-->

5 Cara Memperbaiki Wifi Yang Tidak Bisa Connect, Terbukti Ampuh Dan Mudah Pada Laptop

Konten [Tampil]
5 Cara Memperbaiki Wifi Yang Tidak Bisa Connect, Terbukti Ampuh Dan Mudah Pada Laptop

Cara Memperbaiki Wifi Yang Tidak Bisa Connect - Terkadang seseorang menjadi bingung dan panik ketika saat ada tugas online dan hendak mengerjakannya tetapi wifi yang ada tidak bisa terhubung di laptop ataupun ponsel. Keadaan tersebut sebenarnya masih bisa diatasi. Jadi janganlah panic terlebih dahulu, untuk mengatasinya harus mengetahui dan memahami cara memperbaiki wifi yang tidak bisa connect di perangkat seperti laptop, komputer maupun ponsel.  

Apalagi seperti kondisi saat ini yang sedang pandemic mengharuskan orang banyak menghabiskan waktu dirumah saja. Dan hampir semua kegiatan dilakukan secara daring baik itu sekolah, pekerjaan ataupun sosial. Hingga koneksi internet itu sangatlah penting di masa ini, jadi untuk mengatasi masalah tidak bisa konek wifi pada laptop yaitu sebagai berikut :


1. Perbaiki Melalui Command Prompt

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu bisa dilakukan dengan menggunakan Command Prompt. Kemungkinan wifi tidak bisa connect karena ada sistem registry yang bermasalah. Untuk langkahnya yaitu :

  1. Klik menu “Start” dan ketikkan “run” pada kolom pencarian.
  2. Jika sudah, selanjutnya ketik “cmd” tunggu hingga kotak dialog Command Prompt.
  3. Setelah muncul silahkan ketik “ Netsh Winsock Reset Catalog “ selanjutnya tekan Enter pada keyboard.
  4. Berikutnya tuliskan “Netsh Int Ipv4 Reset.log “ dan tekan Enter lagi.
  5. Tunggu hingga semua jendela tertutup baru melakukan restart pada laptop.

2. Cek Pengaturan Internet di Laptop

Jika cara memperbaiki wifi yang tidak bisa connect pertama belum berhasil, pengguna bisa melihat atau mengecek pengaturan internet yang ada pada perangkatnya. Perhatikan dibagian ikon notifikasi di area laptop atau cpu  komputer. Bila ada terdapat tanda seru pada ikon connect wifinya, tandanya perangkat tersebut masih tidak bisa terhubung dengan internet. Untuk memperbaikinya silahkan perhatikan langkah selanjutnya.


3. Ubah Saluran Internet

Seperti yang tadi dibahas, bila terdapat tanda seru pada notifikasi wifinya silahkan lakukan perubahan pada saluran internetnya seperti langkah ini:

  1. Klik Start dan di deretan menu yang muncul silahkan pilih menu Control Panel
  2. Lalu klik fitur Network and Internet
  3. Berikutnya pilih Network and Sharing Center serta dilanjutkan dengan membuka tab Change Adapter Setting.
  4. Jika sudah, cari dan klik kanan fitur Wireless Connection, pilih properties.
  5. Selanjutnya akan muncul kotak dialog networking, carilah menu internet protocol version 4, lalu klik 2x.
  6. Berikutnya klik “Obtain IP Address Automatically ” dan silahkan pilih “Obtain DNS Server Address Automatically” setelah itu baru klik Ok.
  7. Dan langkah terakhir silahkan merestart perangkat pengguna lalu periksa kembali ikon wifi yang ada di pojok bawah kanan laptop apakah masih terdapat tanda seru atau;

4. Install Ulang Driver Wifi

Apabila langkah ketiga masih belum bisa mengatasi masalah tidak dapat terhubung wifi, silahkan melakukan install driver wifi kembali. Sebab ada kemungkinan, masalah tersebut dikarenakan oleh driver yang mengalami kerusakan. Untuk cara installnya yaitu :

  1. Klik menu “ Start “ lalu pilih “ Manage “
  2. Kemudian klik “Device Manager” dan cari “ Network Adapter “. Jika saat terbuka ada tanda seru dengan warna kuning artinya memang ada masalah pada driver internetnya.
  3. Cari dan klik menu “ Hardware Wifi “ yang ada pada menu “Network Adapter”
  4. Lalu pilih “uninstall”.
  5. Bila sudah, silahkan klik kanan dan pilih menu “ Scan for Hardware Changes. “ untuk melakukan install driver kembali dengan otomatis.
  6. Terakhir silahkan tutup semua jendela dan cobalah hubungkan dengan internet lagi.

5. Lakukan Reset Koneksi Wifi

Langkah terakhir jika semua langkah di atas masih belum bisa menghubungkan laptop dengan internet yaitu dengan melakukan reset koneksi wifi. Biasanya hal tersebut bisa juga karena masalah limited access yang terjadi. Untuk langkah melakukan riset yaitu :

  1. Klik menu “ Start “ dan buka menu Control Panel dilanjutkan dengan memilih Network and Internet. Setelahnya silahkan pilih Network and Sharing Center.
  2. Nanti akan muncul kotak dialog, silahkan cari “ Basic Network Connections dan klik Manage Wireless Network.
  3. Jika jendela Manage sudah terbuka silahkan hapus riwayat data cachenya dengan klik button “Remove”

Demikianlah cara memperbaiki wifi yang tidak bisa connect di perangkat seperti laptop ataupun komputer. Namun, bila langkah-langkah diatas masih belum bisa mengatasi masalah tersebut, bisa jadi laptop atau komputer pengguna yang sedang bermasalah di bagian Hardwarenya.

0 Response to "5 Cara Memperbaiki Wifi Yang Tidak Bisa Connect, Terbukti Ampuh Dan Mudah Pada Laptop"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel