promosi yang dapat dilakukan menggunakan e-money.

Pengertian e-money sebenarnya sudah diketahui oleh masyarakat. Namun, penggunaan istilah yang berbeda terkadang membuat mereka tidak menyadari bahwa apa yang mereka gunakan tersebut merupakan e-money. E-money ini lebih banyak digunakan dalam bentuk token oleh masyarakat karena banyaknya pengguna smartphone di Indonesia sudah semakin banyak.

Terlebih masyarakat kini lebih banyak menggunakan smartphone karena lebih praktis dan mudah dijangkau. Pihak penyedia uang digital ini pun sudah mengatur sedemikian rupa agar uang tersebut dapat digunakan melalui smartphone. Sebab, nantinya pengguna uang digital ini akan lebih banyak dengan kelebihannya tersebut. 

Sebagaimana pernyataan pada pengertian e-money sebelumnya, bank menjadi salah satu institusi yang mengeluarkan e-money atau uang digital. Uang digital yang berasal dari bank pasti akan selalu berbentuk kartu. Disamping itu, beberapa perusahaan juga dapat mengeluarkan uang virtual dengan integrasi berdasarkan teknologi informasi.

Bank Mandiri menjadi salah satu institusi perbankan yang paling banyak mengeluarkan uang digital. Banyak promosi yang dilakukan oleh bank ini. Bank ini memiliki produk uang digital yaitu Mandiri e-money dan juga e-cash. Keduanya berbentuk kartu yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara digital.

Baca JugaPeluang Usaha Kuliner Untuk Anak SMK atau Pelajar

Dengan pengertian e-money yang cukup luas ini membuat bank lain juga membuat produk yang sama. Terdapat bank BNI dengan produknya Tap BNI. Lalu, terdapat BCA dengan kartu Flazz-nya. Kartu ini memiliki desain yang unik. Desain tersebut juga sangat cocok untuk para remaja yang kini sudah mulai menggunakan uang digital.

Selain bank, terdapat sebuah perusahaan telekomunikasi terkenal yang berhasil mengeluarkan e-money atau uang digital yang kini sudah banyak digunakan. Perusahaan Telkomsel mengeluarkan produk T-Cash. Produk ini memiliki bentuk seperti stiker atau hologram. Biasanya produk ini sering di tempel pada penyimpanan khusus terutama pada ponsel.

Produk ini perlu ditempelkan dan dibawa kemanapun agar lebih memudahkan Anda untuk melakukan transaksi dengan T-Cash. Anda bisa menggunakannya untuk mesin EDC. Dalam durasi waktu tertentu mesin ini akan membaca data yang ada pada produk e-money tersebut.

Pengertian e-money tidak terbatas pada pernyataan tersebut. E-money juga mencakup pada alat yang dapat digunakan untuk membaca data dari uang digital tersebut. Untuk dapat membacanya diperlukan mesin khusus untuk membacanya. Khusus di Indonesia Anda akan menemukan mesin EDC yang bentuknya hampir mirip dengan mesin penggesek kartu debit atau kredit.

Sebelum melakukan transaksi ini maka sebaiknya lihatlah label yang tertera pada mesin tersebut. Misalnya untuk T-Cash maka akan tertera tanda bulat merah dengan tulisan huruf "t" berukuran kecil. Label tersebut dapat membaca nomor seri serta saldo yang terkandung pada T-Cash tersebut.
Tak hanya memahami pengertian e-money, Anda juga perlu mengetahui tempat mana saja yang menyediakan jenis transaksi ini. Sebab, tidak semua orang mengetahui tempat dimana Anda bisa membayar menggunakan e-money. Anda bisa melihat spanduk di bagian depan toko atau supermarket tempat Anda berbelanja.

Sebelumnya, Anda bisa mendapatkan rekomendasi dari rekan atau melalui internet mengenai berbagai tempat yang menerima e-money ini. Hal ini bisa lebih memudahkan Anda agar saat sampai di tempat tujuan Anda tidak ragu lagi untuk menggunakan uang digital ini. Selain itu, mintalah rekomendasi tempat yang memiliki koneksi pusat yang bagus.

Sesekali Anda bisa mencoba koneksi wifi di tempat tersebut untuk mencoba bagaimana kecepatan dari dari koneksi tersebut. Anda dapat mencoba membuka internet dan lakukan aktivitas yang menggunakan wifi secara langsung.

Baca JugaPeluang Usaha Laundry Janjikan Laba Berkilau

Pengertian e-money sangat perlu Anda ketahui agar Anda tetap mengikuti perkembangan zaman dan bisa lebih praktis dalam bertransaksi. Jika sudah memahami dengan pasti maka Anda bisa menggunakannya untuk transaksi dengan lebih aman, nyaman dan mudah.

Untuk informasi seputar Teknologi lainnya bisa mengunjungi Portaljawa, Disana terdapat bajak informasi menarik yang cocok untuk kamu baca.

Sekian artikel dari kami mengenai Pengertian E-Money Beserta Penjelasannya sudah kami berikan diatas. Semoga bermanfaat untuk kalian semua, Terimakasih sudah berkunjung.

0 Response to "Pengertian E-Money Beserta Penjelasannya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel