-->

Arti Bhineka Tunggal Ika : Sejarah, Fungsi, dan Maknanya

Konten [Tampil]
Arti Bhineka Tunggal Ika : Sejarah, Fungsi, dan Maknanya

Arti Bhineka Tunggal Ika : Sejarah, Fungsi, dan Maknanya - Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Bhineka Tunggal Ika. Untuk anda yang datang diblog ini tepat sekali karena saya akan menjelaskan materi ini secara lengkap dan ringkas.

Yuk langsung saja simak, apa itu Bhineka Tunggal Ika?, berikut ini penjelasannya.


Pengertian Bhineka Tunggal Ika

Bhineka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia. Kalimat bhineka tunggal ika ini berasal dari buku atau kitab sutasoma karangan (karya) "Mpu Tantular".

Pengertian Bhineka Tunggal Ika dalam Bahasa Jawa

Diterjemahkan per kata, kata bhinneka berarti "beraneka ragam". Kata neka dalam Sanskerta adalah "macam" dan menjadi pembentuk kata "aneka" dalam Bahasa Indonesia. Kata tunggal berarti "satu". Kata ika berarti "itu". 

Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan menjadi "Beraneka Satu Itu", yang berarti meskipun beranekaragam tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan.

Semboyan ini berfungsi untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang terdiri atas beraneka ragam ras, suku bangsa, budaya, bahasa daerah, agama, serta kepercayaan.


Pengertian Bhinneka Tunggal Ika dalam Buku Sutasoma

Pengertian Bhinneka Tunggal Ika ini dalam Buku Sutasoma karya Mpu Tantular adalah "Rwaneka dhatu winuwus Buddha Wiswa, Bhinnêki rakwa ring apan kena parwanosen, Mangka ng Jinatwa kalawan Siwatatwa tunggal, Bhinnêka tunggal ika tan hana dharma mangrwa".

Dalam bahasa Indonesia artinya "Bahwa agama Buddha dan Siwa (Hindu) merupakan zat yang berbeda, tetapi nilai-nilai kebenaran Jina (Buddha) dan Siwa ialah tunggal. Terpecah belah, tetapi tetap satu jua, artinya tak ada dharma yang mendua."

Pengertian Bhineka Tunggal Ika dalam Lambang Negara Garuda Pancasila

Dalam lambang garuda pancasila, Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi tetap satu jua

Sejarah Bhinneka Tunggal Ika

Sejarah terbuatnya Bhinneka Tunggal Ika sangat penting. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika dikenal pertama kali pada masa Majapahit era kepemimpinan Wisnuwardhana sekitar abad ke-14 M.

Bhinneka Tunggal Ika adalah kutipan dari sebuah kakawin Jawa Kuno, yang lebih dikenal sebagai kitab Sutasoma. Kutipan ini berasal dari pupuh 139, bait 5.

Perumusan semboyan ini berdaskan keberagaman  pulau dan wilayah yang tersebar di Negara Indonesia. Seluruh perbedaanragam ras, suku bangsa, budaya, bahasa daerah, agama,, kepercayaan, dan masih banyak lagi, semuanya mengarah pada persatuan.

Semangat toleransi yang menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika merupakan bentuk / sikap menghargai setiap perbedaan tersebut. 

Semboyan sebelumnya yang dijadikan semboyan resmi Negara Indonesia sangat panjang adalah "Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa".


Fungsi Bhineka Tunggal Ika

Bangsa Indonesia sudah lama hidup dalam keanekaragaman. Bangsa Indonesia adalah sebuah negara yang besar dan berdaulat.

Adapun beberapa fungsi dari Bhinneka Tunggal Ika dalam berbangsa maupun bermasyarakat, antara lain :
  • Menciptakan dan menjaga kesatuan Republik Indonesia.
  • Membangun kehidupan nasional yang toleran.
  • Sebagai rambu-rambu peraturan dan kebijakan negara.
  • membantu mewujudkan cita-cita leluhur bangsa.
  • Membentengi perdamaian Indonesia.
Itulah mengapa, Bhinneka Tunggal Ika patut dijadikan sebagai landasan dasar untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam bangsa Indonesia. Kita sebagai generasi selanjutnya yang bisa menikmati kemerdekaan dengan mudah, harus benar-benar serius dalam menerapkannya dikehidupan sehari-hari.

Makna Bhinneka Tunggal Ika

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika mempunyai makna sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia, yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Hal ini sangat menggambarkan keadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Yang mana Negara Indonesia mempunyai banyak pulau, memiliki warga yang berbeda-beda dalam kepercayaan, ras, suku, dan bahasa, tetapi tetap satu Indonesia.


Kesimpulan

Jadi Bhineka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia. Kalimat bhineka tunggal ika ini berasal dari buku atau kitab sutasoma karangan (karya) "Mpu Tantular".

Itulah tadi Arti Bhineka Tunggal Ika : Sejarah, Fungsi, dan Maknanya. Apabila ada penulisan kata yang kurang tepat mohon dimaafkan. Jika ada pertanyaan baik saran maupun kritik anda bisa berkomentar dibawah ini.

Selamat membaca dan belajar...

0 Response to "Arti Bhineka Tunggal Ika : Sejarah, Fungsi, dan Maknanya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close