Manfaat Internet di Berbagai Bidang

Manfaat Internet di Berbagai Bidang


Manfaat Internet di Berbagai Bidang - Internet merupakan teknologi yang telah tumbuh dan berkembang sedemikian besar dan cepat sebagai alat informasi dan komunikasi. 

Internet memberi banyak sekali manfaat dan kemudahan bagi berbagai bidang dan meliputi berbagai kalangan, mulai dari bidang pendidikan, pengelola perpustakaan, bidang pemerintah, bidang ekonomi, bidang sosial, bidang keagamaan. dll. Hampir semua bidang tersebut merasa dibantu dengan adanya teknologi internet. Apa saja manfaat internet di berbagai bidang?

Maka pada postingan ini saya akan membagikan manfaat internet dalam semua bidang, seperti bagi pelajar, dalam bidang pendidikan, di bidang kesehatan, di bidang sosial, di bidang pemerintahan, dalam bidang ekonomi, bagi industri dan perdagangan, dll. 

Namun, sebelum kita membahas lebih dalam lagi. Saya ingatkan kepada anda jangan lupa like dan share artikel ini. Yuk kita sama-sama bangun blog ini agar memberikan manfaat untuk orang lain.

Berikut Ini Manfaat Internet di Berbagai Bidang

Dulu internet hanya bisa dimanfaatkan oleh kalangan tertentu saja dan juga dengan komponen tertentu. Tetapi perkembangan zaman sudah berkembang, orang yang ada di rumah pun bisa menikmati manfaat internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon. Pemanfaatan internet sudah masuk dalam semua aspek kehidupan seperti ekonomi, sosial, keagamaan, bahkan hiburan. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan internet di beberapa bidang.

1. Manfaat Internet Dalam Bidang Pendidikan

Manfaat internet di bidang pendidikan, internet dapat membuat kalian untuk mendapatkan banyak referensi keilmuan dari perpustakaan maya (library online) yang tersedi di internet dan sebagai media pembelajaran secara online. 

Contohnya sistem belajar jarak jauh dengan memakai teleconference internet (e-learning). Atau mungkin kalian juga bisa mengunjungi situs-situs seperti www.malasngoding.com dan www.dicoding.com untuk mencari informasi tentang artikel- artikel terbaru Coding, seperti belejar pemograman, membuat web, dan lain-lain. 

Lebih lanjut, tentang situs- situs pendidikan dapat kalian pelajari di postingan selanjutnya :)


2. Manfaat Internet Dalam Bidang Ekonomi dan Bisnis

Manfaat Internet di bidang ekonomi dan bisnis, internet hadir dengan istilah e-commerce / perdagangan elektronik. Dengan adanya e-commerce, kegiatan perdagangan seperti transaksi jual beli, promosi, dan sebagainya dapat dilakukan melalui internet tanpa harus bepergian. 

Contohnya, apabila kalian ingin membeli baju atau buku pelajaran, kalian tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke toko baju dan toko buku. Sekarang ada toko baju online yang bisa kalian kunjungi di internet. 

Dengan membuka alamat website toko online baju yang dimaksud, kalian tinggal mencari baju yang diperlukan dan melihat harga yang cocok dengan saku kalian, lalu memesannya. Contoh toko baju online yang dapat kalian kunjungi adalah tokopedia, bukalapak, dll.

3. Manfaat Internet Dalam  Bidang Pemerintahan

Manfaat internet di bidang pemerintahan, internet hadir dengan istilah e-government atau elektronik pemerintah. Dengan adanya e-government, pemerintah bisa dengan mudah memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat secara maksimal, dan juga dapat dimanfaatkan untuk saling mempererat hubungan pemerintahan antarnegara. Situs pemerintahan http://www.nganjukkab.go.id

4. Manfaat Internet Dalam  Bidang Sosial

Manfaat Internet di bidang sosial dapat berfungsi untuk memberikan informasi tentang berbagai macam kegiatan sosial yang telah dilaksanakan atau kegiatan yang sedang, dan akan dilaksanakan dan juga dapat digunakan untuk penggalangan dana bantuan untuk kegiatan sosial.

5. Manfaat Internet Dalam Bidang Keagamaan

Internet dalam bidang keagamaan dapat digunakan untuk sarana bertukar pikiran, tanya jawab tentang agama, berbagi ilmu keagamaan, dan sebagainya.

6. Manfaat Internet Sebagai Sarana Bersosialisasi dan Mencari Sahabat

Kalian internet bisa menjalin komunikasi dengan teman yang ada dipenjuru dunia dalam waktu singkat dan biaya murah melalui fasilitas e-mail atau chatting melalui berbagai situs yang ada seperti https://www.google.com/gmail/, google plus, www.facebook.com, twitter dll. 

7. Sarana  Hiburan

Internet bisa kalian manfaatkan untuk menghilangkan kejenuhan dengan beberapa hiburan yang ditawarkan seperti permainan atau games online, download musik, nonton video youtube, berita gosip entertainment, dan sebagainya.

Sementara itu, pemanfaatan Internet memberikan beberapa keuntungan dari berbagai sudut pandang, terutama dalam menunjang perkembangan sebuah organisasi yang menggunakan jaringan Internet.


Adapun Keutungan Memanfaatkan Internet 

Dibawah ini adalah beberapa keuntungan sebuah organisasi yang memanfaatkan jaringan Internet.

1. Produktivitas kerja

Dengan adanya Internet bisa membantu karyawan atau pekerja dalam suatu organisasi untuk memperoleh informasi yang diperlukan mereka untuk menunjang peran serta tanggung jawabnya.

2. Pemanfaatan waktu

Dengan adanya Internet pekerja organisasi bisa memperoleh informasi kapan saja. Organisasi juga dapat memberikan informasi setiap saat secara aktual.

3. Komunikasi

Dengan adanya Internet mampu memudahkan komunikasi antar bagian, baik secara horizontal ataupun secara vertikal dalam organisasi.

4. Operasi dan manajemen

Intranet dapat dimanfaatkan untuk mendukung operasi dan keputusan dalam bisnis baik secara internal maupun antar organisasi.

Itulah Manfaat Internet Di Berbagai Bidang semoga dengan membaca Manfaat Internet Di Berbagai Bidang kalian bisa lebih memahami dan menggunakan internet dengan sebaik-baiknya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url