-->

Cara Pasang Penguat Sinyal WiFi agar Stabil

Konten [Tampil]
Cara Pasang Penguat Sinyal WiFi agar Stabil

Cara Pasang Penguat Sinyal WiFi agar Stabil - WiFi merupakan pilihan yang tepat dari pada menggunakan kuota yang terlalu boros. Memasang penguat sinyal WiFi memang tidak boleh dilakukan secara asal karena akan mempengaruhi kualitas dari sinyalnya. Bagi yang belum paham, begini cara pasang penguat sinyal WiFi yang benar agar sinyal tetap stabil dan tidak mengalami masalah:

1. Letak Router

Router WiFi akan mempengaruhi kekuatan dari sinyal WiFinya. Pastikan meletakkan router ini pada tempat yang terbuka dan tidak ada penghalang suatu apapun agar sinyal yang dipancarkan lebih maksimal. Posisi yang paling tepat yaitu pada dinding, ruang tengah, di atas meja, dan tempat lainnya. Beberapa tempat tersebut efektif untuk bisa memberikan sinyal WiFi terbaik.

Perlu diketahui bahwa memasang router WiFi pada tempat yang menabrak tembok ataupun penghalang lainnya bisa membuat kekuatan sinyal menjadi lebih pendek. Poin selanjutnya yang harus diperhatikan adalah jangan meletakkan router pada jendela karena sinyal akan condong keluar rumah sehingga tidak direkomendasikan untuk pengguna. Meskipun sepele namun hal ini sering terlupakan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jaringan AXIS Lemot Tanpa Biaya Apapun

2. Jauhkan Dari Perangkat Elektronik

Banyak yang tidak mengetahui bahwa alat elektronik sangat mempengaruhi kekuatan sinyal WiFi sehingga letaknya perlu dijauhkan dari jangkauan router. Kekuatan sinyal pun akan semakin lemah jika alat elektronik tidak segera dijauhkan dari jangkauan WiFi. Sebelum meletakkannya, silahkan untuk memeriksa terlebih dahulu apakah ada TV, Radio, Kulkas, dan lainnya di sekitar WiFi atau tidak.

3. Kontrol Bandwidth

Beberapa penyedia layanan internet menyediakan program khusus yaitu pemakaian batas wajar sehingga setelah mencapai batas tersebut, maka kecepatan koneksinya akan mulai berkurang. Penting sekali melakukan batasan ini agar koneksi internet tetap terjaga dan pekerjaan yang membutuhkan sinyal internet pun akan semakin lancar.

4. Ganti Channel WiFi

Cara pasang penguat sinyal WiFi yang bisa dilakukan selanjutnya adalah mengganti channel WiFi-nya agar tidak ada lagi gangguan yang terjadi antara jaringan WiFi pada lokasi tertentu. Semakin banyak yang menggunakan channel WiFi tersebut tentu sinyalnya akan rebutan dan menjadikan pengguna harus bersabar berbagi sinyal dengan yang lain. Hal ini pasti akan membuat sinyal menjadi lemot.

Cobalah untuk mengganti channel WiFI dengan channel yang masih kosong dan penggunanya hanya sedikit saja. Hal ini memungkinkan untuk meminimalisir saingan pengguna channel tersebut agar jadi rebutan sinyal. Sebelum pasang channel, ada baiknya untuk menanyakan terlebih dahulu terkait channel yang masih aman digunakan dalam memancarkan sinyal WiFi agar tidak menyesal.

Baca Juga5 Cara Mengatasi Telkomsel Lemot

5. Ganti Password

Kata sandi merupakan poin yang penting dalam menggunakan WiFI. Semakin banyak yang mengetahui kata sandinya, maka mengakibatkan jaringan WiFi semakin lemot. Hal tersebut disebabkan router bekerja terlalu keras untuk memancarkan WiFi ke banyak client atau penggunanya. Apabila dibiarkan terlalu lama, maka jaringan tidak akan membaik.

Langkah yang paling tepat adalah dengan mengganti sandi WiFi dengan yang baru agar orang yang memang tidak memiliki kepentingan bisa menonaktifkan WiFI tersebut. Alhasil jaringan WiFi pun akan semakin lancar karena hanya sedikit orang saja yang menggunakan WiFi tersebut. Setelah melakukan cara ini, sebaiknya jangan memberikan kata sandi ke banyak orang agar jaringannya tetap lancar.

Itulah cara pasang penguat sinyal WiFi yang benar agar kekuatan sinyalnya tetap terjaga sampai kapanpun. Pengguna juga bisa melakukan pembatasan pemakai WiFi agar tidak ada yang bisa mencoba menggunakan WiFi secara ilegal. Di masa sekarang ini, memasang WiFi merupakan cara terbaik untuk menghindari pengeluaran yang terlalu banyak ketika membeli kuota internet.

0 Response to "Cara Pasang Penguat Sinyal WiFi agar Stabil"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel