-->

5 Cara Mengatasi Play Store Error Dengan Mudah

Konten [Tampil]
5 Cara Mengatasi Play Store Error Dengan Mudah

Cara Mengatasi Play Store Error - Saat ini ada banyak cara mengatasi Play Store error karena disebabkan oleh berbagai hal atau masalah. Play Store merupakan salah satu aplikasi wajib dan sangat dibutuhkan bagi pengguna ponsel di manapun untuk mendownload berbagai aplikasi lainnya. Tentunya jika aplikasi ini memiliki gangguan maka akan berdampak pada berbagai aktivitas lain.

Salah satunya adalah pengguna tidak bisa menginstal aplikasi yang dibutuhkan. Sehingga tidak menutup kemungkinan akan menghambat berbagai bidang lainnya yang sebenarnya perlu untuk dilakukan. Tidak perlu khawatir karena ada sejumlah cara untuk mengatasinya, seperti berikut ini:

1. Memeriksa Koneksi Internet dan Penyimpanan

Cara mengatasi Play Store error pertama adalah dengan memeriksa akses internet serta penyimpanan. Lemahnya sinyal atau jaringan juga bisa menjadi penyebab gagalnya Play store untuk melakukan download aplikasi lain. Maka pengguna harus menstabilkan koneksi internet terlebih dahulu.

Begitupun dengan memastikan ruang penyimpanan tersedia untuk mendownload suatu aplikasi. Apabila ruang selalu terisi penuh biasanya akan ada muncul notifikasi pesan yang menghambat proses instal. Ada baiknya apabila memiliki kartu memori sebagai ruang penyimpanan tambahan.

Baca JugaCara Kalibrasi Monitor OS Windows 10

2. Menghapus Cache

Cara mengatasi Play Store error berikutnya adalah dengan menghapus sejumlah cache serta data di play store. Langkahnya juga sangat mudah hanya perlu membuka pengaturan kemudian pilih google play store. Selanjutnya arahkan pada penyimpanan untuk menghapus semua cache atau data. Hal ini dapat mengoptimalkan fungsi ruang untuk menyimpan sebuah aplikasi baru.

Untuk menghapus cache juga dapat dilakukan pada pengaturan selanjutnya klik tampilkan semua sistem dan pengelola download. Pada bagian penyimpanan kemudian pilih hapus cache. Selanjutnya bisa langsung mengosongkan penyimpanan lalu klik ok.

3. Menginstal Ulang Play Store

Cara mengatasi Play Store error selanjutnya adalah dengan melakukan install ulang pada aplikasi Play Store. Catatannya, untuk melakukan langkah yang satu ini pengguna harus terhubung dengan wifi yang memiliki sinyal kuat. Jika pengguna hanya berpedoman untuk menggunakan data seluler pastinya akan lebih lambat.

Sementara untuk langkah penggunaannya pengguna harus membuka menu pengaturan kemudian pilih pada bagian aplikasi dan notifikasi. Selanjutnya tinggal pilihan uninstal update lalu klik ok hingga proses berjalan dan selesai. Jangan sampai melewatkan satu langkah pun.

4. Menghapus dan Menambahkan akun

Berikutnya pengguna juga harus melakukan penambahan akun pada perangkat ponsel. Tetapi sebelum menambahkan akun ini terlebih dahulu untuk menghapus berbagai akun yang sebelumnya telah terpasang. Selanjutnya pengguna memasukkan ulang sejumlah akun Google yang dibutuhkan untuk menerima berbagai informasi yang dibutuhkan.

Agar berbagai data penting tidak hilang, pengguna penting untuk melakukan backup data. Untuk menghapusnya silahkan pergi ke menu pengaturan kemudian pilih hapus akun. Lalu masuk lagi ke menu pengaturan dengan menambahkan akun serta cantumkan email dan password lalu tekan ok.

Baca JugaCara Mengatasi IMEI Tidak Terdaftar di KEMENPERIN

5. Restart Ponsel

Cara terakhir adalah dengan melakukan restart pada perangkat Android atau ponsel. Restart menjadi salah satu pilihan ampuh kebanyakan pengguna untuk mengatasi berbagai permasalahan yang sering muncul. Restart juga berarti memperbaiki dan mengembalikan semua kinerja perangkat agar lebih optimal.

Setelah melakukan restart pada ponsel kemudian Matikan ponsel hingga beberapa. Saat ponsel kembali hidup setelah kan buka aplikasi Play Store. Kebanyakan ini merupakan cara ampuh dan paling mudah yang banyak dipilih orang.

Itulah berbagai cara mengatasi Play Store error yang bisa dicoba. Berbagai pilihan di atas bisa membantu pengguna apabila mengalami kesulitan untuk mengakses Play Store. Sehingga play store bisa digunakan tanpa gangguan, seperti halnya error. 

0 Response to "5 Cara Mengatasi Play Store Error Dengan Mudah"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel