-->

Pengertian Database : Fungsi, Komponen, dan Contoh Basis Data

Konten [Tampil]
Pengertian Database : Fungsi, Komponen, dan Contoh Basis Data
Pengertian Database : Fungsi, Komponen, dan Contoh Basis Data - Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Database (Basis Data). Apakah anda sudah tahu pengertian, fungsi, komponen, dan contoh dari database?. Jika belum anda tepat datang diblog ini, karena saya akan menjelaskan hal ini.

Apa itu Database?

Pengertian Database

Database adalah kumpulan data yang ada didalam komputer secara sistematis, hal ini dapat dilihat menggunakan sebuah aplikasi komputer untuk mendapatkan data dari basis data tersebut.

Jika diartikan secara umum Database adalah sistem penyimpanan data yang mana data yang sudah banyak dimasukkan (input) dalam sebuah sistem penyimpanan. Sistem database banyak digunakan dalam berbagai bidang, contohnya bidang teknologi, perusahaan dari yang kecil hingga besar, perkantoran, universitas, supermarket, dan perumahan. '


Fungsi Database

Adapun fungsi dari basis data sebagai berikut.
  • Mengelompokkan data untuk mempermudah identifikasi data. Database mempersiapkan data yang sesuai dengan request pengguna terhadap suatu informasi berupa data dengan dengan cepat dan akurat. Menggunakan aplikasi Database Management Systems (DBMS) siswa atau petugas sekolah dapat mencari profil informasi pembayaran spp dalam hitungan detik, DBMS akan menampilkan data lengkap mengenai informasi yang diminta.
  • Menghindari adanya Duplikasi data dan inkonsistensi data. Aplikasi DBMS sebagai software untuk menjalankan database komputer mempunyai kemampuan menginformasikan kepada user/pengguna pada saat kita input data apabila data yang akan dimasukkan sudah ada dalam database. Duplikat data dalam database sangat memungkinkan, karena database dapat diakses dari banyak komputer dari berbagai tempat yang terkoneksi ke program database.
  • Memudahkan dalam mengedit, menghapus, menyimpan, memasukkan dan mengakses data
  • Menjadi sebuah solusi dalam proses penyimpanan sebuah data, terutama data yang memiliki ukuran besar.
  • Mendukung aplikasi yang membutuhkan ruang penyimpanan. Hampir semua aplikasi modern membutuhkan kapasitas yang besar untuk menjalankan program secara optimal, disini peran database sebagai penyedia  ruang untuk menyimpan data-data aplikasi dan sistem sebuah komputer.

Komponen Database

Adapun komponen-komponen dari database sebagai berikut.

1. Perangkat Keras

Perangkat keras atau hardware yang umum digunakan adalah komputer, harddisk, memori sekunder offline (removable disk, fd),  dan perangkat komunikasi jaringan.

2. Sistem Operasi

Sistem operasi (OS) merupakan program yang dirancang untuk mengaktifkan sistem komputer dan mengendalikan seluruh sumber daya yang ada di dalamnya termasuk operasi-operasi dasar komputer. seperti Windows, Unix dan Linux.

3. Basis Data

Komponen adalah kumpulan data yang terhubung dengan baik, sehingga data tersebut mudah diakses, disimpan,  dan juga dapat dimanipulasi. Database data dapat terdiri dari beberapa basis data yang memiliki data masing-masing.

4. Database Management System atau DBMS

DBMS atau database management system merupakan sebuah aplikasi khusus yang digunakan untuk membuat dan juga mengelola database yang tersedia. Sistem ini berupa koleksi data dan set program yang dipakai untuk mengakses database tersebut.

DBMS merupakan software yang berperan dalam menyimpan, mengelola, dan mengambil data kembali. Adapun teknik yang digunakan sebagai penyeimbang adalah pengaman data, konsistensi data dan pengguna data bersama.

Contoh dari DBMS adalah MySql, Microsoft Access, Sybase, Oracle database, Borland-Interbasi, PostgreSQL, dll.

5. Pemakai atau User

User merupakan salah satu komponen database yang berkaitan secara langsung dengan database. Ada beberapa jenis user, antara lain: programmer, User mahir (casual user), user umum (end user), dan juga user khusus (specialized user)

6. Aplikasi atau Perangkat Lain

Software ini tergantung kebutuhan pemakai database dibuatkan program khusus untuk melakukan pengeditan, pengisian atau pengambilan data yang mudah dalam pemakaiannya. Program tersebut ada yang tersedia langsung dalam DBMS atau dibuat memakai aplikasi lain seperti misalnya Visual Basic.

Contoh Database

Adapun contoh dari database sebagai berikut.
Contoh Database
Apabila dinyatakan dalam bentuk skema, sebagai berikut.
Contoh Database

Kesimpulan

Jadi Database adalah kumpulan data yang ada didalam komputer secara sistematis, hal ini dapat dilihat menggunakan sebuah aplikasi komputer untuk mendapatkan data dari basis data tersebut. secara umum Database adalah sistem penyimpanan data yang mana data yang sudah banyak dimasukkan (input) dalam sebuah sistem penyimpanan. 

Itulah tadi Pengertian Database : Fungsi, Komponen, dan Contoh Basis Data. Sekian dari saya semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda semua.

Selamat membaca dan belajar...

2 Responses to "Pengertian Database : Fungsi, Komponen, dan Contoh Basis Data"

  1. Terimakasih kakak atas artikel nya, terus tulis artikel lainnya ya kak. O iya, perkenalkan nama saya saputra dari kampus ISB Atma Luhur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama, salken saya dari smkn 1 kertosono

      Delete
Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel