-->

Pengertian Teks Eksplanasi : Struktur, Ciri, Tujuan, dan Contohnya

Konten [Tampil]
Pengertian Teks Eksplanasi : Struktur, Ciri, Tujuan, dan Contohnya

Pengertian Teks Eksplanasi : Struktur, Ciri, Tujuan, dan Contohnya - Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Teks Eksplanasi. Untuk anda yang datang diblog ini tepat sekali, karena saya akan menjelaskan materi ini secara lengkap dan ringkas.

Yuk langsung saja simak, apa itu Teks Eksplanasi ?, berikut ini penjelasannya.


Pengertian Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi adalah karya yang isinya menjelaskan atau membahas proses suatu gejala alam ataupun sosiokultural. Teks eksplanasi membahas topik secara lengkap yang berkaitan dengan fenomena atau peristiwa alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian teks Teks Eksplanasi menurut ahli, antara lain :
  • Menurut Restuti (2013:85), Teks Eksplanasi adalah sebuah teks yang menbahas atau menjelaskan tentang proses atau fenomena alam ataupun sosial.
  • Menurut Mahsun (2013:189), Teks Eksplanasi ialah disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian yang memperlihatkan pernyataan umum, deretan penjelasan, dan penutup.

Struktur Teks Eksplanasi

Adapun beberapa struktur dari teks eksplanasi yang perlu anda tahu, antara lain :


1. Pernyataan Umum (General Statement)

Pernyataan Umum merupakan bagian menyampaikan topik atau permasalahan yang akan dibahas. Bagian ini terdapat gambaran mengenai apa dan mengapa kejadian tersebut bisa terjadi. Bagian ini perlu dibuat semenarik mungkin untuk menarik minat pembaca anda.

2. Deretan Penjelas (isi)

Deretan Penjelas adalah bagian yang disebut sebagai urutan sebab akibat dari suatu gejala. Pada bagian ini, terdapat penjelasan yang sangat detail dari suatu kejadian yang dibahas secara mendalam dan berdasarkan urutan waktu.

3. Interpretasi / Penutup

Interpretasi merupakan bagian terakhir atau penutup dari teks eksplanasi yang berisi inti pokok atau kesimpulan dari topik atau proses yang dijelaskan / dibahas.


Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Adapun beberapa ciri-ciri dari teks eksplanasi yang perlu anda tahu, antara lain :
  • Memuat informasi berdasarkan fakta.
  • Memuat istilah dan informasi ilmiah.
  • Mudah dipahami.
  • Bahasa yang digunakan efektif.

Tujuan Teks Eksplanasi

Apa itu tujuan teks eksplanasi sebenarnya? Teks eksplanasi dibuat dengan maksud tertentu. Tujuan dari teks ini sendiri adalah untuk menerangkan peristiwa atau kejadian yang sudah terjadi.

Tidak hanya membahas proses terjadinya saja, tetapi teks ini juga menerangkan sebab dan akibat suatu peristiwa. Pembahasan tersebut meliputi Alasan mengapa kejadian itu terjadi dan apa akibat yang ditimbulkannya dari adanya peristiwa tersebut.

Contoh Teks Eksplanasi

Adapun contoh dari Teks Eksplanasi tentang banjir sebagai berikut.

Proses terjadinya banjir

Kita tahu jika di Indonesia sering kali terjadi peristiwa alam yakni banjir, khususnya di saat musim hujan. Banjir dikatakan sebagai bencana alam karena peristiwa alam ini benar-benar merugikan sekali bagi warga. banjir sendiri bisa disimpulkan sebagai kurangnya atau tidak cukupnya kapasitas sungai, danau, drainase atau saluran air yang lain untuk menampung debet air yang jumlahnya banyak. Karenanya, air akan meluap dan akan masuk lingkungan sekitarnya.

Biasanya warga yang tinggal di kota yang padat akan menempati lokasi yang semestinya tidak dihuni, salah satunya yakni bantaran sungai. Karena banyak yang tinggal disitu menyebabkan kemampuan dari sungai tersebut akan berkurang, ditambah lagi sikap buang sampah sembarangan semakin memperburuk kondisi. Akibatnya akan berpengaruh pada warga tersebut yakni lingkungannya akan terendam banjir.

Ada dua faktor yang memacu berlangsungnya musibah banjir, yakni faktor alam dan faktor sosial. Faktor alam yakni banjir yang dikarenakan oleh faktor alam. Alam akan menghasilkan hujan lebat yang terjadi dalam waktu yang cukup lama, menyebabkan, beberapa daerah seperti sungai, danau dan wilayah penampung yang lain akan meluap karena tidak dapat menampung kapasitas air yang masuk kedalamnya. Kemudian, air akan meluber ke wilayah sekelilingnya termasuk ke permukiman masyarakat seputar. Disamping itu, ada pula banjir lahar dingin yang dikarenakan oleh erupsi gunung berapi.

Faktor kedua yakni faktor sosial. Faktor sosial ini sering kali jadi pemicu terjadinya banjir belakangan ini. Masalah ini muncul karena rutinitas manusia yang menghancurkan alam. Yang paling terlihat ialah sikap warga yang kerap buang sampah sembarangan termasuk di sungai. Disamping itu, membangun di wilayah resapan menyebabkan terjadinya musibah banjir.

Mendangkalnya permukaan sungai dan hilangnya wilayah serapan menyebabkan semua proses yang semestinya terjadi secara baik akan kacau-balau, misalnya sungai yang menyempit karena banyaknya timbunan sampah mengakibatkab daya tampung dari sungai jadi sedikit dan raibnya wilayah serapan akan membuat air hujan akan susah untuk masuk ke tanah, akibatnya semua air itu akan masuk di permukiman masyarakat dan terjadi musibah banjir.

Berdasarkan pemaparan di atas, kita bisa menarik kesimpulan, bahwasanya musibah banjir tidak hanya karena faktor alam saja, namun tetap ada faktor sosial yang mana manusialah sebagai pelakunya. Karena itu, jangan hanya menyalahkan alam saja, tapi juga kita harus memperbaiki diri kita masing-masing yang sebenarnya kitalah yang menyebabkan musibah banjir itu terjadi.

Baca Juga5 Rekomendasi Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik

 

Kesimpulan

Jadi Teks Eksplanasi adalah karya yang isinya menjelaskan atau membahas proses suatu gejala alam ataupun sosiokultural. Teks eksplanasi membahas topik secara lengkap yang berkaitan dengan fenomena atau peristiwa alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Itulah tadi Pengertian Teks Eksplanasi : Struktur, Ciri, Tujuan, dan Contohnya. Apabila ada penulisan kata yang kurang tepat mohon dimaafkan. Jika ada pertanyaan baik saran maupun kritik anda bisa berkomentar dibawah ini.

Selamat membaca dan belajar...

0 Response to "Pengertian Teks Eksplanasi : Struktur, Ciri, Tujuan, dan Contohnya"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel